'nBASIS

Home » ARTIKEL » MEMPERSIAPKAN MASA DEPAN MELALUI BACAAN

MEMPERSIAPKAN MASA DEPAN MELALUI BACAAN

AKSES

  • 512,201 KALI

ARSIP


yrc_feature Seberapa besar minat orang muda membaca? Itu tentu penting diketahui, agar jika ingin memenangkan “pertarungan” masa depan keberwawasan yang penting sebagai salah satu prasyarat itu memadai.

Young Readers Center, salah satu divisi dari Library of Congres adalah salah satu bentuk upaya sadar untuk mempersiapkan generasi muda. Memang sejak dini mereka wajib dibiasakan, agar membaca menjadi bagian penting dari kehidupannya sehari-hari. Di Indonesia misalnya, selain penggalakan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) banyak sekali program swadaya masyarakat maupun pemerintah yang mendorong pengembangan akseleratif anak usia dini. Tetapi, punyakah kita institusi besar yang tersedia dan terakses di semua kota (kecil dan besar), dan termasuk ke pelosok pedesaan, yang melayani pengembangan generasi muda belia ini?

Young Readers Center beralamat di Thomas Jefferson Building, Room LJ G29 (ground floor), 10 First St. S.E. Washington, DC 20540. Pelayananya dimulai Senin hingga Jum’at, antara pukul  09.00 hingga pukul 16.00, kecuali hari libur. Institusi ini yakin bahwa orang-orang muda perlu didorong untuk mengeksplorasi informasi yang tersedia di perpustakaan. Tentu akan masih ada anak yang bekum pandai membaca secara fasih, atau ia malas. Untuk kasus seperti ini orang dewasa diharapkan bersedia dengan persuasif membacakannya kepada anak-anak mereka. Buku-buku di sini boleh juga dipinjam.

Di negara berkembang seperti Indonesia tentulah hal serupa ini masih belum terbayangkan. Pemerintah masih belum berpikir ke arah itu. Jika pun sudah terpikir, orang tua sendiri masih belum siap. Program seperti ini tentulah sangat memerlukan pendamapingan. Buat anak yang lahir di tengah keluarga berkecukupan, mulailah program seperti ini. Menunggu negara menyelesaikan kekacauan filsafat dan kerancuan kebijakannya sebagaimana tercermin dari pemerioritasan UN (Ujian Nasional) di tengah kesenjangan luar biasa.


1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: