'nBASIS

Home » ARTIKEL » RAZIA PNS

RAZIA PNS

AKSES

  • 512,716 KALI

ARSIP


Scan20002

Memang secara kelembagaan masih banyak juga orang pada alam merdeka dan reformasi ini masih belum mengenal nilai-nilai demokrasi. Baginya gaya fasisme dianggap sebuah kebanggaan. Macam patroli militer saja. Duh, bangsaku.

Sepintas kelihatan sangat bagus pekerjaan yang dilakukan oleh Satpol PP ini. Tetapi mengapa Pegawai Negeri Sipil (PNS) berani keluar kantor saat jam kerja?  Jika Satpol PP merasa wajib melakukannya, maka indikasi peristiwa itu pun cukup signifikan. Jika tak pernah dianggap menjadi masalah karena jumlah PNS yang berkeliaran saat jam kerja sangat tak signifikan, maka mengapa razia harus dilakukan bukan?

Lalu, jika solusinya harus razia, berarti unit-unit kerja dan para pimpinannya serta sanksi berupa disiplin yang diberlakukan pada birokrasi pemerintahan sudah tak pernah berlaku.

Inilah sebuah pekerjaan sia-sia. Tetapi para anggota Satpol PP itu merasa senang melakukannya. Saya pernah menulis tentang Satpol PP, begini:

Inilah sebuah unit pemerintahan warisan kolonial Belanda yang, karena spesifikasi tugasnya, selalu mengalami ekpresikebimbangan antara sipil dan polisi/militer.Corps mentality yang dipupuk oleh kebimbangan tadi kerap menjadi masalah yang membuat masyarakat merasa tak nyaman. Tetapi, korps inilah yang mestinya diperbaiki, ketimbang harus mengutuk orang-orang yang mengabdi kepada negara melalui wadah yang seburuk apa pun di mata masyarakat.

Memang ada juga orang pada alam merdeka dan reformasi ini tak mengenal demokrasi. Baginya gaya fasisme dianggap sebuah kebanggaan. Macam patroli militer saja. Duh, bangsaku.

Satpol PP


1 Comment

  1. Surya says:

    apa solusi anda sendiri bang?

    ‘nBASIS:
    reward and punishment. jika di kantor PNS itu masih ada disiplin, itu saja sudah cukup. Jika tidak, Satpol PP nanti malah bisa menangkap PNS yang pergi untuk kepentingan kantornya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: