'nBASIS

Home » ARTIKEL » KATA ANDI MAPPETAHANG FATWA

KATA ANDI MAPPETAHANG FATWA

AKSES

  • 512,716 KALI

ARSIP



Ini sebuah petikan. Menarik.
Sebagai masyarakat terdidik, mahasiswa harus menjadi kelompok yang bisa memberikan teladan dalam konteks kompetisi secara demokratis dengan cara berpegang teguh kepada aturan main yang ada.

Jangan sampai kompetisi demokrasi yang dilakukan oleh masyarakat terdidik melahirkan ironi, karena termanifestasi dalam bentuk-bentuk yang tidak lebih dari konflik-konflik belaka yang tidak memiliki nilai produktif.

Setiap kompetisi dan bahkan konflik haruslah dilandasi semangat untuk menghasilkan perbaikan, baik dalam level sempit lingkungan kampus, maupun terutama untuk level yang lebih luas, yakni negara. Dengan demikian, mahasiswa akan terus menjadi agen kontrol sosial yang selalu diperhitungkan.

Siapa Andi Mappataheng Fatwa? Kompasiana memberi keterangan agak rinci. Begini katanya: Fatwa telah menjadi ikon sebuah perlawanan dan sikap kritis terhadap rezim otoriter Orde Lama dan Orde Baru. Itulah sebabnya sejak muda ia sudah mengalami teror dan tindak kekerasan yang dilakukan oleh intel-intel kedua rezim otoriter tersebut, hingga keluar masuk rumah sakit dan penjara. Terakhir ia dihukum penjara 18 tahun (dijalani efektif 9 tahun lalu dapat amnesti) dari tuntutan seumur hidup, karena kasus Lembaran Putih Peristiwa Tanjung Priok 12 September 1984 dan khutbah-khutbah politiknya yang kritis terhadap Orde  Baru.


1 Comment

  1. memang seharusnya mahasiswa seperti itu…tapi sangat ironi mahasiswa sekarang yg terlanjur terjerumus dalam sebuah kehedonisan yang dibangun oleh otoriter kampus….dan mahasiswa tak bisa melawan segala kebijakan otoriter kampus dan para oknum dosen disebuah universitas yg membatasi segala kegiatan mahasiswa…ini menjadi pembelajaran bagi saya…

    ‘nBASIS: semoga lekas “sembuh” dunia kampus kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: