'nBASIS

Home » ARTIKEL » Pemerintah: JALAN PIKIRAN DAN KEPEDULIANNYA

Pemerintah: JALAN PIKIRAN DAN KEPEDULIANNYA

AKSES

  • 568,727 KALI

ARSIP


Picture 054

APA gerangan yang mungkin Anda terjemahkan dari foto di di atas? Apa pun itu, marilah kita diskusikan secara singkat, jika boleh,  di bawah tema “Pemerintah: Jalan Pikiran dan Kepeduliannya”.

Drs.H.Ismeth Abdullah, Gubernur Kepulauan Riau dan Drs.H.Muhammad Sani, Wakil Gubernur Kepulauan Riau.  Mereka berdua, dalam jabatan itu, mengatasnamakan pemerintah dan rakyat Kepulauan Riau (tidak tanggung-tanggung klaimnya) mengucapkan Selamat Bertugas kepada SBY (sebagai Presiden RI) dan Budiono (sebagai Wakil Presiden RI) beserta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II.

Iklan di atas dimuat untuk edisi minggu ini pada sebuah Majalah terkenal terbitan Jakarta, menghiasi penuh cover depan bagian dalam. Tentu mahal biayanya, jika pun tak seberapa bagi sebuah Provinsi “kaya penghasil minyak” Kepulauan Riau.

Sesungguhnya baru beberapa hari lalu Presiden mengumpulkan para Gubernur se Indonesia di Bidakara, Jakarta dalam kesempatan National Summit—sebuah perhelatan penting mengawali pemerintahan 2009-2014 yang oleh SBY amat disesalkan menjadi tak sepopuler yang diharapkan karena kalah  oleh hangatnya “perang” cicak dan buaya. Jika pun diperlukan pemberian ucapan selamat, tentu kedua pejabat dari Provinsi Riau ini dapat melakukannya secara langsung dalam pertemuan itu sambil jabat tangan erat dan mungkin juga bincang-bincang ringkas. Mau berfoto ria bersama Presiden dan Wakil Presiden? Itu pun tentu bisa disiasati, bukan?

Bisakah ucapan selamat itu dilakukan dengan cara melayangkan surat resmi ke kantor kepresidenan? Oh tentu bisa, amat bisa dan amat hemat.

Tetapi itulah Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau. Bagaimana jika semua Gubernur dan Wakil Gubernur se Indonesia melakukan hal serupa? Lebih gawat lagi jika para Bupati dan Waklinya dan Para Walikota dan Wakilnya juga berketatapan hati untuk memberi ucapan selamat serupa. Pak Camat? Tentu, yang namanya aksi mendekatkan diri ke puncak kekuasaan  adalah sesuatu yang teramat penting dalam dunia birokrasi. Mereka juga itentu ngin tak ketinggalan. Jika hal-hal seperti ini dianggap sebagai tugas penting dalam missi sebuah pemerintahan di berbagai level, maka jadilah negeri “ucapan selamat” yang rendah kepedulian terhadap rakyat.

Menjadi terkesan sangat naif.  Mengatas namakan pemerintahan dan seluruh rakyat, memberi ucapan selamat dengan menggunakan anggaran besar. Apa pula untungnya?

Barangkali patutlah disarankan agar Pemerintah membuat aturan yang membatasi secara tegas tindak kesewenang-wenangan menggunakan jabatan untuk urusan di luar kepentingan kemaslahatan negara dan bangsa. Atau sesungguhnya peraturan ada tetapi kalah oleh budaya hipokrit seperti ini?

Pemerintah: Jalan Pikiran dan Kepeduliannya.

Advertisements

6 Comments

  1. […] Pemerintah: JALAN PIKIRAN DAN KEPEDULIANNYA […]

  2. Haris (Aseng) says:

    yah..begini lah klo seseorang telah melupakan apa yg harus ia pikirkan..

    dan seandainya dipandang dari sisi agama..ini tergolong perbuatan ria yang di benci oleh Allah S.W.T.

  3. 'nBASIS says:

    Beberapa hari setelah podting ini diterbitkan, pada beberapa media terbitan Jakarta muncul pemberitaan tentang dugaan korupsi pengadaan Damkar di Provinsi Kepulauan Riau.
    # ANTARA News: KPK Periksa Gubernur Kepulauan Riau
    # detikNews : Gubernur Kepulauan Riau Ismet Abdullah Jadi Tersangka
    # SUARA MERDEKA CETAK – Gubernur Kepulauan Riau Tersangka
    # Gubernur Kepulauan Riau Ismet Abdullah Jadi Tersangka – Yahoo …
    # GUBERNUR KEPRI BANTAH JADI TERSANGKA KASUS DAMKAR – Kabar Terkini …
    Karena itu, iklan raksasa berbiaya mahal itu tidak ada unsur ria, melainkan, diduga, merebut perhatian SBY agar intervensi. Sekali lagi, hanya dugaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: