'nBASIS

Home » ARTIKEL » MENDAKI GUNUNG SEMERU

MENDAKI GUNUNG SEMERU

AKSES

  • 512,201 KALI

ARSIP


Abu Rizal Bakri (ICAL), Ketua Umum DPP Golkar akan mendaki gunung ini (SEMERU) dengan initial baru (sebagai Capres): ARB. Bagaimana peluangnya?

Ini benar-benar memerlukan terjemahan.  Barangkali para penasehat dan designer politik di sekitar ARB lebih menimba pengalaman dan tingkat kesukaran “menundukkan” Semeru sebagai referensi filosofis untuk perjuangan politiknya yang memang penuh tantangan. Tetapi puncak Semeru itu ada di Jawa Timur, terletak di antara wilayah Administrasi Kabupaten Malang dan Lumajang. Apakah ini bahasa lain untuk menohok langsung kepada kedua putera Jawa Timur yang kini sedang memimpin Indonesia, jika tak ingin diterjemahkan sebagai sesuatu yang sekaligus memaknakan konflik internalnya?Entahlah.

Tetapi, faktanya, 7 puncak tertinggi di Indonesia adalah 7 puncak gunung paling tinggi yang terdapat di 7 pulau dan kepulauan utama Indonesia. Tujuh pulau atau kepulauan utama tersebut adalah Papua, Kalimantan, Jawa, Sumatera, Sulawesi, kepulauan Maluku, dan kepulauan Nusa Tenggara (Bali dan Nusa Tenggara).  Marilah kita lihat data puncak tertinggi yang kita punya.

Di Papua ada puncak Jaya dengan ketinggian mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut (m dpl). Dengan ketinggian ini maka puncak Jaya merupakan puncak tertinggi di antara yang ada di Indonesia. Di Maluku terdapat puncak Gunung Binaiya (Binaia) dengan ketinggian 3.027 m dpl. Di Sulawesi ada gunung Latimojong dengan puncak tertingginya bernama Rante Mario dengan ketinggian 3.478 m dpl. Di Kalimantan ada gunung Kinabalu, tetapi ini bukan milik Indonesia karena berada di wilayah Negara Malaysia. Puncak tertinggi kita di sini adalah Gunung Bukit Raya dengan ketinggian sekitar 2.278 m dpl.

Puncak tertinggi di  Bali dan Nusa Tenggara adalah Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 m dpl. Puncak tertinggi di pulau Jawa adalah Puncak Mahameru yang memang merupakan puncak dari Gunung Semeru. Ketinggiannya cuma 3.676 m dpl. Gunung ini berada di propinsi Jawa Timur, di antara wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang.

Sedangkan puncak Gunung tertinggi di Sumatera adalah puncak Indrapura di Gunung Kerinci, dengan ketinggian 3.800 m dpl.


2 Comments

  1. […] perubahan-perubahan iklim dan cuaca yang kerap tak bisa diprediksi? Ini akan sekaligus menentukan pencapresan Abu Rizal Bakri yang bak mendaki puncak Semeru […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: