Home » ARTIKEL » Bambu Pethuk (Bambu Jumpa Buku) berumur 105 tahun

Bambu Pethuk (Bambu Jumpa Buku) berumur 105 tahun

AKSES

  • 386,110 KALI

ARSIP


  • Suyoto (60), pemilik bambu pethuk langka berusia 105 tahun ini, yakin benda unik milikinya serba berhasiat, termasuk untuk meraih dan mempertahankan kekuasaan politik
  • Djamin Sumitro (51), seorang paranormal, menganggap bambu pethuk juga dapat digunakan sebagai media untuk menuntun ke arah penemuan orang hilang, atau orang misterius yang sukar dijejaki
  • Pernah ditawar orang Rp 200.000.000
  • Selain Bambu Pethuk ini, Suyoto asal Jawa Timur ini  juga memiliki sebutir kelapa tua yang berisi “batu” yang sudah berusia 50 tahunan.


foto (18)

Bambu Pethuk, Kelapa Membatu dan Ranting Bambu Pethuk disusun menyerupai patung

Pernahkah Anda membayangkan benda-benda tertentu yang kelihatannya biasa-biasa saja tetapi sesungguhnya dianggap memiliki sejarah dan kemanfaatan yang luar biasa? Untuk orang “awam” bisa saja terkesan begitu sederhana dan tidak memiliki keistimewaan sama sekali. Namun justru sebaliknya, amat bernilai dan bahkan tak terhingga harganya, di tangan orang lain yang “mengerti”. Itu sangat tergantung kepada pemaknaan. Dalam  pemaknaan itu ada intervensi faktor ilmu pengetahuan, atau faham tertentu yang terkait dengan kepercayaan-kepercayaan supranatural. Alat ukur pemaknaan itu sendiri tidak akan pernah bertemu antara yang berbasis rasionalitas alam fikiran masyarakat akademis di satu pihak dan pemahaman yang berbasis keyakinan supranatural di pihak lain.

Di kalangan suku-suku tertentu bahkan tidak saja di Indonesia hal seperti ini banyak ditemukan. Benda-benda yang dipandang magis yang penuh makna dan bernilai (material) tak terhingga itu sering menjadi objek perburuan komersial bagi orang-orang tertentu. Tidak ada ukuran standar apakah benda-benda itu merupakan sesuatu yang patut dilindungi dan diabadikan sesuai ketentuan pihak berwenang dalam bidang kepurbakalaan.

Kelapa isi batu

Kelapa berisi “batu” dilihat dari sisi tampuk

Perhatikanlah ketiga benda itu (lihat foto atas). Apa yang istimewa? Sepintas tampak biasa-biasa saja. Sepotong Bambu Pethuk (Bahasa Jawa) yang mungkin dapat diindonesiakan bambu bertemu buku dengan ruas yang pendek, atau sesungguhnya terdapat 2 buku (bisa lebih) yang saling berlawanan arah pada jarak (ruas) yang pendek (tidak normal).  Ukuran panjang 25 cm dengan diameter 12 cm.  Faktor usianya yang 105 tahun itu tentu sebuah keistimewaan. Selain itu ada ranting kecil yang dianggap merupakan bagian tak terpisahkan dari bambu pethuk. Benda ketiga, sebuah kelapa yang diklaim sudah berusia 50 tahunan dengan isi yang diperkirakan sejenis benda keras seukuran kurang dari bola kasti. Mungkin ada kristalisasi yang terjadi di dalam, hingga terasa seperti ada batu di dalam kelapa itu. Bernarkah benda-benda ini jarang ditemukan atau bahkan cuma hal-hal biasa yang luput (saja) dari perhatian banyak orang?

DSC00353

Suyoto (60 Tahun)

Khasiat. “Bambu seperti ini di kalangan tertentu khususnya orang Jawa diyakini memiliki banyak hasiat. Katakanlah yang sederhana, yakni untuk memanggil (agar masuk) dan menjaga (agar betah) burung walet di penangkaran yang sudah semakin lazim di “hutan” gedung daerah perkotaan dewasa ini. Juga untuk para nelayan agar mendapat hasil tangkapan yang banyak ketika turun melaut. Demikian  penuturan pemiliknya, Suyoto, yang sehari-harinya adalah seorang petani biasa. Pria berkumis asal desa Kalisat, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, Jawa Timur ini menjamin tidak ada resiko atau yang dalam peristilahan magis Jawa lazim disebut tumbal. “Benda-benda unik berusia tua ini tidak mengenal tumbal sama sekali dan orang yang tepat yang mengurusnya tidak memerlukan perlakuan khusus kecuali sekadar meletakkannya di tempat yang layak”, rinci Suyoto.

Bagi politisi bambu pethuk juga dapat menjadi semacam jembatan untuk meraih kekuasaan. Bagi yang sedang berkuasa, sang bambu pethuk justru dapat diposisikan untuk menjaga kelanggengan kekuasaan itu.

Menurut pria  yang sudah menetap di Sumatera selama beberapa dekade ini, dalam dunia bisnis lainnya pun bambu ini juga diyakini bisa membawa keberhasilan. Tak terkecuali pula untuk tolak bala dan praktik pengobatan bagi yang mengetahui.

DSC00352

Mbah Djamin Sumitro (51 Tahun), Ketua Umum DPW FKWJ Sumatera Utara

Djamin Sumitro, seorang paranormal spesialis penemu orang hilang, menilai bambu pethuk bisa digunakan membantu penelusuran orang hilang atau orang misterius yang sukar ditemukan. “Saya merasa ada daya dalam bambu pethuk yang dapat diterjemahkan sebagai energi penuntun. Itu yang saya rasakan”, jelas Djamin Sumitro yang adalah Ketua Umum DPW Forum Komunikasi Warga Jawa (FKWJ) Sumatera Utara. Tetapi Suyoto tidak sepakat dengan itu. “Tidak begitu saya rasa. Atau lebih baik saya katakan bahwa soal itu saya tidak tahu. Mungkin saja Mbah (maksudnya Djamin Sumitro) merasakan sesuatu yang tidak saya kenali pada bambu pethuk”, ujar Suyoto.

Ketika ditanya mengapa dengan bambu pethuk Suyoto tidak menjadi kaya atau berkuasa? Dengan ringan ia menjawab “manusia ini ibarat lahan pertanian. Terkadang ada lahan subur tetapi tidak untuk semua jenis tanaman. Mengapa kita tidak bertanam kurma di Indonesia yang dikenal subur hingga diibaratkan bahkan tongkat dan batu diserakkan begitu saja juga bisa jadi tanaman? Jadi saya ditakdirkan oleh Gusti Alloh hanya sebagai pewaris, sedangkan yang bisa memanfaatkan dan mengambil keutungan dari bambu pethuk ini ada di tempat lain, entah di mana. Mungkin saja orangnya malah belum lahir atau malah sudah meninggal dan tak kesampaian bertemu dengan si bambu pethuk,” katanya Suyoto berteori.

Bambu Petok (dilihat dari samping)Warisan Keluarga. Bambu Pethuk adalah warisan turun temurun dalam keluarga Suyoto sejak beberapa generasi. Dengan usianya yang sudah mencapai 105 tahun bambu pethuk termasuk awet. Tidak ada tanda-tanda dimakan rayap atau pengeroposan. Konon bambu itu ditemukan di antara rumpun bambu yang tumbuh di pekarangan rumah leluhurnya dan dipelihara sampai waktunya dipotong. Tidak banyak bambu serupa. Berburu bambu seperti ini bertahun-tahun belum tentu bisa berhasil. Sepanjang hidupnya, menurut pengakuan Suyoto, hanya miliknya yang pernah dia lihat. “Kabarnya di lain-lain tempat pernah juga ditemukan dan dijual ke luar negeri. Tetapi saya tidak lihat”, jelasnya.

Menurut berita yang pernah didengarnya, bambu pethuk diminati oleh kalangan yang amat terbatas di dunia ini. “Dia mesti orang terkenal karena kekuasaan atau kekayaannya. Orang biasa tak mungkin bisa memiliki, kecuali dengan cara mencurinya dari pemilik dan itu pun akan penuh resiko yang tak tertanggungkan”, jelas Suyoto.

Suyoto mengaku bukan kolektor benda-benda antik. Antara Bambu pethuk dengan buah kelapa dengan isi kristal tidak ada kaitan historis maupun fungsional. Kebetulan saja keduanya sama-sama inventaris yang berasal dari warisan leluhur, dan usianya pun berbeda. Suyoto sendiri enggan bercerita rinci tentang buah kelapa membatu. Dia hanya mengatakan bahwa dalam suatu keluarga pasti ada periuk, dan ada pula kain sarung. Tak perlu dicari-cari hubungan periuk dengan kain sarung. Ada khasiatnya? Tentu, kata Suyoto.

Ihlas Melepas. Sejak ayah Suyoto meninggal tahun 2007, praktis hak pewarisan pusaka berusia seabadDSC00310 lebih itu jatuh kepadanya. Menurut pengakuannya, bambu pethuk warisan leluhurnya itu sudah pernah ditawar orang  senilai Rp 200.000.000,- suatu jumlah yang amat besar dari cara pandang tertentu. Tetapi bagi Suyoto itu bahkan harga yang tidak pantas sama sekali, terlalu rendah untuk kemanfaatan yang begitu besar, katanya. Tentu saja, tambah Suyoto, tawaran itu didasarkan pada semacam motif kegandrungan belaka yang lazim di kalangan kolektor benda-benda unik. Pemahaman dan kemampuan mengenali yang dimilikinya rendah hingga tak mampu merasakan sesuatu dari benda ini.

Bagaimana jika suatu saat bertemu orang yang bersedia memberi bayaran lebih tinggi? Suyoto yang tidak mempunyai anak dari kedua isterinya yang tinggal satu rumah selama 30 tahunan itu mengaku akan ihlas melepasnya.

foto (7)

Shohibul Anshor Siregar

Siapa mau Bambu Pethuk?

About these ads

95 Comments

  1. EKO says:

    Mohon kabari jika ada barang antik.


    ‘nBASIS
    : Jika tertarik dengan benda (bambu pethuk) ‘nBASIS bisa fasilitasi pertemuan dengan pemilik. Tks.

  2. sandi says:

    Hai…
    Bambu petuk yang seperti di atas, ayu tenan.
    Saya punya beberapa juga bambu petuk.


    ‘nBASIS:
    oh sampean punya toh. Beruntunglah. Moga-moga bisa laris ya

  3. hendri says:

    Saya ada bambu PETHUK..2 buku yang saling berhadapan arah pada jarak (ruas) yang pendek.
    Boleh dicek : secara fisik alami,kondisi tidak ada cacat.

    ‘nBASIS: oh sampean punya juiga toh? Apik !

  4. thosa says:

    Saya juga punya bambo pethuk dengan jarak ruas 2 cm. Diameternya seperti rokok djisamsoe kretek. Jika tertarik segera hubungi saya. Alamat dan no telp saya ada pada ‘nBASIS.

    ‘nBASIS: bisa kita bantu. Terimakasih

  5. fahmee says:

    ane pengen knalan ma temen2 ‘nBASIS cz ane juga punya bambu kaya gitu and baru seminggu ane motongnya 085 235 825 220

    ‘nBASIS: berharaplah ada manfaatnya, atau nanti mungkin ada pembeli yang mau membayarnya mahal.

  6. bambang says:

    saya serius untuk mencari bambu bertemu ruas yg asli,tidak perlu ratusan tahun,bulanan ataupun baru sehari tidak jadi soal yang utama adalah asli dan bersedia untuk di tes barangnya,kami berani hargai 5 ratus juta rupiah kalau asli,silahkan datang ke tempat kami,kalau ternyata palsu 1 sen pun tidak akan ada pergantian,hal ini di harapkan agar pemilk tidak akan datang kalau merasa itu palsu,boleh datang bersama petugas kalau takut tertipu atau kami bohong,sekeli lagi yg penting asli,contoh beberapa waktu lalu bambu asal sulawesi katanya udah 50an tahun tapi begitu di tes barang nya terpisah dan lem serta dempulnya bermunculan..kontak kami di 085246009733 atau via email di:dendiroro@ymail.com

    ‘nBASIS: lanjutkan keseriusannya, bung.

  7. Doni says:

    Bagi yg berada di sumbar n sekitarnya ato siapun yg berminat dgn bambu pethuk,silahkan hub : 081363584675, brg asli, sudah sering di tes,tpi hrga belum cocok.

    ‘nBASIS: teruskan pemasarannya, Doni. Moga-moga berhasil.

  8. Triyonomp says:

    Aku punya bambu pethuk mau dijual.Serius hub.081395446768

    ‘nBASIS: terus. terus

  9. -aLL_Diee- says:

    bagi para sesepuh bambu yg punya bambu pethuk bertuah, akan kami coba acrakan di Jkt, dengan mahar ant 100-500jt, tergantung manfaatnya…
    kirim foto ke raff4ell@gmail.com
    ato kontak
    08562998106 (-aLDy-)
    nuwun

    ‘nBASIS: semoga ketemu yang benar-benar berminat

  10. Murid Sesaat says:

    ====BAMBU PETHUK=====

    Asli alami jarak 1- 1,5 cm harga 30 Jt nego

    Hubungi Bpk Bayu di nomor telp 031-70864223 ..

    ====== 24 jam ===============

    ====== Tanpa perantara =========

    ====== Siapa cepat dia dapat======

    ====== Barang Berkualitas =======

    ====== Dapat dites =======

    ‘nBASIS: semoga laris

  11. [...] Bambu Pethuk (Bambu Jumpa Buku) berumur 105 tahun August 2009 10 comments 4 [...]

  12. rudi says:

    wauuu ..bagus banget bambunya.kalau ada yang mau jual bisa hubungi saya di no tlp 021-68128773

    ‘nBASIS: pengen beli dengan harga berapa?

  13. Nanda says:

    Bambu petuk milik saya diameternya 15mm, jarak antar ruas 2,7cm.. dijamin asli, di dlmnya ada energi loving kindness.. Harga yg saya buka 135.000 $ atau 1,35 M.. Bisa ditest keasliannya.. Bila berminat hubungi 085213762273

    ‘nBASIS: laris.

  14. IPOEL says:

    saya punya bambu petuk….
    aslii…
    boleh di tes langsung khasiatnya….
    yang berminat hub…:
    085275652072

    ‘nBASIS: laris ya mas.

  15. azhar says:

    temen saya ada bambu petuk alami dari pohon…
    ingin dimaharkan buat orang2 yang serius….
    dari kemarin banyak buyer yang mau beli tapi ga jadi…
    katanya bentuk bambunya tidak masuk …
    untuk yang berminat serius dan dengan ikhlas mau turun ke lokasi silahkan hubungi 08999562641..
    lokasi barang di kota subang….

    ‘nBASIS: laris ya mas.

  16. arifin124 says:

    ada dilubuk linggau Sumatera Selatan

    ‘nBSIS: bagus

  17. mohamad solehh says:

    sya ada bambu bertemu ruas sdah dites di sangapur mepuyai 60 kasiat kalua berminah salahkan taru komen anda…

    nBASIS:bagus

  18. bambang says:

    no

    ‘nBASIS: NO? ya gak apa-apa. mudah-mudahan komentar berikutnya YES

  19. wandi says:

    nama saya wandi tinggal di makassar , saya juga mempunyai BAMBU PETHUK kalau bahasa makassarnya BAMBU LIUNG dengan pasangannya UANG AYAM. jadi kalau ibu/bapak berminat silahkan hubungi saya di nomor 085242468687.

    ‘nBASIS: Bambu Liung dari Makassar. Sesiapa yang tertarik silakan hubungi, nomor hpnya sdh diberikan ke kita.

  20. jangan memimpikan kaya mendadak dengan memiliki bambu petuk bung,,usaha sih sah2 aja tak beda dengan tokek kemarin,,apa kabarnya …? yang penting ,kerja keras dan tawakal insya Alloh bisa sukses …..

    ‘nBASIS: itu benar sekali. terimaksih peringatannya.

  21. hari maryato says:

    Om ternyata banyak ya ? Yang punya bambu pethuk… Trus tau asli dan tidaknya gimana:-..? Karna saya di kasi orang bambu seperti itu panjang sekitar 6cm dengan ruas terbalik behadapan. Diameter sekkitar 1,2CM dan bagai mana tau manfaatnya….? Bisa dijelaskan om… Terima kasih ya…kirim lewat e mail saya ya om…

    ‘nBASIS: ‘nBASIS sendiri sama sekali tak percaya ada hasiat dalam bambu pethuk.

  22. syamsu says:

    Saya punya beberapa bambu petuk beli dari Kalimantan Timur, karena sejak 20 thn yg lalu saya hobi pada koleksi benda2 aneh. Saya punya usaha Walet sejak 15 th silam , Alhamdulillah maju pesat, tapi memang saya selalu tak henti berdo’a selama hidup meminta kepada Allah SWT. Kalau memang minat atau se hobi tentang Bambu petuk silahkan chat sms ke saya : 081294154286.

  23. paryono says:

    bambu petuk itu yang dari jenis bambu apa..? dan ssia berapa,saya kurang yakin kalau bambu bisa membawa keberuntungan…ada yang pernah membuktikan…..?

    ‘nBASIS: ha ha

  24. Doni says:

    Aku puya bambu petuk manten bagi yg minat hub.081379328667 di jamin asli.

    ‘nBASIS: semoga jualannya lancar

  25. sam says:

    saya pun juga memiliki Bambu petuk seukuran tangan orang dewasa bagi yang berminat silahkan hub.085879221989

    ‘nBASIS: semoga jualannya lancar

  26. Budian says:

    semoga dagangannya lancar
    semoga laris
    semoga ada peminat
    terima kasih infonya
    lanjutka

  27. afif says:

    Kepada Agan2 yang punya bambu pethuk alsi bukan rekayasa , kami beli dengan harga 70 juta/gram nya, jika memang mau dimaharkan silahkan telp. : 085286265542

  28. hadi says:

    waduh..mas bro!,bambu model itu mah sampah wal banyak.,,

  29. rinto says:

    sya ada bambu petthuk bentuk tongkat. /satu tongkat ada 3 ruas yan g brhdapan/pethuk..dan satu lagi satu ruas brhadapan/prthuk..barang di jamin asli..krn barang warisan..kemi perlu pemahar yg serius..harga tdak di patok.. yg penting iklas dan bermanfaat untuk kedua pihak//…hubungi 081233691739

  30. yudi says:

    aku punya bambu pethuk ketemu 2 ruas….yg berminant bleh hub aku…

  31. antoni lubis says:

    bagi pemahar yg serius kami punya bambu pethuk.. jika berminat silahkan hub. 081374875430

  32. agus says:

    saya memiliki bambu petuk atau bertemu buku,dijamin asli tapi bentuk nya gak sempurna/bolong.serius hub via email casper00713@yahoo.co.id

  33. Abdulloh says:

    saya sendiri ( maaf saya tidak mau publik nama, lantaran 8th berjalan rata – rata barang REKAYASA ) selama barang masih alami, tidak cacat tangan ( gores, plitur dsb ) temu ruas, alis dan petuk, siap kami mahar langsung sesuai permintaan, ANDA PUNYA??? silahkan kirim gambar foto, nama pemilik, mau di maharkan berapa? , no hp yang jelas berikut alamatnya ke email nurina_net@yahoo.com DAN tunggu konfirmasi dari saya langsung, TRIM’S

  34. SaLeH says:

    yg berminat bambu ketemu ruas ..
    hubungi 087844300077 & 085397490090

  35. mas wahyu says:

    saya jg ada tuh, lokasi di blitar, hubungi :082143010208, ga bisa kalo disuruh antar barang, kalo ada yg butuh datang lgsg ke blitar aja, masalahny saya kerja instansi pmrnthn bos, susah cari ijin

  36. ojal romel says:

    saya punya bambu pethuk yang asli sudah 98 tahunan punya jaman kakek saya saya ingin menjualnya dengan harga yg lumayan murah lah sekitar 100 jt bambu asli dari aceh utara bukan nipu dan bukan bambu palsu ini punya almarhum kakek saya bambu ini sudah lama sekali masih utuh juga nama saya : ojal romel

  37. andre says:

    Saya punya bambu pethuk mau di maharkan, yg penting cocok harganya. hub. 087782380464

    ‘nBASIS: semoga laris

  38. Mas Widi says:

    saya punya bambu pethuk 3 buah asli yg berminat hub 08126042382 serta ada teman punya rante babi yg berminat serius silakan hub dan saya punya fotonya bagi yg serius aja

  39. denny says:

    saya bisa test bambu pethuknya pak?kalau mau melihat kontak ke siapa pak?

  40. aku punya bambu ketemu ruas asli baru saja ngambil berminat lsung hub di no 081336377701, bisa di tes keasliannya……

  41. Eman Fahri says:

    saya…punya..asli…liat..aja..di..facebook..saya…..emanfahri……………dgn…..no…kontak…085340886407

  42. pty says:

    bambu petuk adalah

  43. ahmadi says:

    Saya punya bambu petuk ketemu ruas 1 mata,bgi yg berminat tlpn saya.081350004316

  44. ahmadi says:

    Saya punya bambu petuk,ketemu ruas cuma 1 tunas aja bagi yg berminat bisa hbungi saya di no081350004316.bgi yg berminat bisa liht fotox.

  45. Mazz Andre says:

    maz ojal romel,,, di mana saya bs menghubungi anda,,, kl gak hubungi no saya 081275181878

  46. diaz says:

    disini ada bambu petuk masih hidup bersama bambu2 lain minat bisa aku tunjukan tempatnya

  47. mustakim says:

    saya juga punya3 bambu pethuk bila anda ber minat bisa hubungi kami di no
    08237160494985777375055
    kami tunggu yang berminat ya

  48. deo says:

    yang jenglot yang jenglot, ada yg punya? seklian uang kertas soekarno

    http://nbasis.wordpress.com/2013/01/14/bambu-pethuk/

  49. purwanto says:

    temen sy ada punya yg namanya bambu petuk, atau apalah namanya, 1 ruas yg matanya berhadapan, katanya mau di maharkan…kalau berminat bisa hub. sy di hp 081375700619 fotonya bisa sy emailkan kalau ada yg berminat

    http://nbasis.wordpress.com/2013/01/14/bambu-pethuk/

  50. [...] Siapa mau Bambu Pethuk? [...]

  51. Darsono says:

    teman saya punya bambu namanya “PRING KRETEK” bagi yg berminat hubungi saya 087773966087

    ‘nBASIS: laris ya mas

  52. Darsono says:

    di lelang “PRING KRETEK” fisiknya tidak seperti bambu pada umumnya,ciri2 fisiknya:
    1. tinggi lebih dri 1m
    2. bentuk fisik menyerupai kris yg bergelombang
    3.ruas bukunya tidak putus( dari bawah sampe atas nyambung)
    bagi yg berminat 087773966087

    ‘nBASIS: laris ya mas

  53. rama says:

    saya jadi heran begitu byk org yg mengklaim diri nya mempunyai bambu ketemu ruas/ pring pethuk dan gila nya lagi mereka mengklaim brg nya asli alias bukan palsu dgn versi cerita masing masing. sungguh mengheran kan dan membuat sy jadi tersentuh utk berbagi cerita/dan meluruskan tentang bambu ketemu ruas tsb. saya boleh di bilang penghoby brg antik sekaligus mengerti dunia mistik.,sdh byk tempat yg sy datangi baik tmpt org awam maupun paranormal yg mengklaim memiliki brg antik,tapi semua nya palsu. sdh begitu byk waktu yg terbuang serta materi ,tenaga dan pikiran hanya demi menyalurkan hobby saya. akhir nya sy minta petunjuk sama ALLAH SWT, dgn melakukan tirakat. dan akhir sy ketemu dgn brg brg antik tersebut . sebagian brg antik tersebut sy simpan utk koleksi pribadi. karena itu adalah warisan dari leluhur kita . dan yg nama nya bambu ketemu ruas sampai sekarang masih sy simpan utuh seperti waktu sy memotong nya dari pohon induk bambu nya. saya harap dgn sedikit tulisan ini bisa utk kita renungkan dan di ambil hikmah nya.

    ‘nBASIS: terimakasih. semoga yang lain faham juga

  54. hartono says:

    jika rekan ada brang amanah seperti emas batangan,samurai,UB dan berlian pokoknya berasal dari gudang amanah atau bungker kami ada jalur akses amanah jika anda berminat.
    dan setau saya jika brg amanah di perjual belikan tdk ada ujung penyelesaian yg ada masih ada buyer dan buyer lagi.dan memakai mahar pun itu msh jual beli.
    contak person 08135601063

    ‘nBASIS: semoga sukses

  55. Darsono says:

    teman saya punya bambu namanya pring kretek ( bambu mata 1000 ) bila ada yang berminat hub.087773966087 lokasi banten. ciri2 fisik tinggi lebih dari 1 meter ruas buku tidaka putus dari bawah sampai ke atas…..perlu info hub no telpon diatas

    ‘nBASIS: semoga sukses

  56. sunardi says:

    aku punya kalo mau

    ‘nBASIS: semoga sukses

  57. sunardi says:

    hubungi saya kalo pengen beli bambu petuk alami. barang tinggal satu.. 082136149881

    ‘nBASIS: semoga sukses

  58. kenarok says:

    hari
    salam kenal,dan bergabung saya juga puny bambu beruas dalamnya berlubang dari bawah tembus sampai atas klu pengin tau hub 081334301209

  59. andri says:

    mau tanya bos, gimana caranya nangkap bambu pethu dari alam?

    ‘nBASIS: Ya, diburu saja. Dengan sabar. Tapi tak semua orang bisa berhasil

  60. jual antique says:

    Saya ada bambu temu ruas asta jingga.
    Sudah saya tes dengan direbus dengan air panas dan kondisi utuh tidak ambrol karena memang asli tanpa lem dan paku.
    Jika ada yg berminat, silahkan menghubungi saya melalui alamat email jual.antique@gmail.com.

    Fyi, posisi saya ada di jakarta.

    Terima kasih

    ‘nBASIS: semoga bersambut

  61. harry says:

    Misi gan..numpang posting..
    bagi para mediator/buyer yg serius,ingin mencar barang2 antik di jatim khusnya lumajang,jember,bnwso,banyuwangi sprti :
    -merah delima
    -pring petuk
    -ayam cemani
    -besi kuning
    -BK
    -dll
    bisa meng hubungi sya : 082334411814.
    NB:bersedia datang ke lokasi

  62. Sudjarwo S says:

    sy juga bisa menghubungkan penjuala BP, harga sekitar Rp 1m/gram dg
    syarat asli, alami dan tidak ada goresan apapun. Hubungi: 0811890117 di jkt
    kalau brg ada di daerah hrs dibawa ke jkt. dijamin cepat dan aman.

  63. JEFRY says:

    saya punya bambu betuk mau di hibahkan 5 milyar,, dengan khasiat nya adalah anti cukur,anti panas,tahan tembak,setrum pkai khoddam seorang khai,, bagi yg berminat silakan hubungi saya
    jefry=> 087898111801_ 082371887075,, bisa melalui @mail saya jefrijuprius@yahoo.co.id posisi saya ada di kota lubuklinggau,SUMSEL

  64. Bayu Aji says:

    Jual bambu petuk,
    Panjang Bambu 33 cm, diameter bambu 8 cm, jarak antar ruas 17 cm.
    Silakan datang ke lokasi di Jakarta
    berminat hub 082112647802

  65. Roy says:

    Saya memiliiki bambu pethuk, yg berminat bisa hubungi melalui email saya atau call di 081318793100 untuk info lbh lanjut

  66. saman aj gan says:

    gan.. gak ada yg bs membri kbruntungan selain Allah SWT. krn kl bs memberi kbruntugn ya gak mungknlah buluh tsb ditemukan,dipotong2 lg.trs trg aj kl pny n mw dijual ya jual aj jgn bnyk iklan ya gak! kl sy malah sering kepethuk buluh gan.. igt ! Innassyirka ladzulmun adzim.. tu kan.. hehehaha…

  67. ma`ruf says:

    saya juga punya bambu petuk,pernah di tawar orang 2.000.000.000,tapi gk saya kasi kan,karna saya pergunakan untuk menolong sesama?

  68. JOKO TOWO says:

    asalamualaokum… saya punya keong buntet,kijing buntet,bahem buntet dan rotan petuk asli alami yang akan saya maharkan guna pembangunan pondok pesantren sebagai lembaga keagamaan. bisa di buktikan keaslian dan kealamiannya. dengan mas gondrong di DELTA SELL D/a depan pasar bintoro No c19 demak jawa tengah. atau hubungi 085640958959 dan 081326858866.BISA DI LIHAT LANGSUNG…..

  69. Enggi Elber, SH says:

    Assalammualikum,.
    Permisi Bpk Suyoto,.
    Jika diizinkan sy ingin membeli bambu petuk yang bpk punya,.
    Jika Bpk siap melepas bambu petuk itu kepada saya,,saya kawinkan dengan mahar Rp.2M.
    Respon y Bpk Suyoto ke No.Hp.089639895151

  70. Ass.
    Jika bambu petuknya mau dihibahkan.
    Kami kawinkan dengan mahar Rp.2,5M.
    Respon for cp 0896 3989 5151.
    Jika kami kelapangan ternyata barangya palsu atw tdk berkhodam anda kami denda 20jta utk transpot.
    Pembayaran sesuai dgn keinginan pemilik.tks
    Wlkmsalam.

  71. Endang L says:

    Saya memiliki BAMBU PETHUK FISIK yang ingin dimaharkan, barang ad didaerah bali. Sudah dites rebus dalam air mendidih. Jika kiranya ad yg berminat, bisa hubungi +6282146282028 atas nama ibu endang untuk info lbh lanjut, foto bisa dikirim melalui email jika berminat.

  72. Asalamualaikum waroh matullahi wabarokatuh.

    Saya mempunyai barang dari alam asli dan
    alami yaitu berupa ROTAN PETUK, KEONG(KOL) BUNTET, KIJING BUNTET, BAHEM
    BUNTET, MUSTIKA KECUBUNG WULUNG, MUSTIKA MERAH DELIMA. Jika anda
    berminat silahkan anda datang langsung ketemu dengan saya di DELTA SELL
    D/a depan pasar bintoro C19 DEMAK JAWA TENGAH INDONESIA. Atau hubungi
    085640958959 dan 081225724536.Sengaja mau saya pindah tangankan guna
    kepentingan pembangunan madrasah dan pondok pesantren yang sangat
    memprihatinkan.Atas perhatiannya terima kasih. Wasalamualaikum waroh
    matullahi wabarokatuh.

  73. pipicu says:

    Kami Punyak Mustika bambu…..Apa kasiat nya…Mkasih

    ‘nBASIS: Oh begitu ya. Kalau tak yakin tak ada manfaatnya ya dibuang saja.

  74. gunawan says:

    Saya serius mencari bambu pethuk kami hargai paling tinggi diantara peminat, bisa menghubungi 02197668245 / 0878786621661

  75. Taufik says:

    Numpang iklan gan..
    Saya punya banyak bambu bertemu ruas asli dan alami, jika ada buyer akan saya maharkan. Beriminat silahkan hubungi 081363773085.
    Saya tunggu keseriusannya.trima kasih.

  76. sahron says:

    Saya punya bambu pethuk yg lebih besar dari dalam foto diatas,saya mahu jual Rp.2M, di jamin asli dan sudah di test .kalau berminat sila +6737125159.

  77. hari setiawan says:

    Maf sya mau tnya. Ada yg punya bambu petuk yg asli msih nempel di phon.jika ada tlong hubngi sya. Pin.7d075c79 tmksh

  78. deki woy says:

    NBASIS , saya tertarik dengan bambu nya , masih ada kah bambu nya ?

  79. amshar3232 says:

    Ya maseh ada,dimaharkan 500j

  80. amshar3232 says:

    Kalau berminat boleh hubungi saya email : amshar_32@yahoo.com

  81. kucrittt says:

    assalamuallaikum wr.wb

    Antik sekali bambu2 itu . Kalo rotan cabang 4 laku tdk pak. Mator suwon wassalam

  82. lisman says:

    gan saya punya bambu yang berisi ranting muda/rebung saya mau jual berapa harganya

  83. Romy Riri says:

    saya punya bambu pethuk dan tidak diragukan lg yg minat hub.081243622991.

  84. Romy Riri says:

    saya punya bambu hampir sama dgn bapak suyoto keasliannya tdk diragukan lagi..hub.081243622991

  85. rama says:

    Aku jg pxa pak,minat 085249066551

  86. rama says:

    Sya ada punya bambu pethuk 3 buah,suma brang sudah di tes, dia air yg mendidih,msukan tangan atu jari tidak akan melepuh minat 085249066551 brang asli kalteng.ke tiga x sya jual 1,5 M

  87. udi slamet says:

    pringpethuk yg saya punya ada 2 ada juga pring gandeng kudapat waktu naik puncak sitinggil gunung kawi.aq dapatkan sebelum puncak pitrang di hutan bambu dekat makam joko lelono di atas kraton prabu kameshwara. dan aq sendiri asli daridesa sumbertempur .kec wonosari.gunung kawi .kepanjen .kab malang.jawa timur. no hp 0878 1817 2587 saat ini saya kerja di pt.sinar mas ketapang .kalbar

  88. wahyu says:

    sy punya bambu pethuk yg hampir berumur 1500 tahhun.
    kalau gk percaya gue krim fotonya.
    trus bambu in bru ad 1 di dunia

  89. wahyu says:

    sy punya bambu pethuk yg khodamnya hampir 1500 tahun.
    kodamnya ada 5 dalam 1 bambu pethuk.
    klau mau bukti.
    nanti sy krim fotonya.
    bambu pethuk milik sy plg langka.
    cuman 1 di dunia
    yang berminat sms/telp di nomor ini 085254227039

  90. Willy says:

    Saya ada pring pethuk anti panas, Merah Delima (bisa memerahkan lebih dari 100 gelas dan anti cukur), Rantai Babi mata 19 (anti cukur, tembus kaca, di cermin tidak ada pantulan bayangannya) dan kantung macan (daya angkut 8 orang, bisa pindah tempat antar pulau/benua). Semua barang bisa di test keaslian dan keampuhannya.
    CP 085250282798

  91. nugraha says:

    sy punya bambu yg ketemu tulang tpi sy nda tau bambu apa namanya.bambu itu di berikan serang kakek yg kebetulan sempat sy tolong.tpi bambu itu punya lobang tpi nda besar.cm bambu itu kalau d pegang sekitar 2 atau 3 menit…badan terasa gatal semua.panjang 9,3 cm diameter 1,5 cm.jarak antara ruas yg saling berhadapan kurang lebih 5 cm.dgn tulang menonjol saling berhadapan.

  92. jokololo says:

    duh harganya mahal2 kali…boleh tanya apakah sudah ada yg terjual
    dan dengan harga berapa…??????

  93. Kata pamanku maharnya bisa 5 kali lipat,,
    Klo bisa invite bbm q,,,2abe6f13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 4,969 other followers

%d bloggers like this: