'nBASIS

Home » ARTIKEL » MANTAN PERDANA MENTERI DIHUKUM 4 TAHUN PENJARA

MANTAN PERDANA MENTERI DIHUKUM 4 TAHUN PENJARA

AKSES

  • 538,596 KALI

ARSIP


berlusconi

Silvio Berlusconi. Tahukah Anda siapa dia? Dialah mantan Perdana Menteri Italia yang kini berusia 76 tahun. Pengadilan di negaranya memvonis bersalah dalam hal penggelapan pajak.

Bayangkan, seorang mantan petinggi sebuah negara diadili dan dinyatakan bersalah oleh sebuah peradilan.Ia dihukum 4 tahun penjara, meski ia masih minta bandingAyo, bagus-baguslah bapak. Sebelum berakhir masih sempat memperbaiki kinerja, agar tak bernasib serupa dengan Berlusconi.

Kabar ini sebetulnya sudah diumumkan pada 1 Juli 2013 yang lalu. Sejumlah pengamat mengatakan bahwa nanti putusan pengadilan ini bisa mengganggu pemerintahan koalisi dan dapat memicu konflik horisontal. Tanda-tandanya sudah terlihat. Akibat putusan ini misalnya, Senat Italia dikabarkan harus melakukan voting untuk mengangkat kekebalan hukum Berlusconi sebelum ia dikenai hukuman itu. Tujuannya tak lain, agar Berlusconi bisa melakukan aktivitas politik. Para pendukung Berlusconi berkerumun di sekitar kediaman mewah mantan Perdana Menteri ini di bagian lain kota Roma dengan meneriakkan yel-yel: “Silvio, Silvio!”. Anti Berlusconi juga melakukan unjuk rasa.

Pengacara Berlusconi mengecam putusan ini, dan pihaknya akan mengadu ke Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa. Apa kata Perdana Menteri Italia Enrico Letta? “Ya, tentu saya menghormati putusan ini”.

Pengadilan terhadap mantan petinggi Negara selalu sulit dilakukan. Di Indonesia misalnya, salah satu tuntutan mahasiswa pada tahun 1998 adalah adili Soeharto. Jika tak salah hingga pergantian keenam Jaksa Agung, kasus ini hanya mampu menunjukkan penyimpangan sejumlah yayasan yang dikelola atasnama Soeharto dan kekuasaannya. Memang, orang kerap mengajukan pepatah Jawa “mikul dhuwur mendem jero”. Sesuatu yang sangat kerap menistakan perasaan keadilan dan perbaikan tatanan sosial

 

Dari berbagai sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: