'nBASIS

Home » ARTIKEL » BELAJAR DI CELAH LAIN

BELAJAR DI CELAH LAIN

AKSES

  • 551,228 KALI

ARSIP


kreasi mhs

Rombongan lelaki belia itu mengucap salam. Saya balas dan persilakan masuk. Semua 5 orang. Seseorang di antaranya memulai percakapan: “Mohon maaf, pak. Kami minta waktu. Tolong nilai produk kami. Ini ada 3 (tiga) helas T Shirt buatan kami. Silakan bapak isi formulir ini sesuai pendapat bapak”. Semula saya anggap merekalah jurnalis yang bertelefon minta bertemu satu jam sebelumnya.

Semula saya  ingin menolak permintaan mereka karena menyadari tak punya keahlian dalam seni grafis. Tetapi cepat saya sadari bahwa saya mereka datangi bukanlah karena menganggap saya punya kemampuan dalam bidang itu. Di hadapan mereka saya hanyalah seorang calon konsumen yang pendapatnya diperlukan. Mereka telah membagi responden yang mereka inginkan pendapatnya berdasarkan kategori-kategori tertentu. Jika saya menolak dengan alasan tak memahami design, maka saya akan sama dengan responden yang dilaporkan oleh tenaga survey ‘nBASIS beberapa waktu lalu. Katanya, responden itu menolak karena menganggap dirinya tak banyak tahu. Malah ditunjuknya seseorang pemuka di lingkungan mereka yang menurutnya itu lebih pantas menjadi responden.

“Ini karya mahal, hand made. Tidak akan ditemukan produk yang sama. Saya hanya melihat kerapihan saja. Saya yakin itu akan dapat diperbaiki dengan tak begitu sulit. Melukis pada media kanvas atau kertas mungkin sedikit berbeda dengan melukis di atas T Shirt. Banyak bercak halus cukup mengganggu, yang saya yakin akan cepat bisa diperbaiki pelukisnya saat mengerjakan karya berikutnya”.

Itu yang saya kemukakan sambil tergesa-gesa mengisi form yang mereka sodorkan. “Good luck. Siapa pelukisnya? Nanti jangan lupa daftarkan karya ini di lembaga terkait. Ini orisinal milik si pelukis”.

Saya senang telah bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa yang kreatif ini. Mereka sedang belajar jadi industriawan sekaligus pedagang besar.  Majulah. Majulah terus. Duduk di bangku perkuliahan kelas memanglah hanya satu cara. Ada celah lain yang banyak untuk menuju keberhasilan.

Aktivis yang berlatih bisnis

Leave a Reply

