'nBASIS

Home » ARTIKEL » PERINTIS PEMERINTAHAN PROVINSI SUMATERA UTARA

PERINTIS PEMERINTAHAN PROVINSI SUMATERA UTARA

AKSES

  • 564,277 KALI

ARSIP



Tahukah Anda siapa Mr Sutan Muhamad Amin Nasution alias Mr.SM Amin dengan nama kecil Krueng Raba, yang lahir di LhoNga (Aceh) pada 22 Pebruari 1904?

Menurut penuturan sutanmuhammadamin.com, ia dilahirkan oleh seorang ibu bernama Siti Mardiah asal Batang Natal Mandailing, dan ayah bernama Muhammad Taif gelar Raja Aminudin berasal dari kampung Pidoli Dolok, Panyabungan. Saat perang kemerdekaan berkecamuk, SM Amin diangkat sebagai Gubernur Muda Sumatera Utara pada 14 April 1947 di Pematang Siantar oleh Gubernur Sumatera Utara Mr Teuku Muhamad Hasan. Inilah yang kelak dipandang sebagai cikal-bakal pemerintahan provinsi Sumatera Utara itu.

Pengangkatan itu tak terlepas dari pendudukan kolonialisme Belanda atas kota Medan sebagai ibukota propinsi Sumut. Berhasil memertahankan kemerdekaan Indonesia di Siantar, Presiden RI Ir Soekarno lalu mengangkat SM Amin menjadi Gubernur Sumatera Utara secara penuh pada 19 Juni 1948 di Kutaraja, Aceh. Saat itu Aceh dan Sumatera Utara masuk dalam satu propinsi. Sosok SM Amin teguh memegang panji-panji kemerdekaan Indonesia. Berkali-kali Amin menjadi buruan nomor satu kolonial Belanda.

Dr.Ichwan Azhari dalam smsnya kepada saya pagi tadi mengingatkan “SM Amin Nasution memimpin Sumut 3 kali dalam pertikaian politik dan bersenjata yang luar biasa sulitnya pada awal republik dikonstruksikan”.
Dalam situs sutanmuhammadamin.com dibeberkan data yang cukup detil tentang tokoh ini. Di antaranya dikemukakan sepakterjang yang melukiskan perjuangan beliau, misalnya:

Berbeda dengan tokoh pemerintahan masa kini, SM Amin adalah seorang yang menilai penting menebar pemikiran kepada masyarakat luas. Di antara buku karyanya ialah:

(dari berbagai sumber)

https://nbasis.wordpress.com/2012/11/27/anggota-dprd-sumatera-utara-yang-pertama/

Advertisements

2 Comments

  1. […] PERINTIS PEMERINTAHAN PROVINSI SUMATERA UTARA « 'nBASIS says: November 27, 2012 at 6:39 am […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: