'nBASIS

Home » ARTIKEL » JURUS KALAP PKS

JURUS KALAP PKS

AKSES

  • 512,316 KALI

ARSIP


201105300344100016

Fachry Hamzah

Pertama, simaklah terlebih dahulu video ini.    Video ini ini dibuat dan dipublikasi untuk menjelaskan protes PKS atas proses penyitaan sejumlah mobil yang diduga milik mantan Presiden PKS yang kini ditahan oleh KPK atas tuduhan suap impor daging sapi (Luthfi Hasan Ishaaq).Anehnya protes atas hal remeh temeh ini justru menunjukkan PKS kalap menghadapi prahara yang belum berkesudahan menimpa mereka.

Fachry Hamzah mengawali pembicaraan dalam video ini. Dia adalah orang yang selama ini banyak kritik terhadap KPK antara lain tentang kemestian KPK fokus pada pencegahan, bukan penindakan. Dengan begitu arenanya akan lebih terfokus pada perbaikan kinerja kelembagaan penegak hukum yang ada, bukan pada aksi-aksi penangkapan yang dianggap tidak menyumbang atas perbaikan untuk penurunan perilaku korupsi di Indonesia seperti selama ini. Dalam video ini Fachry Hamzah mengaku masih mempunyai bukit-bukti lain yang dipersiapkan untuk keperluan hukum.

Dari sajian video ini kelihatan KPK begitu arogan. Tetapi penjelasan Bambang Wijayanto berbeda. Kata Bambang Wijayanto begini:

“Kejadian bermula pada Selasa (6/5) penyidik memanggil saksi Ahmad Zaky. Penyidik menduga Zaky “mengamankan” mobil-mobil Luthfi Hasan Ishaaq yang ditengarai terkait pencucian uang dengan mengalihkannya dari satu tempat ke tempat lainnya.

Mantan ajudan Luthfi Hasan Ishaaq itu dipanggil penyidik sebagai saksi pukul 09.00, namun baru datang ke kantor KPK setelah jam makan siang. Lalu pada malam harinya, sekitar pukul 20.30, Zaky diajak penyidik menunjukkan keberadaan mobil-mobil tersebut hingga sampailah di kantor DPP PKS.

Sampai di kantor DPP PKS, penyidik meminta Zaky menunjukkan dimana mobil yang akan disita berada. Zaky menunjukkan beberapa mobil yakni VW Caravelle, Mazda CX9, Fortuner B544, Mitsubishi Pajero Sport, dan Nissan Navara. Mobil tersebut ada yang milik Luthfi Hasan, ada juga yang milik Ahmad Fathanah.

Saat akan menyita, masih kata Bambang, tim penyidik menunjukkan surat pemberitahuan dan surat penyitaan kepada satpam di dua pos yang berjaga-jaga di kantor DPP PKS. Satu pos depan, satu pos belakang. Memang surat-surat itu tidak diberikan, hanya ditunjukkan, kepada satpam karena sesuai prosedur yang mereka terima adalah berita acara pemeriksaan, bukan surat pemberitahuan atau surat penyitaan. Setelah itu kepada Zaky ditanyakan dimana kuncinya. Setelah tidak dapat diminta, (ditanyakanlah) siapa orang yang dituakan.

Zaky pun berpisah dengan penyidik untuk memanggil orang yang dituakan. Tapi, dia tidak kembali lagi. Ada info Zaky tidur di lantai 5 gedung karena kelelahan. Tapi info lain menyebut Zaky melarikan diri karena ada seorang yang mirip dia melompat pagar dengan menggunakan jaket coklat. Penyidik kemudian meminta satpam menandatangani berita acara penyitaan tapi mereka menolaknya. Lalu dibuatlah berita acara penolakan. KPK tahu mobil-mobil LHI dari info Ahmad Zaky.

Kata Kunci. Kata kunci di sini ialah Zaky, yang menurut sumber dalam video ini adalah seorang staf dalam struktur PKS. Dari Zaky inilah KPK tahu mobil mantan Presiden PKS itu, dan bersama dialah tim KPK datang ke lokasi penyitaan (kantor DPP PKS berlantai 6 di Jalan TB Simatupang, Jakarta). Zaky memang baru saja diperiksa oleh KPK.

Lihatlah, awalnya kesalahan (jika ini kesalahan) hanya ada pada tingkat Satpam, katakanlah begitu. Tetapi dengan “perlawanan” seperti ini, masalahnya menjadi lain. Tak kurang dari seorang Fachry Hamzah begitu bersemangat dalam posisi menyalahkan KPK dan video ini adalah bagian dari perlawanan resmi terhadap KPK meski ada ucapan bahwa jika KPK memenuhi prosedur akan dilayani dan dibantu. Padahal dari video ini malah ketahuan lagi bahwa pihak-pihak lain dari petinggi PKS (Hilmi dan Anis Matta, Presiden baru PKS pasca tertangkapnya Presiden lama) sudah akan diperiksa juga oleh KPK.

Memang betul, upaya seperti ini bisa meningkatkan kadar esprit de corps kader tingkat bawah. Tetapi pada saatnya mereka pasti akan tiba juga pada tingkat kesadaran bahwa politik sejati itu tidak menghalalkan segala cara. Sedangkan upaya-upaya seperti ini malah akan meningkatkan antipati rakyat. Apa yang sangat penting bagi PKS saat ini hanyalah bertaubat, dan itu prioritas.

Adil. Fachry Hamzah dalam wawancara Sabtu malam dengan beberapa nara sumber lain untuk TVOne antara lain melukiskan ketidak-wajaran proses hukum yang dilakukan oleh KPK kepada PKS. Dia bahkan menganggap ada festivalisasi (untuk memaksudkan upaya blow up besar-besaran) yang tentu akan sangat berpengaruh terhadap image PKS. Memang jika dibandingkan dengan kuantitas dan kualitas korupsi yang terungkap sebelumnya (katakanlah kasus Bank Century dan kasus-kasus di sekitar Partai Demokrat), perlakuan terhadap PKS kali ini terkesan sesuai dengan tuduhan Fachry Hamzah, politisasi.

Bagaimana nasib pemberantasan korupsi ke depan, adalah sebuah pertanyaan serius. Tak sesederhana maksud sekedar merontokkan elektibilitas sebuah partai dalam rivalitas pemilu 2014 tentunya.


3 Comments

  1. […] Jurus Kalap PKS […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: