'nBASIS

Home » ARTIKEL » STATUS PADA FACEBOOK

STATUS PADA FACEBOOK

AKSES

  • 512,716 KALI

ARSIP


facebook

Saya punya kebiasaan buruk menurunkan saja banyak status facebook dalam waktu singkat tanpa berharap komentar, apalagi membacanya secara serius kecuali memang ada sanggahan atau permintaan klarifikasi. Pagi tadi saya awali dengan menginformasikan sebuah rencana riset oleh sebuah perguruan tinggi. Riset itu tentang korupsi, moralitas dan agama. Kemudian disusul status-status lainnya.

Korupsi Orang Beragama. Pagi ini saya menemukan dan membaca sebuah dokumen yang diberi judul “Kertas Kerja 42-2010” yang dalam pengantarnya diterangkan sbb:

Program penelitian tentang Korupsi, Agama dan Pengembangan Moral, oleh Departemen Pembangunan Internasional, University of Birmingham. Katanya, program ini mengeksplorasi hubungan antara beberapa agama utama dunia, pembangunan di negara-negara berpenghasilan rendah dan pengurangan kemiskinan. Program ini terdiri dari serangkaian komparatif proyek penelitian yang menguji pendapat banyak orang dengan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Bagaimana nilai-nilai dan keyakinan agama mendorong tindakan dan interaksi individu dan berbasis organisasi keagamaan ?
  • Bagaimana nilai-nilai dan keyakinan keagamaan dan organisasi keagamaan mempengaruhi hubungan antara negara dan masyarakat ?
  • Dengan cara apa komunitas-komunitas iman berinteraksi dengan pelaku pembangunan dan apa hasil dengan menghormati terhadap pencapaian tujuan pembangunan ?

Kancah penelitian fokus pada empat negara (India, Pakistan, Nigeria dan Tanzania). Dengan fokus itu dianggap memungkinkan untuk mempelajari sebagian besar agama-agama besar dunia: Kristen, Islam, Hindu, Sikh, Buddha, dan sistem kepercayaan tradisional Afrika. Proyek penelitian akan membandingkan dua atau lebih fokus negara, wilayah dalam negara, tradisi keagamaan yang berbeda dan kegiatan pembangunan yang dipilih. Bagaimana dugaan Anda atas kemungkinan hasil penelitian itu kelak?

Pantangan bagi seorang pejabat. Jika pantangan bagi penjaga malam adalah tertidur, maka apa gerangan pantangan bagi seorang Presiden, Menteri, Gubernur, Bupati, dan Walikota?

Capres dan masukan penting. Anda sudah pernah hitung siapa-siapa yang bertekad menjadi Capres 2014? Ayo sebut satu-satu. Berikan mereka dua hal (1) Sanjungan (2) Kritikan. Gampang. Bikin begini.

Kritik saya kepada Capres A adalah: ………………
Sanjungan saya kepada Capres A    : ………………

Bisa saja hanya pantas (menurut Anda) Capres A itu disanjung atau hanya pantas dikritik. Yakinlah, mereka punya tim pembaca media. Jadi, berikan yang terbaik dan positif karena opini Anda mereka perlukan untuk digodok buat langkah pemenangan. Setuju? Ayo kalau begitu.

Tamsil. Sewaktu ceramah di depan awak media di kantor Bawaslu saya buat tamsil kebobrokan pemilu kita dari aspek pemilih. Saya bilang kurang lebih samalah dengan lagu Minang “One manulihnyo, wan mambaconyo. Ciek iko aratinyo“. Lain yang didaftar dalam DPT, lain pula orang yang masuk ke TPS, dan pada gilirannya lain pula suara yang dihitung dengan penuh kecurangan. Tetapi seorang jurnalis perempuan interupsi. Ada satu lagi. “Pitu UP, kok dibaca seven ap?”, tanyanya. Oh, saya gak minum itu, jadi tanyakan saja kepada yang suka meminumnya, tegas saya sambil tertawa. Ha ha.

Tolhah tiga hari tak mandi. Kemaren ia pergi membawa bantuan ke Tanah Karo. Sepulang dari sana pintu kamar kosnya tertutup. Adil, teman sekamarnya, pergi. Ia pun numpang di kos Sulis. Sulis badannya kecil, sehingga tak mungkin meminjamkan pakean. Besoknya ia pergi saja ke kampus. Pulang kuliah, hujan turun. Ia pun basah kuyup. Lumayan, bau keringaT sudah lebur ke bumi terbawa air hujan.

Dua Tim Sukses Bertengkar. Yang satu bilang Jokowi Presidenku. Yang satu lagi Ahok Presidenku. Bah, Ahok lebih hebat. Tidak, apalah dia itu, Jokowilah yang hebat. Jokowi itu apa? kata pendukung Ahok lagi. Ah kamu, Ahok saja dimarah-marahi oleh bos sebuah partai, kata pendukung Jokowi. Tak habis argumen, pendukung Ahok juga balas: Jokowi itu diapain sudah oleh bos sebuah partai? Kamu gak nyadar. Saya tak mau campur dengan urusan kedua tim sukses itu. Soalnya mereka itu true believer. Apa maksudnya? Right Or Wrong Is My Dongan. Ha ha. Bernegara, eh seni bertengkar maksud saya.

Ayam Berkokok. Saya belum pernah ke Amerika, juga ke Eropa. Tetapi dari filem yang pernah saya tonton suara ayam berkokok di sana sama dengan di kampung kami, Sipiongot. Di kampung Anda bagaimana gaya ayam berkokok?

Jum’at Penuh Cobaan. Teman saya, Panji Suroso, dosen Unimed, Jum’at kemaren kehilangan sepatu di mesjid. Padahal ia punya resep. Sebelah ditaruh di utara, sbelahnya lagi ditaurh di selatan mesjid. Mengapa resep itu bobol? Berarti si peminjam sepatu itu memantau kan?

Pengusaha dan LSM. Sama-sama menunggu pencairan APBD. Dapatlah berbagi. Puluhan, ratusan atau milyar rupiah. Sama-sama bersuap ria. Sebab jika tak ada komitmen suap, tak bisa cair. Terkadang pengusaha dan LSM menjadi sama dan sebangun dalam penantian anti interpreneur. Bangunlah Jiwanya. Bangunlah Badannya. Untuk Indonesia Raya !!!

Tolhah Kebakaran. Kantuknya belum hilang meski sudah melewatkan dua dosen dengan pulas di bangkunya. Dia pun keluar setelah terbangun gara-gara suara gaduh akibat aliran listrik yang mati tiba-tiba. Ia pun keluar ruangan, dan merokok. Nah, saat merokok itu dosen ketiga masuk ke kelas. Buru-buru Tolhah menyusul setelah terlebih dahulu mematikan api rokoknya. Ia masukkan puntung setengah itu ke kantong bajhu. Eh, rupanya belum mati apinya. Tembus dari saku baju, jatuh ke paha kiri. Bayangkan hingga celana kesayangannya bolong. Ha ha. Si Tolhah.

Mendemo Bupati. Rakyat sedang cemas karena ancaman bencana Sinabung. Tetapi ketika Bupati datang, rakyat malah mendemo. Itu kata seorang wartawan kemaren sore. Padahal suasana prihatin begini seharusnya bisa menjadi jalan mulus bagi seorang pejabat untuk dekat tak berjarak dengan rakyat yang dipimpinnya. Lalu apa sebab?

Pengganti SBY. Pak SBY kan akan kita ganti lewat pemilu 2014 nanti. Bayangkan Anda yang akan mengganti beliau. Apa pendapat Anda tentang perubuhan rumah-rumah ibadah? Bisakah Anda sebagai presiden menghentikan itu dan menyuruh kembalikan semua aset yang sudah dilego?

Memenjarakan Ketua MK Sekali dalam Sebulan. Kemaren sore seorang wartawan bertanya. Dia pikir kebobrokan MK itu ada pada institusi itu saja. Legalframework pemilu memang dibuat kaccau sekaccau kaccaunya. Sehingga jika benar-benar dipantau oleh KPK misalnya, sebetulnya sekali sebulan Ketua MK harus dipenjarakan. Mengapa? Peradilan yang mereka gelar diasumsikan bukan laga nilai keadilan terbesar untuk dimenangkan. Tetapi benturan suap di antara para pihak yang berperkara.

Tolhah Ketiduran. Tolhah bergegas ke kampus pagi ini. Memang bukan karena nonton pertandingan bola live ia begadang. Ia mengerjakan tugas yang diberikan dosennya. Tapi, sayangnya, belum 15 menit dosennya mengajar, Tolhah sudah tak sadarkan diri. Gilirannya menyampaikan makalah dilewatkan oleh dosennya. Bahkan ketika dosen berganti, Tolhah tak juga menyadari. Ia tertidur pulas di kursinya. Ha ha.

Nenekku. Nenekku akan marah sekali jika sebutir nasi saja jatuh dari piring. Ia menuturkan bagaimana tangisan sebutir nasi itu karena disia-siakan. Tetapi itu nenek zaman lalu. Nenek zaman kini gak pernah melihat sawah lagi, terutama yang di kota. Malah kalau makanan tak tersisa dianggap congok. Bagaimana ini? ha ha.

Ahok digertak. Emang ada yang lebih jagoan marah dari Ahok? Emang Ahok bisa digertak? Emang Ahok takut ama siapa? Ngaca !!! Ahok itu Capres lho.

Penjaja Kueh dan Pengamen dan Pengemis.  Ketiganya bagian dari para dhu’afa (warga miskin kota) yang mencari kehidupan di jalanan. Penjaja kueh jelas lebih mulia beribilang derajat. Ia bertelekan pada keringan dan usaha. Tetapi jika pagi ini sudah hari ke 3 dia tak memperoleh hasil karena kueh tak laku, dan ia melirik pengamen dan pengemis “lancar-lancar saja”, bayangkan kuehnya akan basi, dan bayangkan ia bisa cemburu melihat orang dapat uang sedangkan ia bekerja keras tapi tak bernasib baik.

Jawab. Ada seorang komentator yang mempertanyakan mengapa Tolhah dan Paijo selalu muncul. Tentu karena saya tak mungkin mempermisalkan selain nama umum yang semua orang pasti menduga tak dimaksudkan untuk seseorang tertentu. Juga ada seorang yang menawarkan khilafah. Ia tak tahu khilafah. Ia hanya tahu khilafah bagus. Kalau ia tak tahu khilafah, bagaimana ia tahu khilafah bagus? Bingung kan?

Shohibul Anshor Siregar


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: