'nBASIS

Home » ARTIKEL » REVOLUSI? AH YANG BENER

REVOLUSI? AH YANG BENER

AKSES

  • 538,914 KALI

ARSIP


revolusi

BERULANGKALI, khususnya dalam menghadapi penetapan kebijakan pemerintah yang dianggap tidak populer, suara-suara dan demontrasi yang menyerukan revolusi selalu ditemukan. Ya, di sosial media, ya dalam banyak teriakan di lapangan (demo).

Tetapi, seberapa hebat pun penderitaan yang dirasakan oleh rakyat, itu tak serta merta menjadi potensi besar revolusi. Mengapa? Diperlukan upaya politisasi sehingga mobilisasi muncul untuk merubah penderitaan menjadi gerakan.

Lalu siapa yang akan “mengipas” atau katakanlah dengan istilah populer “ngompori”? Tentu sebuah kekuatan politik berkarakteristik partisan oposisi yang terpercaya. Kalau itu tidak ada? Ya, jangan mimpi ada revolusi. Lagi pula revolusi itu untuk apa ya?

Ha ha ha.

REVOLUSI ?  Oh, itu tak cukup syarat untuk terjadi jika hanya mengandalkan penderitaan yang dirasakan oleh mayoritas rakyat. Harus ada politisasi penderitaan itu agar bisa berubah menjadi gerakan (revolusi). Siapa pelaku politisasi itu? Mestinya ada oposisi yang kuat. Partisan mana yang bisa dianggap oposisi yang kuat sekarang ini? Karena itu tidak ada mimpi tentang revolusi. Sabarlah. Sabar. Sabar ya.

OPOSISI

Shohibul Anshor Siregar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: