'nBASIS

Home » ARTIKEL » BELANDA, HONGKONG DAN INDONESIA

BELANDA, HONGKONG DAN INDONESIA

AKSES

  • 538,550 KALI

ARSIP


tender

KETIKA saya upload foto di atas sebagai cover pada akun facebook saya kemarin siang, saya hanya merasa kegalauan saya cukup terwakili oleh ekspresi itu. Tetapi seseorang mengajukan pikirannya demikian:

Atau naturalisasi presiden RI 2014 siap mati anti korupsi. kenapa klub sepakbola tawuran kampung itu, boleh nasionalisasi pemain asing? Kenapa tidak rasional? ICAC Hongkong sukses melakukannya.

Bagaimana menurut Anda? Rumit juga, bukan? Saya menawarkan (melalui gambar itu) untuk menenderkan kepemimpinan (pemerintahan) Indonesia. Tentulah itu berlebihan juga, bukan? Gagasan yang merespon langsung menunjuk pola Hoingkong. Ha ha.

Tetapi,  saya kira Hongkong kita tahu memiliki sejarah yang berbeda. Memakai bahasa Belanda saja kita tidak mau, padahal hukum kita residu hukum Belanda. Ahli hukum di Indonesia, kecuali org seperti Sahetapy, hanya tahu istilah hukum Belanda, itu pun bersalahan ketika menulis seperti inkracht, misalnya.

Nah, semangat keindonesiaan yang khas saya kira sudah merasuk dalam hal-hal negatif belaka. Periksa perkebunan yang sangat sukses dibuat Belanda. Seorang analis ekonomi menyebut mampu membuat jalan dengan permukaan emas sepanjang lintas Sumatera dengan hasil kebun jika dikelola dengan baik. Panjat pinang konon dibuat oleh Belanda sebagai tontotan ketika mereka sudah lelah bekerja. Kini malah digunakan untuk merayakan hari kemerdekaan.

Seorang teman dari Surabaya kemaren bilang kepada saya bahwa bantal guling yang kita kenal sekarang adalah istilah khas Belanda untuk hasrat bilogisnya sebagai pendatang yang tidak bawa isteri ke sini (dutch’s wife).

Satu lagi, konon hanya ada dua negara di dunia yang membudayakan tidur siang, salah satu di antaranya Indonesia. Belanda mengajarkannya, meski ia sendiri tidak membiasakan tidur siang.

Shohibul Anshor Siregar

Leave a Reply

