'nBASIS

Home » ARTIKEL » SOEKARNO & SOEHARTO: KISAH DUA RAJA JAWA

SOEKARNO & SOEHARTO: KISAH DUA RAJA JAWA

AKSES

  • 512,968 KALI

ARSIP


HARI INI 5 Juli 2012. Lima puluh tiga tahun lalu Soekarno menerbitkan Dekrit yang lebih dikenal dengan Dekrit 5 Juli TAHUN 1959. Sejak itulah, hingga “diinterupsi” oleh Soeharto dengan Supersemar, demokrasi terpimpin diterapkan di Indonesia. Supersemar itu terbit 11 Maret 1966. Menjadi “alat” bagi Soeharto untuk “menggulung” Soekarno.

Tentu Soekarno tak memperhitungkan sebegitu buruk dampak Supersemar yang ditandatanganinya itu terhadap dirinya. Mereka berdua adalah orang-orang besar yang pernah ada dalam sejarah kita. Tetapi mereka adalah manusia biasa. Ada kesalahan. Tinggal Anda menentukan perlu dimaafkan atau tidak. Tanpa maaf Anda pun, kita perlu belajar dari kesalahan para pemimpin itu.

Ada orang yang meminta diskusi tentang perbedaan antara Soekarno dan Soeharto. Anda tahu?  Mereka sama-sama pemimpin berfilosofi Jawa. Datang dari kampung-kampung Jawa untuk belajar menjadi Indonesia. Setelah menjadi Indonesia dan memperoleh jabatan tertinggi yg dapat diraihnya, kembali menjadi Jawa.

Kedua Jawa ini dan Jawa-Jawa yang lain akan hanya memikirkan bagaimana mengabadikan kekuasaan di tangannya dan selamanya, dan dalam bathinnya yang paling dalam ada pembenaran untuk boleh memenjarakan serta melakukan hal-hal fatal sekalipun untuk pengabadian kekuasaannya itu, sebab menurutnya kekuasaannya di atas segalanya.

Soekarno-Soeharto dan pemimpin berfilosofi Jawa lainnya menganggap diri, perasaan dan fikirannyalah Indonesia itu. Karenanya sering mereka dan Indonesia berbeda diametral.

Jadi perbedaan yg perlu dipersoalkan ialah bukan di antara kedua pemimpin ini. Melainkan perbedaan antara Soekarno, Soeharto dan pemimpin Jawa lainnya dengan Indonesia.

Demokrasi Terpimpin


5 Comments

  1. roel says:

    artikel menarik. Tapi tak dalam.

    ‘nBASIS: sangat perlu didalami ya. perlu

  2. Rachmat Ono says:

    Boleh setiap orang memiliki pendapat dan saya kurang setuju dengan tulisan anda di media terbuka ini seperti yang ada dalam tanda kutip:

    “Kedua Jawa ini dan Jawa-Jawa yang lain akan hanya memikirkan bagaimana mengabadikan kekuasaan di tangannya dan selamanya, dan dalam bathinnya yang paling dalam ada pembenaran untuk boleh memenjarakan serta melakukan hal-hal fatal sekalipun untuk pengabadian kekuasaannya itu, sebab menurutnya kekuasaannya di atas segalanya.”

    “Soekarno-Soeharto dan pemimpin berfilosofi Jawa lainnya menganggap diri, perasaan dan fikirannyalah Indonesia itu. Karenanya sering mereka dan Indonesia berbeda diametral.”

    menurut saya bukan masalah “Jawa”nya atau “filosofi”nya tetapi masalah “orang”nya,
    setiap “Jawa” yang satu akan berbeda dengan “Jawa” yang lain, cara pandang, berpikir, dan pribadi, dan lainnya.

    apakah bila pemimpin dari Batak atau dari Palembang atau dari Kalimantan, atau Sulawesi atau Papua, atau dari yang lainnya tidak akan memilirkan hal sama dengan kedua pemimpin tersebiut diatas..?

    jawabnya bisa “Iya” bisa “Tidak”
    tentu kembali ke “orang pelaku”nya

    dan mohon hati-hati dengan tulisan anda, karena seperti mengandung unsur SARA…

    ‘nBASIS: karena membahas kepemimpinan ala Jawa, ya jelas mengandung SARA.

  3. kaki langit says:

    Perlu anda ketahui soekarno bukan jawa,dia asli orang kalimantan,nama bapak soekarno sultan alimudin,nama asli sukarno prakesit,umur 17 th soekarno meratau kejawa waktu itu dia masih bernama prakesit,klo anda ingin jelasx silahkn datang ke kutai kartanegara,soekarno bukan anak petani dia dia putra pertama dari raja kutai yg bernama sultan alimudin………..lihat lh perbandingan soekrno dan soeharto…..soekarno milik bangsa indonesia sedangkan soeharto hanya milik orang jawa

    ‘nBASIS: begitukah?

  4. kairens says:

    menurut saya tulisan kakilangit kok ngawur banget ya? Putra Pertama dari Raja Kutai yang bernama Sultan Alimudin? Kutai itu udah lamaa bangeeet tiada! Sebelum Islam dan sebelum Belanda! Emang bung Karno usianya berapa? 1000 tahun? 10000 tahun? Mikir lah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: