'nBASIS

Home » ARTIKEL » GATOT PUJO NUGROHO GAGAL DILANTIK

GATOT PUJO NUGROHO GAGAL DILANTIK

AKSES

  • 564,825 KALI

ARSIP


foto medbis

foto medbis

Dilantik dalam masa cuti kampanye atau tidak ya? Dilantik di Medan atau di Jakarta ya? Setelah ditunda (dibatalkan) lalu tanggal berapa jadinya pelantikan ini? Bagaimana menangkis alasan netralitas sebagian orang yang meminta pelantikan malah diundur sampai pilgub benar-benar selesai. Itu artinya setelah diperoleh kepastian pemenang di antara kelima pasangan barulah dilantik. Jika nanti akan terjadi putaran kedua, maka setelah usai semuanya baru dilantik?

Di seputar gagalnya pelantikan Wakil Gubernur Sumatera Utara selaku Plt Gatot Pujo Nugroho menjadi Gubernur definitf menghabiskan sisa masa jabatan 2008-2013 menggantikan Syamsul Arifin yang menjadi terpidana, banyaklah cerita yang beredar. Sebetulnya banyak kejanggalan juga rencana pelantikan ini. Apa pun kata orang, sukarlah saya jawab:

(1) Mengapa harus dilantik pada masa kampanye dan itu artinya Gatot Pujo Nigroho sedang dalam masa cuti (28 Februari 2013).

(2) Boleh jadi dicabut dulu masa cutinya satu hari atas persetujuan Mendagri dan diberikan lagi besoknya juga oleh Mendagri. Tetapi apalah maknanya terhadap efektivitas pemerintahan?

(3) Sekiranya pelantikan ini diadakan, bukankah akan menjadi kampanye peningkatan popularitas dan elektibilitas bagi dirinya sebagai calon gubernur dengan biaya APBD? Tidakkah harus dijaga juga etika?

(4) Apa kata rakyat di Sumut jika sedari awal rencana pelantikan ini di Jakarta? Artinya perencanaan ini sedari awal sudah merasa ada yang janggal, tetapi karena dengan menghitung berbagai faktor dianggap lebih baik dilantik di Jakarta. Memang dulu Rudolf Matzuoka Pardede juga dilantik di Jakarta. Tetapi itu kan karena pro kontra tentang permasalahan hukum yang menimpanya? Maukah Gatot Pujo Nugroho dianggap memiliki masalah pula hingga akan dilantik di Jakarta?

(5) Jika pun dalam beberapa hari ini akan dilakukan pembicaraan ulang tentang pelaantikan, akankah pelaksanaannya juga di Jakarta? Jika di Medan, apa bedanya dengan rencana yang dibatalkan itu?

Memang banyaklah cerita tentang ini. Surat Ketua DPRD Sumatera Utara yang meminta pembatalan beberap jam sebelum pelaksanaan pelantikan di Jakarta, mengimpan banyak pertanyaan lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: