'nBASIS

Home » ARTIKEL » TIPU-TIPU

TIPU-TIPU

AKSES

  • 568,914 KALI

ARSIP


FBI

Hatihati penipuan lewat internet dengan berbagai modus. Tulisan ini saya buat setelah mendapat percobaan serupa untuk ketiga kalinya. Pada posting sebelumnya saya sudah menyebutnya dengan istilah yang populer, yakni penipuan Nigeri Letter

HATI-HATI. Sebuah lembaga yang amat disegani dunia seperti FBI bisa “dicatut” untuk menipu Anda. Begini ceritanya:
Pagi ini saya menerima surat yang oleh Yahoo diklasifikasikan sebagai spam. Memang, berdasarkan pengalaman pribadi, tidak semua surat yang diklasifikasikan sebagai spam itu sampah. Beberapa saya temukan malah informasi penting.

Kata surat yang berlogo resmi FBI dan ditandatangani oleh  Robert Mueler yang diterakan sebagai Public Affairs Director FBI itu, saya dinyatakan telah beroleh keberuntungan sebagai pemenang undian lotere sebesar $ 800.000. Besar sekali uang saya. Ha ha.

Disebutkan lagi bahwa uang itu kini didepositokan atas nama saya di Bank of America. Tidak ada yang memiliki akses untuk uang itu selain saya.

Robert Mueler dalam surat bersegel resmi FBI itu meminta saya membalas suratnya dengan memberinya data lengkap pribadi meliputi:

FULL NAME:
ADDRESS:
CITY:
STATE:
ZIP CODE:
DIRECT CONTACT NUMBER:

Pada bagian bawah suratnya dicantumkan pula informasi “In order to ensure rapid response for the Fund won, contact AGENT JAMES FREEMAN as soon as possible providing the required information needed from you above”.

Ingin Dapatkan $ 120. Ada dua syarat yang dia minta untuk saya penuhi untuk mengklaim atau mencairkan uang saya sebesar $800.000 di Bank of America itu, yakni:

  • Deposit Fee’s (Fee’s paid by the company for the deposit into an American Bank which is – Bank of America)
  • Cashier’s Check Conversion Fee (Fee for converting the Wire Transfer payment into a Certified Cashier’s Check)

Untuk kedua keperluan itu saya harus membayar sebesar $120. Kemudian dia sebutkan lagi konsekuensi yang akan terjadi jika saya tidak memberi respon. Pertama, saya akan kehilangan $800.000 milik saya. FBI juga akan dikenakan biaya penalty sebesar $3.000 karena ketiadaan respon itu. Bayangkan betapa hebatnya dia berusaha mengelabui.

Sebetulnya, dia hanya ingin mendapatkan $120 dari saya. Jika ia berhasil saya akan mengirimkannya kepada agen yang bernama James Freeman. Biayasanya, setelah direspon dengan balasan email, ia akan berusaha memberi informasi lebih detil dan bahkan nomor telefon yang dapat dihubungi. Jika dicoba menghubungi, pastilah ada jawaban yang menggembirakan.

Anehnya, pengiriman uang $120 itu telah diaturnya sedemikian rupa ke James Freeman di Lagos, Nigeria. Berarti ini adalah salah satu modeus (lagi) dari modus penipuan yang selama ini disebut Nigeri Letter yang terkenal itu.

Ada-ada saja. Tetapi Anda tidak akan pernah menjadi korban jika hati-hati. Kemudian, jangan pernah berharap memperoleh sesuatu yang bukan hak Anda atau yang memang tidak pantas Anda dan tidak pantas Anda dapatkan. Kondisi berharap (Minang: aso ka ba’a) seperti ini biasanya potensi yang cukup subur untuk menjadi korban penipuan.

Leave a Reply

