'nBASIS

Home » ARTIKEL » MAHKAMAH KONSTITUSI

MAHKAMAH KONSTITUSI

AKSES

  • 538,914 KALI

ARSIP


hakim
UNTUK pertamakalinya dipimpin oleh Zimly Ashshiddiqi. Lalu oleh Mahfud MD. Tetapi pagi ini media memberitakan penangkapan Ketua MK ketiga, Akil Mochtar, untuk dugaan kasus suap. Anda tahu Mahkamah Konstitusi itu apa? Ini sedikit penjelasan yang dikutip dari sumber resmi.

VISI:Tegaknya konstitusi dalam rangka mewujudkan cita negara hukum dan demokrasi demi kehidupan kebangsaan dan kenegaraan yang bermartabat.

MISI: (1) Mewujudkan Mahkamah Konstitusi sebagai salah satu pelaku kekuasaan kehakiman yang modern dan terpercaya. (2) Membangun konstitusionalitas Indonesia dan budaya sadar berkonstitusi.

KEDUDUKAN: Mahkamah Konstitusi merupakan salah satu lembaga negara yang melakukan kekuasaan kehakiman yang merdeka untuk menyelenggarakan pengadilan guna menegakkan hukum dan keadilan.

KEWENANGAN: Mahkamah Konstitusi RI mempunyai 4 (empat) kewenangan dan 1 (satu) kewajiban sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Mahkamah Konstitusi berwenang mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat final untuk:

(1). Menguji undang-undang terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
(2). Memutus Sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
(3). Memutus pembubaran partai politik, dan;
(4). Memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum.

KEWAJIBAN: Mahkamah Konstitusi wajib memberikan putusan atas pendapat DPR bahwa Presiden dan/atau Wakil Presiden diduga:
(1) Telah melakukan pelanggaran hukum berupa (a) penghianatan terhadap negara; (b) korupsi; (c) penyuapan; (d) tindak pidana lainnya;
(2). atau perbuatan tercela, dan/atau;
(3) tidak lagi memenuhi syarat sebagai Presiden dan/atau Wakil Presiden sebagaimana dimaksud dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

SUMPAH HAKIM KONSTITUSI:”Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban hakim konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa.”

JANJI HAKIM KONSTITUSI:”Saya berjanji bahwa saya dengan sungguh-sungguh akan memenuhi kewajiban hakim konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa.”

Pengucapan sumpah atau janji tersebut dilakukan di hadapan Presiden.

SUMPAH KETUA/WAKIL KETUA MAHKAMAH KONSTITUSI: “Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Ketua/Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa.”

JANJI KETUA/WAKIL KETUA MAHKAMAH KONSTITUSI:”Saya berjanji bahwa saya dengan sungguh-sungguh akan memenuhi kewajiban Ketua/Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa.”

Ketua KPK sudah pernah divonis, Presiden Partai juga, kini Ketua MK. Dalam sistem dan kelembagaan hukum Indonesia, MK itu sangat penting. Dalam proses demokrasi, tak terhingga kerusakannya jika ia tak baik. Bisa seperti algojo demokrasi. Waduh Indonesia.

Eksistensi Pemerintahan. Ini pertanyaan serius. Jika nanti dalam persidangan Akil Mochtar dirunut sampai ke awal-awal hingga terbuktikan berapa triliun uang yang telah dikumpulkannya sebagai sogok dari sengketa Pemilu termasuk pemilukada, lalu bagaimana eksistensi pemerintahan yang dikukuhkan setelah kemenangan dalam peradilan MK? Memang negara ini benar-benar dipimpin oleh para Raja yang Marsahala Hatoban.

Sengketa Pemilu 2009

data4Sengketa Kewenangan Lembaga Yang disidangkan MKdata3Sengketa Pemilukadadata2Pengujian Undang-undangdata1

Khusus dalam perkara sengketa hasil pemilukada, tentu banyak pihak yang harus terlibat dari daerah jika penelusurannya benar-benar jitu dan ada niat baik memperbaiki negeri ini.

Tentulah harus dengan asumsi bahwa tidak semua keputusan dipengaruhi oleh sogok. Tetapi momentum ini sangat tepat untuk menguji lembaga penguji yang selama ini dianggap sebagai benteng terakhir.

Shohibul Anshor Siregar

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: