'nBASIS

Home » ARTIKEL » DAHLAN ISKAN

DAHLAN ISKAN

AKSES

  • 512,968 KALI

ARSIP


HEBOH naik ojek menuju rapat kabinet itu Anda sudah tahu. Itu sebuah catatan yang begitu menarik bagi media. Sampailah pesan itu. Sampai. Kali ini mari kita lihat beberapa respon terhadap Dahlan Iskan yang konon sudah mulai disebut-sebut berproyek pencitraan untuk songsong 2014, mungkin Anda tertarik dengan trik itu. Respon itu sengaja saya undang melalui akun Facebook yang saya tebar beberapa waktu lalu.

Dahlan Iskan ya? Tetapi seorang jurnalis kawakan, Bersihar Lubis, berpendapat lain: “Saya khawatir keterpesonaan publik terhadap Dahlan sifatnya dramatis. Belum tentu menjawab kebutuhan calon pemimpin yang diharapkan. Memang, tak ada rotan akar pun jadi, seraya menunggu kemunculan berbagai tokoh terpendam, sehingga memperkaya pilihan kita”.

Itu bunyi status yang saya tulis. Di bawah ini saya salin respon-respon yang diberikan oleh pembaca. Bagaimana penilaian Anda?

  • Edi Haryadi hm …
  • Mu’alim Riau Khonzelas sangat rasional, Teruskan..!!
  • Eri Haryoko Minimal cara dia bergerak memberi pengetahuan kita tetang sosok pemimpin yg kita butuhkan kelak…
  • Winarko siapa lagi tokoh terpendam yang bisa menjadi panutan kita kesederhaannya & integritasnya
  • Basyaruddin Hutasuhut Saat ini org2 haus akan pemimpin yg mau turun kebawah dan tdk selalu memikirkan uang utk kebutuhan dirinya sediri.DI sdh menerapkan itu.Dia tdk sungkan mengeluarkan uang pribadi utk menopang pekerjaan nya..Mudah2an banyak pemimpin spt dia.n
  • Max Fatahillah tokoh yg satu ini amat mudah berurai air-mata haru, blom pas buat titik puncak, sekelas Menteri memadai
  • Yudhistira Irawan yang terpenting mengerti akan kebutuhan dan penderitaan rakyat dan tidak aji mumpung
  • Ahmad Satria Tanjung Singobarantai Ti hati Razorr pisau silet…..
  • Sandjaja Sandra Orang Baik Tidak harus Jadi RI 1 atau pun RI 2, biarlah beliau menjadi Menteri yang berkaitan dengan Jasa …. Siapapun RI 1 , sewajarnya orang-orang seperti ini tidak bicara politik tetapi pengabdian .
  • Sea La’oe Cuuy CV nya lumayan baik, smentara ini ia termasuk yg TERBAIK di antara yg TERBURUK yg sdang berkuasa, Kesuksesan dlm tggung jwab dlm institusi yg di pimpinnya skrg lumayan bsa di jadikan ACUAN baginya MENUJU RI 1…WHO KNOW’s…?
  • Yudhistira Irawan Belum saatnya RI 1…. Infrastruktur pendukung masih lemah
  • Moch Supri Agus sok tau sifat tabiatnya dahlan iskan !!!rekaman jejak di jawa pos mulai 0 sampai ke mentri pengatok pemuja penguasa !!!
  • Moch Supri Agus Dahlan iskan = AKTIVIS MATA JULING !!!!!!!!!!
  • Sea La’oe Cuuy Utk STERILISASI kepemimpinannya nanti sbaiknya beliau maju sebagai CAPRES INDEPENDENT, agar tdk ber-HUTANG BUDI pada PARPOL yg isinya MANUSIA GARONG smua…
  • Gerinanda Nugraha Emang dia berani menolak privatisasi..?akan lebih parah dari yang ada..tokoh arif.supel.merakyat tak punya sikap ,hanya akan menghamba pada Tuanya..
  • Saiful Harry  Sosok yg perlu dicontoh oleh menteri lain.
  • Amir Zein Sri Fatma hasil kerja seseorang jangan sekali dinilai pada proses sedang berlangsung, tapi hasil akhirnya sesuai tidak dgn sasaran.
  • Tuan Kularaii Yang jelas karyanya utk bangsa ini sdh ada abanganda….
  • Dedek Yamijar Paduko Sutan Dalam hal ini memang kalau saya kaji orang yang baik belum tentu dapat memimpin, co ba betul2 di cerna untuk memilih seorang pemimpin jangan nanti sudah di pilih hasil nya nggak bagus kita sendiri yang rugi dan pada akhir nya mengupat kepada pemimpin yang kita pilih padahala salah kita kenapa di pilih
  • Amir Sitompul Ini dia seorang pemimping yang tidak mengharapkan gaji dari negara bekerja keras adalah motto Beliau, perusahan media yang dia pimpin di ada di seantro nusantara adalah grop jawa post 1000 jempol buat pak DAHLAN ISKAN,satu pesan yang tidak terlupakan dari beliau”BERTEMAN JANGAN PANDANG SUKU DAN GOLONGAN”dia berasal dari jurnalis PLN adalah satu bukti BMUN yg di pimpin berhasil target sekarang dari meneg BMUN mengembalikan aset negara dan merektrurisasi BMUN yang rugi selamat pak doa kami besertamu .jalan terus jangan takut di intervensi
  • Nandarani Jakaria Dahlan Iskan belum pernah teruji menghadapi tekanan politik.
  • Fariz Frez Setuju
  • Romunas Simangunsong Perlu diketahui style Dahlan Iskan sudah seperti itu sejak masih di Jawa Pos. Teman cerita, DI naik bus ke tempat seminar pdhal dia sdh kaya dan ngobrol-ngobrol dg peserta seminar tanpa tahu kalau DI sbg pembicara. Baru ketahuan setelah DI sbg pembicara seminar. Jadi gayanya bukan dibuat-buat utk mencari popularitas. Lebih baik pejabat menunjukkan itikad baik dan prestasi dari pada kinerja buruk dan korup
  • Martika Edison Semoga Bapak DI, bahagia,sehat,sukses selalu..akan Jurnalis pasti bangga kalo Bapak DI jadi PRESIDEN …
  • Nila Kesumawati ya Pak saya ingin bapak mencalon kan menjadi Presiden atau wakil presiden…ber dampingan dg Pak Walikota Solo…atau pak Mafud Md…tapi bapak presiden nya klw sama pak mafud Md
  • Iyus Sri Riau Wah, makin besar keinginan mendampingkan sosok SMI-DI di 2014….
  • Herlina Butar-Butar Yups, bukan hanya karena mau naikKRL dan naik ojeg bayar 150 ribu saja. Tapi harus membuktikan kinerja yang mengubah negeri ini jadi lebih baik…
  • Geena Re Milden Yang pertama harus bisa memusnahkan KORUPTOR .!!!
  • Suhaimi Sawiyah ForgiveMe Produk pencitraan di tengah paceklik prestasi….
  • Sunu Winarko Karena belum ya kudu dikasi kesempatan
  • Perrak Indo Mumpung masih jauh SMIK perlu merumuskan utk malukan Tunutan Hukum ke MK Masalah Calon Presiden Independent..klo Bupati dan Gubnur Bisa Independent ..mestinya President Juga Bisa…
  • Sahala Panjaitan Teori logika hidup: ramalan saya (macam dukun saja kekeke) dahlan iskan ini teruji dapat melewati tekanan politik,krn ditekan malaikat maut pun dia sdh biasa (ini orng hampir mati beberapa tahun lalu), kalo orng udah mau mati trus dikasi hidup ama Tuhan lagi , biasanya dia lahir dgn pemikiran utk mementingkan kepentingan org banyak drpd diri sendiri.
  • Sahala Panjaitan Tentunya kepentingan yg baik baik , doa saya
  • Perrak Indo Kebetulan dianya emang konglomerat…yg berasal dari rakyat yg melarat…dng itu kebrpihakan kepad rakyat akan jelasss
  • Sahala Panjaitan Bapak saya kebetulan teman lama dr dahlan iskan wkt beliau di jawa pos berkomentar; dulu dia cukup baik sekarang sejak melewati garis kematian dia makin baik , smoga Tuhan bersamanya trus. gitu kata bapake.
  • Theo Palit SMI dari akedemisi dan DI dari praktisi, mereka saling mengisi keurangan masing masing, dan sama sama bersih, mudah mudahan Indonesia beruntung mendapat pemimpin yg baik.
  • Herman Tok Apa adanaya itu lebih baik daripada ikut arus tapi tidak jelas, yang demikian ini tidak dibuat-buat dan yang diterima tidak membutakan…
  • Saya cuma jadi ingin tahu ‘apakah SBY mengenai DI antara lain memberikan contoh bagi yang lain atau sekedar kebetulan saja…
  • Orang amanah memang ga perlu neko-neko dan saya pernah satu gerbong kereta sejenis KRD Jabodetabek dengan Paul Keating di Perth…
  • Harry Sardjiman Jangan jangan Dahlan hanya gantolannya partai demokrat,karena saya kenal secara pribadi sejak dia menjadi wartawan harian Jawa Pos di surabaya…,sebelumnya ma’af lho ya…
  • Joko Kijeng Rakyat harus waspada… siapa dia sebenarnya… Yayasan Pondok Rakyat, Cerita Rakyat Nusantara, Rakyat Kuasa Salatiga, Gerakan Kebangkitan Nusantara, Bondan Nusantara, Indonesia Indah, Pemuda Indonesia, CarpediemTattoo Indonesia, Yayasan Fosdis Indonesia, Gmrp Jawa Timur… Waspada!!!
  • Franz Surya Hartono Hariatmoko hla da pa to dg dahlan? (karo kukur-kukur sirah sing ora gatel)
  • Aji Kok kliatannya pada ndak seneng tho dengan orang yang terbiasa hidup jujur dan mengorek uang negara..?? apa karena sudah terbiasa dikorupsi sehingga harus waspada ?
  • Mastepe Adi Ono opo to iki?
  • Franz Surya Hartono Hariatmoko ha mbuh kuwi
  • Lilik Krismantoro lha njur nek rembugan dahlan iskan ki kesitimewaan terus dadi ngono pa ?
  • Ridwan Haryadi Bung Widihasto wasana putra mesti dadi istimewa
  • Inne A P Adhie Seharusnya sosok Dahlan Iskan dijadikan standard kompetensi executive Ring Satu Republik ini. kasihan dan sayang bangsa dan negara ini, apabila sepak terjangnya yang memukau hanya bagaikan setetes jeruk nipis di segelas air putih yang harus kita minum tiap pagi .. untuk memulihkan flora usus kita……. Maksud saya, sangat kurang gaungnya, bahkan cenderung lenyap sebentar lagi … apabila beliau akan lengser karena batas waktu tugasnya.
  • Kamboja Surga sensasi …
  • Anang S Saifudin pencitraan aja selalu di blockup media kelebihannya
  • Kamboja Surga trik2 para politisi sdh tdk bs menipu ku,… Siapakan lapangan pekerjaan dan pulangkan para TKW, br bs ku komen bener.. Klau ynya naik ojek doang mah.. Maaf coy.. Gosip kuno..!!
  • Iskandar Moeda carilah pemimpin yg sehat jasmani rohani! dan tidak terlalu lebay dalam berkelakuan sederhana lebay tapi!tumpukkan harta berlimpah! buka dulu tooopeng muu!

Ini memang bukan survei, dan tak mesti dipandang seperti publikasi telaah berdasar survei. Namun pendapat mereka yang berasal dari berbagai latar belakang dan daerah yang berbeda itu, bolehlah dipandang sebagai semacam clue saja. Begitulah.

Tetapi menutup posting ini dua respon ditayangkan di bawah ini:

Darma Lubis Sepengenalanku, Dahlan memang workoholic. Tak ada yg signifikan berubah saat dia memimpin koran dan jadi menteri. Tapi memang selalu ada yg tidak suka pada apa yg kita lakukan. Hanya objektifitas capaian hasil kerja saja yg bisa menentukan apakah seseorang itu benar bekerja dgn baik atau tidak. Pada kasus Dahlan, besar harapan kita bahwa BUMN-BUMN akan lebih baik moral dan mentalitasnya, bang! Teknis? Mereka ahli kok. Setahu saya Darma Lubis adalah seorang aktivis LSM.

Tikwan Raya Siregar Dahlan Iskan belum mencapai sesuatu yang nyata. PLN masih mati pada malam tahun baru ini. Aksi korporasinya juga belum menunjukkan arah idiologi yang jelas, kecuali mengukuhkan metodologi kapitalis yang cermat, pragmatis, dan kompetitif (kerja keras). Namun ia juga telah menunjukkan panorama moral, dan kita tinggal melihat konsistensinya, serta mempertimbangkan manfaatnya bagi pertanian rakyat. Tikwan Raya Siregar selama ini saya kenal seorang jurnalis.

Shohibul Anshor Siregar


8 Comments

  1. rdimas says:

    Semua komunikasi disini nampaknya tidak pernah mengetahui apa tanggapan bpk Dahlan Iskan..jd nya komunikasi se arah saja..coba baca ini pernyataan2 beliau ttg pencapresan atau nyalon2kan beliau untuk organisasia2 lain..inilah tanggapan beliau via twitter ( 26 des – 6 jan) :
    1.Indonesia Negeri Tercinta, Indonesia Berjaya.

    2.Kalau kita tdk bisa membangun, setidaknya tidak merusak, atau jd penonton yg baik dan syukur2 ikut mendoakan

    3.Ketika banyak masalah muncul di daerah2,tentu pikiran kt bertanya, bgmn aparat daerah yg mrpkn kepanjangan pusat, jalankan fungsi2 pelayanan

    4.Tidak masuk akal, dinegeri sekaya ini msh banyak org miskinnya.

    5.Prinsip dasar pengembangan BUMN adalah memberi keuntungan sebesar besarnya bagi negara untuk kesejahteraan rakyat. Krn itu BUMN hrs efisien.

    6.Tugas kita bekerja keras utk kebaikan ,selebihnya sdh ada yg urus

    7.Mulailah percaya pada apa yang diusahakan pihak lain, selebihnya pasrahkan pd Tuhan, biar tdk ada beban

    8.Memang msh ada persoalan dalam membangun negeri ini, tp yakinlah dg niat baik, kerja ikhlas, & jujur akan sll ada keberpihakan pd hidup kita.

    9.nasionalisme yg akan mengokohkan spirit kt utk jadi warga negara berkarakter

    10.Ada BUMN yg untung, ada jg yg rugi tp hrs dipertahankan krn sifat layanannya pd publik, spt PT.Pos, KAI dll

    11.BUMN hrs mampu tumbuhkan ekonomi nasional,& tingkatkan kesejahteraan rakyat. Krn setiap muara persoalan negri ini adlh perebutan kue ekonomi

    12.Jika ada BUMN yg inefesiensi/ boros hrs dibenahi, diubah tata kelolanya, dipilihkan org2 terbaik negeri ini utk memimpinnya, insyallah bisa

    13.Bagi saya pengabdian itu ibadah, sy ingin gunakan sisa hidup saya utk berbuat demi bangsa, & jauh dr pikiran berpolitik. Insyallah sy bisa.

    14.Memang tugas ini berat, tp pelan2 dg penuh keseriusan, dan tentu ataas doa &bantuan semua pihak, smoga setiap persoalan akan terurai.

    15.Saya tdk berminat utk berpolitik, maka jngn coba2 mendorong sy utk masuk wilayah yg bkn bidang sy. Saya hanya mau mengabdi dan kerja (Titik)

    16.Saya ini hanya org desa, warga biasa, yg ingin mengabdi utk negara, tanpa embel2 apapun, mohon tdk menyeret sy dlm lingkaran politik apapun.

    17.Jangan dorong sy dalam arus politik,sy hanya ingin bekerja dan mengabdi utk bangsa melalui BUMN.Krn disanalah kemakmuran Bangsa dpertaruhkan

    18.Jangan libatkan sy dlm urusan PSSI,bukan sy tdk mau,tp itu sdh lewat, di Indonesia buanyak org yg bs urus bola. Biarkan sy fokus ke yg lain.

    Semoga bermanfaat
    Salam

    ‘nBASIS:
    terimakasih info-nya

  2. agung s says:

    emang sush di bangsa ini ‘ berbuat salah dihujat , berbuat baik pun dihina

  3. Ilmiahwan says:

    Bagi saya, yang dilakukan Dahlan Iskan, patutlah jadi tamparan bagi para pejabat.Pejabat harus lebih tahu diri, mereka ada karena siapa?Tragisnya lagi kalau rampas hak-hak rakyat. Indonesia tidaka akan pernah maju, Jika pejabatnya kwalat……..

    ‘nBASIS: pendapat ilmiah

  4. sikap pak dahlan saya nilai jujur dan terbentuk dari kepribadian dan keluarga yang baik saya salut dg beliau semoga karakter seperti ini menjadi pelajaran bagi para pejabat kita yang hidupnya diatas garis kemiskinan,kalaupun ini hanya semacam politik kharisma pak dahlan sdh sangat paham akan umurnya

    ‘nBASIS: pendapat yang bagus

  5. Kopral Cepot says:

    Rona warna politik 2012 setidaknya ada 3 tipikal politikus jelang 2014 (yg baru terpikir) : 1) Politik Investasi ; Logika pilitikus kalangan pengusaha atau mantan pengusaha. 2) Politik Etis/balas budi : Politik ala Belanda krn pemilih potensial adlah kalangan miskin maka berbaik-baik lah pada yang miskin entar akan di balas dalam pencoblosan. 3) Politik Kemaruk : Politikus yg sekarang manggung tapi tak punya pengharapan masa depan, maka aji mungpunglah mereka.

    Smoga ada politikus yang tulus😉

    ‘nBASIS: politik tulus (harapan) di tengh varian fakta politik investasi, balas budi dan kemaruk. ha ha ha.

  6. […] seorang penulis muda yang amat produktif, “rona warna politik 2012 setidaknya ada 3 tipikal politikus jelang 2014 […]

  7. laksono says:

    Dulu di Magetan rumah orang tua saya berseberangan dengan rumah keluarga Pak Dahlan, beliau memang orang yang sederhana. Saya ingat saat sore di teras rumah melihat beliau naik omprengan desa?angdes(angkutan desa) sambil “nggandul”/bergelayutan dipintu kendaraan waktu pulang ke rumah saudaranya tsb. Padahal waktu itu dia sudah ada posisi tertinggi di Jawa Pos

    ‘nBASIS: terimakasih infonya

  8. […] tak akan terekam di sini. Cobalah telaah, kawan. Seingat saya inilah tulisan kedua saya tentang Dahlan Iskan. Sayakah yang sudah berubah atau Dahlan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: