'nBASIS

Home » ARTIKEL » REKRUTMEN CALEG ALA GERINDRA

REKRUTMEN CALEG ALA GERINDRA

AKSES

  • 512,968 KALI

ARSIP


1000x1685xBaleksi_web_2.jpg.pagespeed.ic.fdbZ_JYrv6

Rivalitas untuk perebutan suara pada pemilu 2014 sudah semakin menghangat. Berbagai taktik untuk merebut dukungan baru pun dilakukan. Siapa paling dipercaya masyarakat akan terpulang pada apa yang dapat mereka baca dari platform partai dan kesesuaiannya dengan kinerja khususnya 4 tahun lebih terakhir

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) membuka pendaftaran calon legislatif untuk semua tingkatan mulai tanggal 15 Januari 2013 sampai 28 Februari 2013. Tawaran ini terbuka untuk siapa saja yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Undang-Undang No. 8 Tahun 2012 Tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah.

Selain itu harus memenuhi persyaratan khusus yang dibuat oleh  Partai Gerindra, yakni di antaranya bersedia menjadi anggota Partai Gerindra, patuh dan taat pada Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga, Manifesto Perjuangan dan peraturan-peraturan serta ketetapan Partai GERINDRA,  dan bersedia mengikuti Pendidikan dan Latihan Kader Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA).

Bakal calon dicalonkan hanya di 1 (satu) lembaga perwakilan dan dicalonkan hanya di 1 (satu) daerah pemilihan. Juga harus bersedia mengganti biaya formulir pendaftaran sebesar Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah).

Pada pemilu 2014 mendatang partai Gerindra yang mendapatkan nomor urut 6 (enam) ini secara kebetulan tanggal 6 Februari mendatang genap berusia 6 tahun. Artinya pada tahun 2014 mendatang Partai yang memiliki ikon Prabowo Subianto ini akan genap berusia 6 tahun. Apa keistimewaan pada usia 6 (enam) tahun? Itulah yang harus diisi oleh Gerindra pada pemilu 2014.

PAN dan NASDEM. Pada periode lalu Partai Amanat Nasional (PAN) menggagas pencalegan dini dengan memberi kesempatan kepada masyarakat luas menjadi calon anggota legislatif untuk semua tingkatan. Partai yang didirikan oleh lokomotif reformasi Amien Rais ini memprasyaratkan setiap peminat membawa bukti dukungan dari masyarakat. Artinya mereka tidak cuma melihat kapabilitas intelektual seseorang, tetapi siapa dia dilihat dari jejaring sosial yang dia punya. Setelah itu partai yang sangat dekat dengan Muhammadiyah ini juga menggagas suara terbanyak. Pada mulanya para kompetitor dan bahkan kalangan penyelenggara begitu sinis, namun pada akhirnya rumus itulah yang berlaku pada pemilu 2009 setelah dijudicial review oleh Mahkamah Konstitusi.

Beberapa bulan lalu partai yang menjadi satu-satunya pendatang baru pada pemilu 2014, Partai Nasional Demokrat (NASDEM), muncul dengan rencana baru dalam hal rekrutmen calon anggota legislatif. Mereka menjanjikan pembiayaan untuk setiap calon yang sudah ditetapkan (Untuk DPR-RI?) dan orang-orangnya sendiri adalah figur-figur yang dijaring secara akademis, antara lain dengan terlebih dahulu mengujinya melalui survey khusus. Ini pastilah sebuah ancaman sistemis bagi para kompetitor lain.

Konsistensi. Secara teoritis taktik ini tentu sangat manjur untuk mendapatkan dukungan pemilih mayoritas dan dengan  peluang mendapatkan legislator yang berkualitas. Tetapi kemungkinan akan terdapat hambatan-hambatan yang serius. Para pentolan partai tentulah sangat keberatan jika peluang dan bahkan hak-haknya tereliminasi oleh orang-orang baru yang betapapun mereka itu misalnya lebih baik. Di sini konflik terbuka tak bisa dinafikan antara Prabowo dan orang-orang dekatnya dengan orang-orang di daerah atau pada level berikutnya. Mengapa? Ya, karena peluang rekrutmen yang mengeliminasi kesempatan bagi orang-orang partai tersebut.

Karena itu model rekrutmen ini bisa tidak berjalan efektif.  Hal itulah yang tergambarkan secara umum dari beberapa orang yang tergabung dalam akun facebook resmi partai ini:

  • Wisnu Handito Pola pendaftaran langsung akan memotong mata rantai Prosedur yang rawan dengan Penyelewengan dan Permainan Struktural….dan Pola rekrutmen terbuka / Transparan serta Proritas pada Putra Daerah merupakan salah satu ciri membangun demokrasi yang sehat dan tepat……Pertanyaan : Bagaimana Prosedur Pelaporan Pelanggaran…???? Trims ” Salam Indonesia Raya”
  • Gerindra Sumba Barat Daya Pengurus DPP yth, pd tgl 11 Januari 2013 sy datang k kantor gerindra Sumba Barat Daya untuk mendapatkan informasi pendaftaran Caleg dn para pengurus mengatakan bahwa pendaftaran sudah tutup pada tanggal 10 Januari 2013 dan kami tidak mendapat informasi atau pemberitahuan atau pengumuman mengenai pendaftaran Caleg, apakah memang pendaftarannya secara tertutup? Mohon informasi, karena sy anggota gerindra dn siap menjadi caleg gerindra DPRD Sumba Barat Daya. Saya berusia 39 th, lulusan sarjana S-1 Teknik Industri, UNTAG’45 Surabaya, ketua Ikatan Keluarga Besar Sumba Surabaya priode 2000-2005, jabatan terakhir Account Manager di PT.Ometraco Arya Samanta Surabaya.

Prabowo Subianto. Prabowo Subianto adalah salah satu figur terpopuler dalam pencapresan saat ini. Meski mungkin hasil berbagai survey selalu bersifat fluktuatif, namun yang menjadi pesaingnya kebanyakan oadalah orang yang hingga kini masih belum terlihat akan didukung oleh partai mana. Pada perhelatan sebelumnya Prabowo mengalami kegagalan dua tahap. Pertama ketika partainya tidak cukup syarat untuk mengajukan sepasang calon presiden dan wakilnya. Dalam kondisi seperti itu, Prabowo juga tidak berhasil memperoleh dukungan berbagai partai kecil untuk mencukupi syarat pencalonannya. Akhirnya ia hanya menjadi calon wakil mendampingi Megawati Soekarnoputri. Di sinilah terjadi kegagalan kedua, keklahannya kepada pasangan SBY-Budiono.

Menakar potensi untuk 2014, cukup banyak orang yang optimis. Tetapi yang pesimis juga banyak. Tetapi mungkin inilah kesempatan terakhir buat Prabowo Subianto, meski usia lebih muda sedikit dari orang-orang yang mungkin menjadi rivalnya nanti (Megawati) atau lebih tua dari para pendatang baru. Mari kita tunggu. Awalnya akan terlihat dari proses rekrutmen calon legislatif ini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: