'nBASIS

Home » ARTIKEL » PEDAGANG KECIL

PEDAGANG KECIL

AKSES

  • 538,714 KALI

ARSIP


https://www.facebook.com/photo.php?v=10200351613774913&set=vb.1291886302&type=2&theater

Hidup adalah perjuangan. Tanpa perjuangan hidup tak akan dapat ditegakkan. Anda tentulah bisa memberi filosofi dengan pendekatan lain untuk melukiskan hakekat yang sama: kemuliaan perjuangan untuk hidup.

Ha ha. Namanya bisa apam balik. Bisa martabak. Bisa terang bulan. Anda bisa mengecek di kota Anda, apa namanya di sana. Setiap nama tentu bersejarah.

Ada 4 pilihan (pulut, coklat, jagung, atau campur) yang tersedia.”Kami menghabiskan 10 kg tepung untuk hari favorit”. Apa kriteria hari favorit? “Jika cuaca agak mendung”, katanya. Jika hujan lebat? Oh itu malah minus, karena ketua-ketua partai saja, apalagi rakyat biasa, tak punya sampan untuk datang ke sini. Mengapa itu disebutkan? Karena wilayah tempat berjualan di depan emperan toko ini adalah wilayah banjir yang termasuk parah di Medan (Jalan Denai).

Sejak sore hari bahan (tepung roti) sudah mulai diaduk hingga rata. Ditunggu sampai ia mengembang. Ada keluhan di sini. Terkadang segera ketahuan bahan tepungnya dipanen muda, hingga lama dan bahkan sulit berkembang saat diaduk. Itu nasib sial, karena nanti akan mempengaruhi kepada jumlah penjualan. Makin muda bahannya, makin sedikit jumlah mata dagangan yang bisa diproduksi.

Betapa menggembirakan menyaksikan keuletan dan kecekatan diandalkan dalam hidup. Mungkin saja hasil secara material tak seberapa dilihat dari kacamata moneterisme negara. Tetapi itulah jalan hidup yang dipilih oleh pedagang kecil yang mulia ini. Biasanya, permodalan adalah masalah klasik di sektor ini. Pemerintah yang berfilosofi growth tidak bersedia menolongnya. Lembaga keuangan bank maupun non bank acuh tak acuh. Mereka sesungguhnya adalah para pahlawan di sektor ini. Katup pengaman, kata orang. Easy of entry and less of skill. Ha ha

Shohibul Anshor Siregar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: