'nBASIS

Home » ARTIKEL » AROGANSI KAMPANYE PENDUKUNG JOKOWI

AROGANSI KAMPANYE PENDUKUNG JOKOWI

AKSES

  • 556,237 KALI

ARSIP


ANDA sudah memiliki pilihan untuk pileg 2014? Masih akan berubah atau sudah mantap pilihan itu? Jangan-jangan Anda masih termasuk salah seorang di antara 20-an % yang masih belum menentukan pilihan atau 20-an % yang menyatakan akan golput. Tetapi meski pilpres masih akan didahului oleh pileg 9 April 2014 nanti, opini tentang capres sudah lebih dahulu menghangat. Banyak cara sudah diupayakan oleh para bakal Capres kita itu.

Abu Rizal Bakri misalnya jauh-jauh hari mengisyaratkan bagai mendaki gunung semeru, juga menyimbolkan padi menguning dengan kepastian panen, klaim suara rakyat suara golkar, dan juga lomba-lomba design avatar poster dirinya. Gita Wiryawan mengajak rakyat menjadi berani, termasuk melawan korupsi. Dahlan Iskan lain lagi, awal-awalnya sangat rajin terekspose media dengan gaya yang tak lazim semisal naik ojek menuju istana Bogor untuk rapat kabinet. Juga menyembunyikan botol berisi air mineral di dalam bajunya.

Belakangan Prabowo diiklankan didukung oleh seorang ibu karena puteri balitanya Siti, dan ingin Indonesia terbang seperti Garuda, dan harga-harga turun. HT-WIN menujukkan adegan anak-anak yang bervariasi dan sangat senjang: ada yg cuma ingin sekolah, tetapi ada yang ingin jadi petinggi, sambil beranjang sana kian kemari membawa paket-paket. Jangan lupa, ada yang sangat bersemangat berorasi akan melakukan restorasi Indonesia, Surya Paloh.

Orang-orang Jokowi tak ketinggalan. Tiga gambar di atas itu saya temukan di akun kelompok tetangga sebelah (boleh gak tanpa izin menggunakannya seperti ini setelah memodifikasinya pula?). Saya lihat seperti rumus kalap saja. Bukan soal mau tidaknya nanti Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memakai Jokowi selain sebagai vote getter (pemanis dan penarik dukungan suara) belaka. Tetapi masalah yang lebih serius adalah tentang perilaku pemerintahan nanti.  Kita sudah tahu yang begini. Nanti malah bisa seperti pak SBY dan Timnya yang beriklan mewah “Katakan Tidak Untuk Korupsi”.

Arogannya gambar-gambar ini mencerminkan ketidak-toleranan atas sebuah hak pilih warga negara. Sekaligus underestimated atas kecerdasan rakyat pemilih di Indonesia. Masak Anda yang entah karena alasan apa tak ingin memihak Jokowi dianggap koruptor atau pro koruptor? Mungkin dikiranya dengan “menggertak” begini Jokowi otomatis akan lebih terdukung.

994672_10201087132882431_1789963526_n

Ulah para pendukung yang aneh-aneh begini jelas sangat merugikan Jokowi. Terlepas ia akan memiliki peluang untuk pencapresan 2014 ini, yang jelas cara-cara berkampanye mestinya sudah harus berubah. Kasihan Jokowi.

Mudah-mudahan arena perpolitikan Indonesia makin sehat, makin dewasa dan makin cerdas seiring pergantian tahun.

Shohibul Anshor Siregar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: