'nBASIS

Home » ARTIKEL » KORUPSI PENDIDIKAN

KORUPSI PENDIDIKAN

AKSES

  • 545,203 KALI

ARSIP


KATANYA, dana pendidikan masih menjadi sasaran empuk koruptor. Ada korupsi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), beasiswa, pengadaan buku. Ada pula korupsi pengadaan sarana dan prasarana.

Ini kata Indonesia Corruption Watch (ICW) setelah melakukan kajian terhadap Satu Dasawarsa Pemberantasan Korupsi Pendidikan (2003-2013). Periode ini terhitung dari pemberlakuan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) pada 2003.

Berdasarkan hasil pantauan ICW terungkap, terdapat 296 kasus korupsi pendidikan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Indikasi kerugian atas kasus tersebut mencapai Rp 619 miliar dengan tersangka 479 orang.

Menurut ICW Dinas Pendidikan menjadi salah satu sarang utama. Tetapi Perguruan Tinggi juga tidak sepi korupsi. Lewat 30 praktik korupsi, perguruan tinggi menyelewengkan uang negara Rp217,1 miliar. Sekolah juga melakukan setidaknya 82 kali korupsi dengan kerugian Rp10,9 miliar. Itu keterangan tertulis ICW.

Gaji Rp 50.000-100.000 Setiap bulan. Itulah yang mereka alami bertahun-tahun. Maka kemarin guru-guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di Subang, Jabar, itu demo. Konon uang itu hanyalah solidaritas orangtua murid, bukan dari sumber APBD. Rupanya mereka bisa juga mengancam:

“Tutup semua pintu keluar gedung DPRD, jangan biarkan pak Bupati keluar, sebelum menandatangani kesepakatan yang telah kita buat,” kata Ketua PD. Himpaudi Subang, Ade Mulyana dalam orasinya, Rabu (4/9/2013).

Guru-guru ini mendesak pemerintah agar memperhatikan nasib mereka. Terkaitkah ini dengan korupsi? Belum tentu. Tetapi jika pendidikan dilecehkan begini, itu berarti memastikan perbudakan sebuah bangsa di antara pergaulan bangsa-bangsa pada masa depan. Pertanyaannya adalah perubahan filosofis yang belum menggembirakan dari perubahan besar dalam alokasi anggaran (20 % dari total APBN dan APBD).

Shohibul Anshor Siregar

source

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: