'nBASIS

Home » ARTIKEL » Berani Lebih Baik: GITA IRAWAN WIRJAWAN

Berani Lebih Baik: GITA IRAWAN WIRJAWAN

AKSES

  • 538,914 KALI

ARSIP


http://www.youtube.com/watch?v=Y5hCHayUHPQ

“Saya Gita Wirjawan. Keberanian Anda Memberi Saya Semangat untuk Berani Lebih Baik”. Kalimat itu menarik. Tapi itu iklan Gita Wirjawan. Ia kan sedang “menjajal” keberuntungan melalui Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat. Ada sebelas orang peserta konvensi itu. Tetapi, kata orang, tak semua “golden boy“-nya SBY. Kritik lebih tajam diberikan terhadap event ini sebagai sesuatu yang sia-sia. Karena akhirnya nanti SBY hanya akan menentukan pilihan kepada seseorang yang sejak lama sudah ada dalam keputusan awalnya. Itu sih kata orang.

Tetapi konvensi itu baik. Partai bisa terdongkrak popularitasnya. Apalagi nanti kegiatannya akan berpindah pindah dari satu ke lain kota. Juga sudah tentu mereka saling berlomba memasang perangkat pencitraan di mana-mana. Melakukan konsolidasi jaringan, dan lain-lain. Jika harus dituduh sebuah kesia-siaan atas dasar dugaan bahwa keinginan SBY sudah jelas, dan itu yang akan dilegitimasi melalui konvensi ini, maka apakah kemungkinan semua orang yang ikut konvensi sudah merelakan tak akan menjadi apa-apa, tetapi hitung-hitung memberi sesuatu kepada SBY melalui pendongkrakan popularitas partainya (Partai Demokrat)? Memang terasa sangat berlebihan dugaan ini bukan?

Kembali ke iklan Gita Wirjawan. Dia berani lebih baik. Dengan syarat, dukungan Anda kepada dia harus diberikan. Mengapa orang tak berani atau malah takut lebih baik? Tak berani lebih baik? Aduh, memang tak sederhana bahasa iklan ini. Filosofinya, mungkin, seseorang yang ingin bertaubat misalnya, jika lingkungannya begitu buruk, sebuah pertaubatan bisa sebuah hayal belaka. Ketika orang jahat akan berbuat baik, ada komunitas jahat yang selama ini bersama dengan dia yang akan membuatnya begitu enggan atau malah takut menjadi lebih baik. Di sini catatan tentang pertaubatan kerap berhenti.

Jika Anda seorang yang kurang beres, lalu berusaha membereskan orang lain untuk banyak hal yang diketahui oleh banyak orang itu adalah kebiasaan Anda, maka apakah Anda merasa memiliki modalitas untuk berani dan untuk lebih baik?

Dalam iklan Gita Wirjawan ditayangkan seorang polisi yang dihadapkan kepada tawaran “berdamai” dengan uang setelah seorang perempuan pengendara melanggar rambu lalu lintas. Lazim terjadi di jalanan, dengan uang sebesar yang ditawarkan oleh perempuan pengendara ini masalah bisa selesai, Rp 100.000,-

Bisakah Gita Wirjawan memberantas korupsi jika itu sudah menjadi budaya? Itulah maksudnya barangkali. Polisi jahat bisa menjadi baik jika tak ada andil dari pelanggar hukum. UU dengan ancaman sanki hukuman kurungan dan denda tak membuat orang takut, karena semua itu hanya benda mati. Jika semua sudah malu berbuat melanggar norma dan ketentuan hukum, maka sesuatu telah diawali dengan benar. Dalam situasi ini malah hukum itu tak begitu perlu bekerja puntang-panting, karena orang sudah baik-baik saja.

Jadi, Gita Wirjawan tak membayangkan dirinya sebagai seseorang yang bagai premus interpares atau panglima yang sangat berkuasa dan dengan telunjuknya bisa merubah sesuatu dan segalanya bisa menjadi lebih baik.  Ini memang iklan yang sangat mendidik, dan memberi support perubahan kepada korps Kepolisian untuk lebih baik. Apakah Kepolisian merasa terbantu atau terhina dengan iklan itu? Atau Anda menganggap Gita Wirjawan minimalis?

Shohibul Anshor Siregar

Advertisements

1 Comment

  1. […] menayangkan sebuah artikel ringan dan singkat tentang Gita Wiryawan tentang gagasannya “Berani Lebih baik” itu. Sebagaimana sudah luas diketahui, kemaren ia sudah menyatakan pengunduran diri dari […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: