'nBASIS

Home » ARTIKEL » Sumatera Utara: DILANDA PENYAKIT SHADOW STATE?

Sumatera Utara: DILANDA PENYAKIT SHADOW STATE?

AKSES

  • 512,316 KALI

ARSIP


Senin lalu Fraksi Partai Amanat Nasional DPRDSU dalam pemandangan umumnya untuk pertanggungjawaban APBD 2011 Plt Gubsu menyebut bahwa kurang lebih Plt Gubsu telah ”mengundang” penyakit ke dalam pemerintahan yang dipimpinnya. Penyakit itu bernama shadow state.

Akibatnya mesin birokrasi yang ada menjadi lamban, terbukti dengan daya serap anggaran yang sangat rendah. Berbagai keputusan bersama (perda) gagal diekseskui. Plt Gubsu dituding membentuk “pemerintahan sendiri” antara lain yang diawali dengan melalui kebijakan rotasi dan pergeseran staf pada eselon tertentu. Hal itu patut menjadi perhatian.

Shadow state jika diindonesiakan mungkin bisa disebut negara bayangan atau pemerintahan bayangan. Apa sebetulnya yang terjadi jika sebuah pemerintahan dilanda penyakit ini?

Konferensi Internasional anti Korupsi ke 12 secara khusus memberi penjelasan tentang fenomena Shadow State dan fenomena ikutannya, yakni abuse of power (penyalah-gunaan kekuasaan).

Meski banyak ilmuan yang bercerita tentang hal ini, namun konferensi memulai pendekatannya dengan merujuk pada konsep negara modern menurut aliran pemikiran Weberian konvensional. Menurut aliran ini, negara modern mestinya mengacu pada tiga atribut utama, yakni

(1) aspek pengaturan regulasi baku dan legalistik.
(2) otoritas yang mengikat atas warga dan wilayah tertentu.
(3) legitimasi atas monopoli penggunaan sah kekuasaan.

Shadow state, berbeda. Sebagai penyimpangan, ia mengacu pada sistem pelaksanaan pemerintahan yang diterapkan oleh oleh elit pejabat publik yang bertindak lebih dalam kapasitas pribadi dan kepentingan aktor-aktor eksternal non-negara.

Sepanjang pengalaman yang dapat diamati, praktik ini dipilih oleh aktor paling berkuasa bukan karena aparatur Negara yang ada tidak mampu dan tidak profesional. Bukan sama sekali. Memang ada kepentingan tersembunyi yang hanya diketahui oleh elit berkuasa itu dan konco-konconya. Konco-konconya di sini dimaksudkan adalah kalangan eksternal (bisa juga tangan-tangan asing).

Karena menghindari proses kenegaraan yang normal, maka di lapangan tidak dapat dihindari penyalah-gunaan wewenang publik (abuse of power). Memang jika bukan untuk meraih sebanyak mungkin sistem sumber yang dimiliki oleh negara untuk kepentingan elit dan konconya, praktik shadow state dan abuse of power itu tidak ada alasan untuk terjadi.

Konon praktik semacam ini diyakini berbasis pada watak korupsional yang kental dalam tubuh pemerintahan. Tetapi, sebagaimana diketahui, awalnya prinsip shadow state itu ditemu-kenali secara lebih luas oleh hasil penelitian terhadap Afrika. Di sini shadow state ditemukan sebagai trend tandingan bagi formal state (praktik kenegaraan resmi).

Dalam studi kasus tentang korupsi di Afrika Barat, khususnya di Sierra Leone yang mengacu pada tendensi kuat praktik shadow state ini diidentifikasi bentuk-bentuk aturan pribadi, yaitu otoritas yang didasarkan pada akses keputusan dan kepentingan individu, bukan pada seperangkat hukum tertulis dan prosedur standar.

Meskipun demikian, aspek-aspek formal dari pemerintahan mungkin selalu diusahakan tetap terkesan ada. Jadi intinya ada pemerintahan paralel.

Pada gilirannya nanti Plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho akan memberi jawaban terhadap tudingan ini. Mari kita tunggu. Semoga Sumatera Utara masih dapat diperbaiki.


1 Comment

  1. Amri Munthe says:

    Adakah tendensi untuk memanfaatkan kekuasaan yang dimiliki saat ini ke arah konsolidasi persiapan untuk memenangkan pertarungan Pilgubsu musim mendatang?

    ‘nBASIS: kecurigaan mereka memang ke arah itu, pak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: