Home » ARTIKEL » Pesimisme Yang Belum Terurai: RAKYAT MENGGUGAT

Pesimisme Yang Belum Terurai: RAKYAT MENGGUGAT

AKSES

  • 384,477 KALI

ARSIP


Terimalah, mohon, 5 pertanyaan ini dengan lapang dada. ‘nBASIS memang tidak begitu hirau apakah Anda akan membenci karena ini. Dalam pertimbangan ‘nBASIS jauh lebih penting memikirkan kelayakan atau ketidak-layakan Anda menjadi Kepala Daerah ketimbang soal (Anda) membenci ‘nBASIS.  Betapa daerah ini akan mengalami degradasi yang parah jika kepemimpinannya diamanahkan kepada Anda, itulah concern utama ‘nBASIS.

Urusan membenci ‘nBASIS paling-paling berujung pada pergeseran barang sedikit kualitas shilaturrahim (bagi yang mengenal) untuk sesaat. Sedangkan urusan maslahat daerah ini tak mungkin dikorbankan apalagi selagi masih mungkin diselamatkan dalam waktu yang amat terbatas.

  • Anda tidak kapabel, dan Anda tidak pernah tahu itu karena memang Anda tidak pernah “mengaca diri”. Ketimbang melakukan instrospeksi diri, rupanya Anda sudah lebih menyenangi (dalam waktu yang sudah cukup lama) membanggakan diri sambil amat menikmati pujian-pujian kosong dari orang-orang dekat yang kebanyakan adalah panglima talam. Anda sebenarnya, kasihan sekali, telah banyak kehilangan uang melalui tangan-tangan panglima talam ini. Anda tidak begitu menyadarinya. Sejak belum menjadi apa-apa Anda sudah memiliki bakat hipokritas yang besar dan hipokritas yang sama sekarang ada di sekeliling Anda, siap menerkam Anda dan Anda tidak mampu menyadari itu. Lalu, pertanyaan “mengapa Anda masih tetap saja ngotot menjadi Kepala Daerah padahal dari tinjauan banyak aspek Anda berada di bawah standar yang diperlukan daerah ini?”, bukanlah sebuah pertanyaan yang dapat menyentuh perasaan hati Anda. Kasep sudah.
  • Anda tahu dari semua pasangan yang maju bersama Anda, kebanyakan calon  amat tepat disebut gugus ambruk. Jika pun harus menyebut nyaris tak ada dari kalian yang dapat dikategorikan gugus berubah, yakinlah bahwa itu tidak mengada-ada dan tidak sedang underestimated terhadap Anda dan begitu juga yang lain. Tahukah Anda bahwa fenomena tampilnya Anda dan orang-orang sekategori Anda (dalam perhelatan pemilukada ini) adalah sebuah bukti kuat atas terjadi dan berlanjutnya degradasi kenegarawanan hingga orang seperti Anda mendapat legitimasi menjadi calon Kepala Daerah 2010-2015. Rakyat dalam diamnya penuh duka telah lama menggugat, dan Anda tidak hirau itu.
  • Jika Anda benar-benar merasa pasti bahwa modal yang Anda pergunakan untuk pemilukada ini Anda peroleh dari jalan yang tidak halal, mengapa Anda begitu berani berbohong kepada publik akan memperbaiki segala sesuatu berkenaan dengan standar hidup warga di daerah ini? Betapa besar keberanian Anda membohongi diri sendiri dan masyarakat.
  • Bagaimana jika Anda akan terjerat oleh mekanisme pemenangan yang meniscayakan ketergantungan terhadap korupsi yang akhirnya membawa Anda ke penjara tak lama (jika setelah menang) setelah dilantik? Anda harus sadar bahwa nanti bukan lembaga seperti KPK, Kejaksaan atau Kepolisian yang akan memulai mengendus Anda, melainkan kesadaran rakyat yang lama kecewa. Mereka akan tiba, tak lama lagi, pada suatu masa yang menentukan secara imperatif kinerja hampir semua lembaga penegak hukum kendati Anda berniat membungkam semua itu dengan uang persembahan sebagaimana lazim selama ini. Oposisi murni dan paling kuat bukan partai politik yang nyeleneh dan korup, tetapi rakyat yang bangkit dan marah semarah-marahnya.
  • Dapatkah Anda merasakan bahwa kelima pertanyaan ini memang benar-benar ditujukan kepada Anda agar Anda segera berubah sikap untuk memberi dukungan saja kepada 1 pasangan yang pasti Anda ketahui lebih baik dari Anda dan bahkan dari semua pasangan?

Kelima pertanyaan di atas masih dapat Anda tambah dengan pertanyaan Anda sendiri terhadap diri Anda. Anda pasti mampu jujur membuat pertanyaan yang lebih tajam dan yang lebih memojokkan Anda sedemikian rupa. Buatlah terus pertanyaan-pertanyaan itu, dan jawablah sendiri. Yakinlah,  Anda tidak sedang tak waras dalam melakukan kontemplasi seperti itu. Anda benar-benar memerlukannya, demi keselamatan masyarakat.

Ketidak-warasan terbesar Anda sekarang adalah keputusan Anda maju menjadi calon Kepala Daerah. Ketidak-warasan yang dilegitimasi oleh sistem dan instrumen politik yang sedang rusak separah-parahnya.

Jaringan Relawan untuk Suksesi Bermartabat

(JARE-SMART, Relational Network for Dignified Succession)

Pengembangan Basis Sosial Inisiatif & Swadaya

(‘nBASIS)


About these ads

2 Comments

  1. [...] dan bersetubuh pemikiran dengan mas itempoeti, belajar menyampaikan pemikiran yang santun ‘ala nBasis’ dan banyak blogger-blogger handal lainnya. Dari blog-blog mereka saya bebas mengobok-obok seluruh [...]

    ‘nBASIS: Kopral. Kopral. Kopral Cepot. Berkaryalah terus. Tks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 4,968 other followers

%d bloggers like this: