'nBASIS

Home » ARTIKEL » NU: PEMILUKADA (LANGSUNG) BERTENTANGAN DENGAN PANCASILA

NU: PEMILUKADA (LANGSUNG) BERTENTANGAN DENGAN PANCASILA

AKSES

  • 551,228 KALI

ARSIP


NU menyebut Pemilukada (langsung) bertentangan dengan Pancasila. Jika dilihat sisi buruknya, apakah Pileg dan Pilpres juga bertentangan dengan Pancasila? NU tidak sampai membahas itu

Suara-suara yang mengusulkan pengembalian pemilihan kepala daerah ke legislatif sudah jamak dan berusia cukup lama. Paling tidak, sejak pemilukda langsung tahun 2005, Presiden SBY pernah menjanjikan tawaran kjian kemaslahatannya.  Kemudian terdengarlah upaya-upaya sistematis dari pemerintah untuk melakukan perubahan dengan cara mengembalikan seperti sediakala.

Tetapi yang mengatakan Pemilukada Langsung bertentangan dengan Pancasila baru kali ini. Dari Cirebon, Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama (NU) suara  itu terdengar dan menjadi liputan penting bagi media.

Sayangnya mereka (NU) tidak berusaha melakukan sesuatu yang amat penting, yakni memperbedakan atau mempersamakan dengan pilpres dan pileg. Bukankah kedua peristiwa politik itu sama saja (atau mungkin lebih besar) “dosa” dan penyimpangannya (mudharat)?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: