'nBASIS

Home » ARTIKEL » RAPAT PARIPURNA DAN KORUPSI

RAPAT PARIPURNA DAN KORUPSI

AKSES

  • 512,606 KALI

ARSIP


Dua orang jurnalis dari media yanag berbeda menelefon saya tadi sore, menjelang berbuka puasa. Pertama meminta pendapat saya tentang gagalnya berturut turut dua rapat paripurna DPRDSU. Kedua soal dugaan korupsi APBD Langkat (biaya perjalanan dinas) sebesar 20 milyar lebih. Mengapa para terduga pelaku tak ditahan Kejaksaan?

Jawaban saya untuk pertanyaan pertama: itu bisa terjadi pasti karena eksekutif merasa tak mengapa jika tak hadir dalam paripurna karen agenda itu bagi mereka kurang penting dan bisa dihadiri oleh sekda dan beberapa skpd saja. Padahal, rapat paripurna pertama adalah pertanggungjawaban APBD 2012 yang oleh BPK dinyatakan berpotensi merugikan negara 4 ratusan miliar lebih dan karena dengan besar itu sudah cukup menempatkan Sumut menjadi provinsi terkorup di Indonesia.

Rapat paripurna kedua yang gagal adalah mengenai RT/RW. Waduh. sejak lama ini menjadi kendala bagi pembangunan. Ini tidak sesederhana penentuan perbatasan dua kabupaten yang baru dimekarkan. Tapi nyatanya Wagubsu pergi ke daerah membawa sejumlah SKPD untuk safari ramadhan.

Padahal karena Gubernur sedang di luar negeri, mestinya Wagub ini harus hadir. Apa mungkin ia ingin membalaskan kekurang enakan perasaannya saat dianggap tak mewakili saat pembatalan paripurna pertama mengingat pertanggungjawaban keuangan 2012 (APBD Sumut) tidak relevan bagi dirinya pribadi karena saat itu masih menjabat sebagai Bupati?

Pertanyaan kedua ialah soal Kabupaten Langkat. Langkat konon raja korupsi setidaknya jika dikaitkan dengan kasus yg membawa mantan Bupati di sana ke peradilan dan dihukum kurungan, belum bebas hingga kini. Tetapi jika ditanya mengapa kejaksaan tak menahan orang yang diduga melakukan korupsi, saya nilai karena jaksanya memiliki pertimbangan tertentu. Entah apalah itu.

Tapi sebetulnya kan Kejaksaan perlu memacu prestasi dan peneguhan integritas agar KPK bisa dibubarkan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: