Home » ARTIKEL » MESJID AGUNG MEDAN

MESJID AGUNG MEDAN

AKSES

  • 379,053 KALI

ARSIP


Dulu sewaktu eks lahan kantor Polda Sumatera Utara yang terletak di Jalan H Zainul Arifin itu sedang direncanakan untuk dialihkan menjadi lahan usaha, apalagi belakangan semakin jelas akan diperuntukkan bagi Mall besar dengan ketinggian bangunan yang melampaui menara mesjid Agung Medan, banyak juga politisi di Sumatera Utara yang memberi protes. Bahkan ada yang dengan amat getir menyebut Mesjid Agung sudah menjadi Surau Agung.

Apa yang menjadi permasalahannya kini ialah, sebagaimana mesjid-mesjid lainnya, peran dan fungsinya bagi umat Islam. Telah lewat masa meributkan pembangunan Sun Plaza, maka kini Plaza megah itu pun semakin memposisikannya  (Mesjid Agung) sebagai salah satu bentuk penyangga kepentingan kelancaran aktivitas perdagangan. Perhatikanlah foto di atas yang diambil Jum’at petang lalu. Lahan yang begitu luas ini tentulah dapat menghasilkan uang besar. Bisa belasan juta rupiah setiap hari. Kesulitan apa yang dimiliki jika dikukuhkan saja sebagai salah satu pemasukan dana bagi pengelolaan Mesjid Agung? Sebuah harian lokal Medan pernah mempertanyakan ini. Media itu ingin agar ada pengadministrasian secara baik, betapapun itu dianggap tidak selalu terkait langsung dengan kemakmuran jama’ah mesjid.

Seorang facebooker mengeluhkan “banyak kenderaan yang terparkir di halamannya dari pagi hingga malam, tetapi yang sholat selain jum’atan tak lebih dari tiga shaf saja”. Inilah dilema itu. 

About these ads

1 Comment

  1. sipa munthe says:

    Mungkin kesadaran manusia sudah mulai sama dengan Setan.
    Agama yang punya makna tidak kacau, justeru sekarang punya kecenderungan terbalik.
    Hampir di seantero jagad raya ini, agama selalu menjadi alat untuk membuat kacau.
    Orang diadu domba dengan agama.
    Orang membuat agama menjadi sumber pendapatan tidak kena pajak alias bisnis religi.
    Dan mungkin yang paling sering kita lihat bahkan mungkin kita alami, agama membuat patah hati.
    Terkait dengan kondisi Mesjid Agung seperti sekarang, mungkin nilai keagungannya sudah hilang. Hilang karena mesjid itu telah menjadi tempat parkir kenderaan bermotor. Bukan tempat parkir kumpulan orang yang ingin menyampaikan ucapan syukur dan mendengarkan firmanNya.
    Perlu ditinjau kembali penggunaan areal Mesjid Agung untuk tujuan bisnis karena nilai religius dan keteduhannya akan hilang dalam beberapa waktu ke depan hanya karena kepentingan bisnis dan polusi.

    nBASIS:
    mengapa begitu buruk ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 4,949 other followers

%d bloggers like this: