'nBASIS

Home » ARTIKEL » KETAK-BERDAYAAN INDONESIA DALAM PERDAGANGAN DENGAN AMERIKA SERIKAT

KETAK-BERDAYAAN INDONESIA DALAM PERDAGANGAN DENGAN AMERIKA SERIKAT

AKSES

  • 512,316 KALI

ARSIP


Economic-Challanges-Edisi-Senin-30-April-2012

Diskusi ini menghadirkan 3 pembicara, yakni Kwik Kian Gie, Mantan Menko Perekonomian Kabinet Mega, Sofjan Wanandi, Ketua Apindo dan Fadhil Hasan, Pengamat Ekonomi. Diawali dengan video press conferernce SBY dan Barrack Obama yang cukup lucu.

Karena ingin dianggap sama tingginya dengan Barrack Obama, maka orang-orang kepresidenan menambah sebuah box untuk tempat berdiri SBY di belakang podium. Rupanya tidak cocok dengan ketinggian mic yang sudah terpasang di podium. SBY akhirnya menggeser box itu dengan kakinya. Barrack Obama kelihatan menikmatinya sebagai tontonan menarik.

Diskusi yang dipandu oleh Suryo Pratomo ini amat berguna untuk memahami mengapa Indonesia hingga saat ini tak berdaya di hadapan Amerika Serikat. Antara lain terungkap bahwa kondisi ketak-berdayaan Indonesia sudah dikondisikan sejak 1967 dan tidak ada upaya pemerintah Indonesia untuk melepaskan diri dari sub-ordinasi atau pemangsaan Amerika Serikat. Secara khusus ada pembahasan tentang minyak kelapa sawit dan komoditi rokok.

Kwik Kian Gie malah menyebut LSM-LSM yang dibiayai asing memerankan diri untuk menghubungkan agen-agen asing itu dengan Badan Legislasi DPR-RI. Ambil kamera, anda masih bisa menyaksikannya sekarang, kata Kwik Kian Gie sambil menyebut sebuah nama (Prof.Hendrawan Supratikno). Agen-agen asing itu mampu menegosiasikan pembentukan perundang-undangan sesuai kepentingan mereka.

Akhirnya dapat disimpulkan bahwa sebuah bangsa memang benar-benar memerlukan pemimpin yang kuat, punya integritas dan nasionalisme yang kental: bisa mempersatukan dan bisa dipercaya bahwa ia benar-benar bekerja untuk kepentingan rakyat dan ia bukan inlander.


1 Comment

  1. […] Indonesia pecundang bagi Amerika […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: