Home » ARTIKEL » OPTIMIS RAIH 20 % SUARA PEMILU, PENGGANTI SBY ADALAH KADER PKS

OPTIMIS RAIH 20 % SUARA PEMILU, PENGGANTI SBY ADALAH KADER PKS

AKSES

  • 365,197 KALI

ARSIP

Goodreads


“….ada kemungkinan penurunan perolehan suara dari 7,8 % (2009) menjadi 7 %. Tetapi dengan 740 kader dan 8 juta simpatisan saat ini, PKS merasa optimis bahkan meraih 20 % suara. Kalo begitu Presiden RI 2014-2019 adalah salah seorang di antara 3 kader  itu”.

Sebuah opitimisnya yang cukup menyala. Presiden RI pengganti SBY untuk 2014-2019 adalah kader PKS. Anis Matta, Lutfi Hasan Ishaaq dan Tifatul Sembiring adalah 3 nominator Capres 2014 yang diusulkan oleh kader dan simpatisan PKS dari seluruh wilayah Indonesia. Ini diketahui dari Yudi Widiyana, salah seorang anggota Steering Committee Rapat Koordinasi Nasional PKS di Bandung, Selasa (31/1/2012).

Tetapi itu semua tergantung kepada hasil Pemilu 2014 yang menurut jadwal memang akan terlaksana lebih dulu. PKS sadar, jika pemilu tak memberi mereka perolehan jumlah suara yang memadai, ini bisa sulit. Selain itu aspek sosok mereka lihat amat penting. Tifatul Sembiring misalnya selain kini menjabat sebagai menteri, di Sumatera Utara, kata Yudi Widiyana, telah sering diminta kader dan simpatisan menjadi calon Gubernur tahun 2013 nanti.

Ini terdengar simplistis tentunya. Meski lahir di Bukittinggi, dengan marga itu dan dengan jabatannya sekarang sebagai meteri niscaya akan ada orang di Sumatera Utara yang berangan-angan mengusung Tifatul Sembiring menjadi Gubernur apalagi waktu pelaksanaan perhelatannya sudah semakin dekat. Apalagi dibumbui oleh adanya gejala kekurang puasan kader-kader PKS terhadap Gatot Pujo Nugroho yang saat ini menjadi Plt Gubsu. Lagi pula banyak keluhan terhadap kinerja kementerian yang dipimpin oleh Tifatul Sembiring, misalnya tentang kasus sedot pulsa yang menghebohkan itu.

Bagaimana seorang Sembiring bisa diterima sebagai Presiden di wilayah lain seperti halnya Anis Matta yang berasal dari Indonesia Timur? Inilah masalah besarnya. Memang jika tak ada swing votter untuk proyeksi perolehan 20 % suara pemilu, tentulah tak menjadi aneh jika ada yang memastikan Presiden mendatang dari PKS.

Namun faktanya kini berbeda. Menurut survey internal PKS ada kemungkinan penurunan perolehan suara dari 7,8 % (2009) menjadi 7 %. Tetapi dengan 740 kader dan 8 juta simpatisan saat ini, PKS merasa optimis bahkan meraih 20 % suara. Kalau begitu Presiden RI 2014-2019 adalah salah seorang di antara 3 kader  itu, dan kalau begitu sisa waktu yang tersisa sebelum pemilu yang akan menjawabnya. Menurut Yudi, tiga nama tersebut merupakan usulan dari semua kader dan simpatisan PKS dari seluruh wilayah Indonesia. 

Pihaknya optimistis PKS mampu meraih perolehan suara 20 persen pada Pemilu 2014 nanti walaupun dari hasil survei internalnya menunjukkan penurunan perolehan suara, yakni dari 7,8 persen menjadi 7 persen. “Ranking atau dari survei internal di posisi 7 persen. Ada penurunan sedikit, sebelumnya 7,8 persen pemilu 2009. Tapi kita optimis,” kata Yudi.

Siapa mereka? Menurut berbagai catatan,  Muhammad Anis Matta lahir di Bone, Sulawesi Selatan, 7 Desember 1968. Dia adalah seorang politisi Indonesia  yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR-RI (periode 2009-2014). Gelar S1 bidang Syariah Islam diperolehnya dari LIPIA (1992).

Luthfi Hasan Ishaaq, lahir di Malang, Jawa Timur, 5 Agustus 1961. Dialah Presiden Partai Keadilan Sejahtera periode 2009 -2014 merangkap anggota DPR dari Fraksi PKS periode 2009 – 2014. Lulus dari Punjab University, Pakistan. Pemegang gelar master dalam program Islamic Studies ini menguasai beberapa bahasa, Ia pernah pernah tinggal di Belanda selama beberapa tahun.

Tifatul Sembiring lahir di Bukittinggi, tanggal, 28 September 1961; Insiniur omputer lulusan STI&K Jakarta ini diamanahi SBY sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika dan lolos dari reshuffle yang sebelumnya diisukan menguat akan mengenai dirinya. Sebelumnya ia menggantikan Hidayat Nur Wahid sebagai Presiden PKS. Sebelum menjadi politisi Tifatul Sembiring pernah bekerja pada PT PLN. Ia juga mantan aktivis Pelajar Islam Indonesia (PII).

[dari berbagai sumber]

About these ads

3 Comments

  1. Humala says:

    masih optimis capai 20% pada tahun 2014? Pilkada DKI 2012 babak belur…

    ‘nBASIS: ha ha. katanya masih ada waktu.ha ha

  2. […] Optimisme (lama) […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 4,934 other followers

%d bloggers like this: