'nBASIS

Home » ARTIKEL » MEMBUAT PERKIRAAN PELUANG KEMENANGAN PILGUBSU

MEMBUAT PERKIRAAN PELUANG KEMENANGAN PILGUBSU

AKSES

  • 512,716 KALI

ARSIP


TPS

Memprediksi kemenangan pasangan pada pemilukada SUmut 2013 dapat dilakukan dengan baik dengan menggunakan data-data primer yang harus ditemukan di lapangan ditambah dengan data sekunder yang mudah didapat dari berbagai sumber. Asumsi kuat yang harus digunakan ialah bahwa semua pasangan mempunyai nilai plus dan nilai minus. 

Asumsi. Umumnya diyakini keberimbangan 3 (tiga) faktor menjadi kemenangan dalam pemilihan langsung, yakni (1) Figuritas (2) Networking dan (3) Budget.  Tetapi dalam pemilihan  langsung juga besar pengaruh politik identitas, dan karenanya harus dihitung pengaruh etnisitas dan agama. Kepartaian, profesi dan tautan lainnya serta strata sosial juga berpengaruh kuat. Semua itu tak mungkin diabaikan.

Model Tabulasi. Berdasarkan hal-hal yang dikemukakan di atas, berikut ini dibuat model analisis yang berusaha memboboti peluang masing-masing pasangan berdasarkan berbagai variable. Alat bantu diperlukan berupa penyimbolan bobot itu dengan kuantifikasi (angka). Pembobotan itu tidak boleh sembarangan, hanya dibuat berdasarkan telaahan objektif atas fenomena dan tidak cuma dilihat dari permukaan belaka.

tabel 1

Apakah Anda merasa masih ada variable yang perlu dihitung dan belum masuk dalam design ini? Coba pikirkan secara cermat. Oh ya, mungkin Anda juga sangat perlu melihat pendekatan wilayah geografis, juga strata sosial dan tentu saja kepartaian.

tabel2

Hingga saat ini Sumatera Utara memiliki 33 Kabupaten/Kota. Tentu jarak sosial dan psikologis kelima pasangan akan berbeda satu sama lain di ke-33 Kabupaten/Kota itu. Selain itu bahasa dan pendekatan mereka pun akan direspon berbeda oleh masyarakat berdasarkan strata yang ada. Berapa jenis strata yang kita punyai saat ini? Mungkin pembagian berikut mendekati kebenaran fakta di lapangan:

1. Strata pertama (lapisan/kelas atas/penguasa/pengusaha).
2. Strata kedua (lapisan/kelas menengah perkotaan/intelektual/terpelajar).
3. Strata ketiga (lapisan/kelas menengah bawah/lembaga mediasi).
4. Strata keempat (lapisan/kelas bawah/akar rumput/petani gurem/buruh) miskin/pengangguran).

Meskipun saat ini Indonesia boleh disebut tidak memiliki data politik, melainkan cuma data klaim politik, maka catatan KPU tentang kekuatan partai tetap diperlukan juga. Partai mana mendukung pasangan yang mana dan dengan signifikansi seberapa, itu penting meski di tengah fakta variasi swing votter yang tinggi. Begitu kan?

Pendekatan kuantitatif. Baru-baru ini ada hasil survey yang diumumkan hanya beberapa hari pasca penutupan pendaftaran pasangan. Itu membuat kita semua tercengang. Survey kayak apa itu gerangan? Masih ada aksi pembodohan berbalut nilai akademis? Bukan cuma karena mereka tak bersedia memberitahu siapa yang menyewa mereka. Padahal hal itu, dan metode yang digunakan, adalah sesuatu yang wajib diketahui publik. Code of conduct survey normalnya mengatur tentang itu. Bagaimana kalau ditntang lembaga survey itu untuk membeberkan seluruh responden mereka by name dan by adress dan kapan mereka diwawancarai serta dengan cara bagaimana wawancaranya berlangsung? Kelimpunganlah lembaga itu kayaknya.

Model yang didesign ini tak mengandalkan analisis kuantitatif yang sesungguhnya adalah alat analisis yang tidak menukik kepada penjelasan utuh atas fakta. Diperlukan bukan cuma waktu, tetapi observasi dan interview mendalam (depth interview) serta analisis yang oleh Clifford Geertz selalu diistilahkan dengan thick desciption.

Coba sendiri. Jika Anda memhami, hal yang dimaksudkan dalam kerangka ini ialah bahwa sesungguhnya begitu sederhana memprediksi kemenangan pasangan Cagubsu 2013. Tetapi sekaligus ingin diingatkan akan begitu rumitnya. Sederhana ya sederhana. Rumit ya rumit. Itu tergantung…….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: