'nBASIS

Home » ARTIKEL » PENOMORAN PARTAI DAN KEHADIRAN PENDATANG BARU

PENOMORAN PARTAI DAN KEHADIRAN PENDATANG BARU

AKSES

  • 512,968 KALI

ARSIP


partai

Hari ini satu langkah dilalui, “penomoran partai-partai”. Hanya ada satu partai pendatang baru. Itulah Partai Nasional Demokrat (NASDEM) yang berbasis ormas dengan nama yang sama. Langsung mendapat nomor 1. Memang masih terlalu dini untuk melakukan prediksi. Namun tidak ada salahnya membuat beberapa catatan penting:

(1) Pendatang baru NASDEM mendapat nomor wahid. “Sempalan Golkar” ini tak hanya merekrut orang-orang dari Beringin, tetapi juga dari Matahari dan partai berbasis “nasional” lainnya.

(2) Sebagai satu-satunya partai Islam, apakah PPP dapat membuktikan sesuatu tentang pilihan ideologi resmi ini? Dengan “keluar dari Islam” apakah juga PKS akan membuktikan sesuatu?

(3) Dengan “perkawinan di luar struktur” apakah PAN dan PD bisa memberi sesuatu?

(4) Tanpa simbol besar Gus Dur dan pernak-perniknya bagaimana gerangan PKB menapaki jelan baru? Bukankah partai ini kurang lebih dianggap bisa besar jika tetap berkutat pada sejarah ketokohan tertentu sebagaimana halnya PDIP?

(5) “Padi menguning” akankah bisa panen di bawah bayang-bayang perubahan-perubahan iklim dan cuaca yang kerap tak bisa diprediksi? Ini akan sekaligus menentukan pencapresan Abu Rizal Bakri yang bak mendaki puncak Semeru itu.

(6) Apa lagi magic word bagi Gerindra dan Wiranto (sang pemimpin TNI) untuk memenangkan partai mereka? Apakah Mega sebagai orang tua dan capres berulangkali gagal memiliki sesuatu yang baru untuk meraih prestasi yang pernah diperoleh (1999) dan yang selama ini terbukti tak pernah dapat diulangi secara nasional maupun lokal?

(7) Siapa paling unggul jika dilihat dari (a) Ketangguhan ideologi (b) kejelasan kaderisasi (c) kejelasan rekrutmen kepengurusan dan caleg (d) akuntabilitas dana? Harapan apa gerangan yang dimiliki Indonesia pasca pemilu 2014? Bisakah kita (misalnya) berharap tak akan berurusan lagi dengan para koruptor yang terorbit dalam pentas kekuasaan?

(8) Beranikah pemenang pemilu 2014 mendakwa SBY untuk berbagai ketidak-beresan selama memimpin Indonesia dua periode?

Selain ke-10 partai tersebut di atas, ada juga 3 partai lokal khusus untuk Aceh masing-masing Partai Damai Aceh (PDA) yang mendapat nomor urut 11, Partai Nasional Aceh (PNA) mendapat nomor urut 12 dan nomor urut 13 Partai Aceh (PA).


1 Comment

  1. […] Penomoran Partai dan Pendatang Baru […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: