'nBASIS

Home » ARTIKEL » SEKDAPROVSU PENGGANTI NURDIN LUBIS

SEKDAPROVSU PENGGANTI NURDIN LUBIS

AKSES

  • 512,716 KALI

ARSIP


sumut

Setelah kemaren menanyakan pendapat saya tentang kemungkinan perpanjangan masa jabatan Nurdin Lubis sebagai Sekdaprovsu, beberapa menit lalu seorang jurnalis lokal mengajukan pertanyaan baru tentang peluang 3 orang pejabat teras di Sumut untuk menjadi Sekdaprosu.

Ini Jawaban saya:

(1) Apa pun mau mereka dan siapa pun mereka, kalau Gatot Pujo Nugroho tak suka, silakan berharap dan ambisi saja. Sekarang silakan mengukur diri dan mengukur kedekatan dengan Gatot Pujo Nugroho. Faktor kedekatan ini sangat menentukan, apa pun dalih yang dikemukakan kepada publik.

(2) Masyarakat Sumut secara orang perorang maupun secara kelembagaan boleh memberi masukan, tetapi harus sadar sesadar-sadarnya bahwa Gatot Pujo Nugroho yang paling menentukan itu.

(3) Belum tentu juga ketiga nama ini yang nanti akan diusulkan. Ini kan cuma masih sebatas ambisi? Tentu saja mereka bisa melakukan berbagai “manuever” yang melukiskan dukungan terluas atas pencalonan mereka. Itu sudah lazim, mulai dari cara-cara menggelikan sampai cara yang elegan. Dunia birokrasi ya memang seperti itu: ricuh, susah diketahui kesungguhan dan kebenarannya, dan pasti selalu berbasis KKN (terbuka atau tersembunyi, meski pasti tak mudah untuk dibuktikan).

(4) Tetapi saya berharap agar kapasitas orang dijadikan sebagai faktor pertimbangan utama sehingga merit system benar-benar berlaku.

(5) Sekda itu dalam bayangan pikiran saya mestinya tidak sekadar orang yang bisa dan sangat tahu membuat Gubernur senang dan mati dalam pujian mematikan dan apalagi menjadi mata rantai korupsional di daerah. Setiap manusia punya kelemahan terhadap pujian dan sesembahan. Karena itu, orientasi utama haruslah kepentingan daerah dalam arti kata bagaimana menggerakkan roda birokrasi agar lebih lincah dan full capacity menunaikan kewajibannya memajukan daerah, bukan justru memajukan diri sendiri dan klik-kliknya.

(6) Jangan tak dicatat, bahwa menurut BPK, Sumut adalah provinsi terkorup tahun ini. Sekdaprovsu pengganti Nurdin Lubis mestinya mampu membersihkan dan mendinanamisasi birokrasi untuk tidak semakin terpuruk dalam kebobrokan yang kita sudah tahu selama ini.

Shohibul Anshor Siregar


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: