'nBASIS

Home » ARTIKEL » Al-Jam’iyatul Washliyah

Al-Jam’iyatul Washliyah

AKSES

  • 538,596 KALI

ARSIP


sampul

Medan, Sumatera Utara, memiliki banyak hal untuk ditulis untuk menjadi milik dunia. Salah satu di antaranya ialah Jam’iyatul Wahsliyah (selanjutnya disebut Al-Washliyah), sebuah organisasi keagamaan yang didirikan pada tanggal 30 November 1930, bertepatan dengan tanggal 9 Rajab 1349 H.

Bangsa jajahan (Indonesia) terpecah belah, demikian juga umat Islam. Kondisi menyedihkan itu menjadi persoalan utama yang membuat para pendiri organisasi ini prihatin dan kemudian menggagas pendirian Al-Washliyah, dengan tujuan utama untuk mempersatukan umat (Islam). Konon perpecahan dan perbedaan yang tak perlu tersebut adalah merupakan salah satu strategi Belanda untuk terus berkuasa di bumi Indonesia.

Pengembangan Basis Sosial Inisiatif & Swadaya (‘nBASIS) dengan senanghati menerbitkan buku karya Sdr Drs.Armyn Gultom, M.Si ini. Secara kebetulan pula penerbitan buku ini justru pada bulan (November) yang mestinya menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk mengenang dan merenungi kembali peristiwa-peristiwa heroik yang pernah dipersembahkan oleh para pejuang dan syuhada yang berkorban untuk sebuah kemerdekaan.

Bulan ini juga menjadi bulan kelahiran bagi organisasi Al-washliyah yang kini telah mengem-bangkan sayap ke seluruh wilayah nusantara. Karena itu, buku ini dapat menjadi sebuah appeal tak langsung untuk lebih mengapresiasi jasa para pahlawan yang berkorban untuk Indonesia. Juga tak berlebihan untuk menjadi renungan bagi seluruh umat Islam di Indonesia dan dunia agar lebih bersedia dan serius mengevaluasi kondisi keterpu-rukannya saat ini, tentunya sembari mempererat ukhuwah yang menurut berbagai peneliti malah semakin hari justru semakin rapuh.

Buku ini diangkat dari hasil penelitian penulisnya yang diperuntukkan bagi perolehan gelar akademik S2. Memberi Kata Pengantar dalam buku ini Ketua PB Al-Jam’iyatul Washliyah, Dr H Yusnar Yusuf Rangkuti, MS.

Semoga bermanfaat.

Shohibul Anshor SIregar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: