'nBASIS

Home » ARTIKEL » PEMILUKADA DELI SERDANG

PEMILUKADA DELI SERDANG

AKSES

  • 512,968 KALI

ARSIP


Mungkin ini kejadian pertama satu pasangan peroleh suara mayoritas menggugat ke MK. Ini terjadi di Deli Serdang, pasangan AZAN unggul dari 10 pasangan lainnya tetapi tak mencapai angka kemenangan yang ditentukan UU. Bagaimana prediksi putara kedua?

Jika dihitung kekurangan suara untuk memperoleh pengakuan kemenangan berdasarkan ketentuan yang berlaku, pasangan AZAN hanya kekurangan suara di bawah 100 suara. Tetapi bagi KPUD tidak ada alasan untuk tidak menempuh putaran kedua, meski harus mengeluarkan uang dari kas daerah dan memang itu sudah disediakan dalam rencana sejak awal.

Legitimasi kepemimpinan AZAN akan dipermasalahkan oleh 10 pasangan lainnya dan banyak pihak jika tidak dilanjutkan ke putaran kedua, dan sama sekali KPUD tidak memiliki dasar hukum untuk melakukan itu. Kecuali KPUD Deliserdang maju ke MK untuk meminta revisi ketentuan tentang syarat kemenangan (perolehan suara) pilkada.

Prediksi. Berdasarkan fakta selisih suara antara AZAN dengan 10 pasangan lainnya, sebetulnya sudah dapat diprediksi bahwa putaran kedua hanyalah pekerjaan membuang-buang energi dan uang karena yang akan menang itu pastilah pasangan AZAN. Ini memang sebuah prediksi. AZAN tidak dapat dihempang lagi, dan secara psikologis rakyat akan selalu memihaki dan memilih pasangan yang memiliki peluang terbesar untuk menjadi pemenang. Satu-satunya harapan untuk menghasilkan yang berbeda ialah jika MENGABDI mampu meyakinkan masyarakat bahwa dirinya lebih baik dan berhasil memobilisasi dukungan rakyat yang pada putaran pertama tidak mau ikut berpartisipasi. Merajut dukungan pemilih ke 9 pasangan lainnya (pada putaran pertama) tentutlah tidak harus dibayangkan lebih dapat dilakukan oleh MENGABDI ketimbang AZAN. Dapat dipastikan bahwa tidak akan ada mobilisasi yang berhasil untuk melawan AZAN dengan tema common enemy (musuh bersama). Itu terlalu optimis dan sangat menghayal.

Memang, tetap saja ada orang yang mengatakan bahwa dengan rendahnya angka partisipasi politik pada pilkada Deli Serdang, sebetulnya menjadi sebuah harapan bagi MENGABDI. Tetapi, saya sangat pesimis tentang itu, karena dengan 11 pasangan parpol dan perseorangan terbukti tidak menjadi daya tarik bagi rakyat Deli Serdang (sudah terbukti pada putaran pertama).

Saya juga sangat mengapresiasi pendapat yang berdasarkan pertimbangan penghematan anggaran merasa sangat wajar bahwa dengan hasil perolehan suara AZAN itu sebaiknya pasangan ini dinyatakan saja sebagai pemenang. Tetapi KPUD tidak memiliki dasar hukum untuk itu. Lagi pula 10 pasangan lainnya akan menggugat di MK dan hasilnya kita semua sudah dapat memastikan: MK akan mengabulkan permohonan penggugat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: