'nBASIS

Home » ARTIKEL » GUS DUR KERAP DIBENTURKAN DENGAN ISLAM

GUS DUR KERAP DIBENTURKAN DENGAN ISLAM

AKSES

  • 512,316 KALI

ARSIP


gus dur

Sadar atau tidak sadar, Gus Dur sering dijadikan tumbal. Saya kutip sebuah provakasi yang saya temukan di akun facebook group tetangga sebelah, dan selama ini saya saksikan Gus Dur memang sering direndahkan untuk tujuan yang sangat destruktif. Saya dapat memastikan mereka itu adalah kaum sekuler dan kaum non-muslim yang ingin menjadikan sosok Gus Dur sebagai alat pemukuol bagi kaum muslimin yang berbeda dengan keinginan mereka atau berbeda dengan pemikiran Gus Dur. Legitimasi Gus Dur dianggap sebagai sebuah kunci penting. Suka atau tidak, itu berlangsung terus hingga kini.

Saya kutip sebuah provakasi, demikian:

“Islam datang bukan untuk mengubah budaya leluhur kita jadi budaya Arab. Bukan untuk ‘aku’ jadi ‘ana’, ‘sedulur’ jadi ‘antum’. Kita pertahankan milik kita, kita harus serap ajarannya”.

Ini tentu memaksudkan upaya membenturkan Islam dengan budaya lokal (sebetulnya bukan budaya lokal, hanya kepentingan orang yang tak suka Islam saja). Membenturkan Gus Dur kepada setiap pemikiran yang mereka tidak sukai.

Tetapi dengan tak jeli, provakator pembuat provakasi ini tanpa sadar membuat pelengkap provakasinya gambar Gus Dur (lihat di atas). Ia benar-benar awam dan tak tahu bahwa Gus Dur itu bernama lengkap Abdurrahmah Wahid. Itu bukan nama lokal seperti ia maksudkan, melainkan boleh disebut sebuah nama teologis (Islam). Siapa tidak tahu bahwa Gus Dur itu pemimpin sebuah organisasi, bernama Nahdlatul Ulama? Ini pun bukan nama lokal, melainkan sebuah organisasi yang mengemban misi keilaman yang mulia.

Dalam pernak-pernik organisasi ini (NU) pun sangat kaya dengan instrumen bukan leluhurmu. Periksalah istilah-istilah ini: Tanfiziyah, Muktamar, Musyawarah, Salawat, Istigosah, dan lain-lain.

Kasihan sekali Gus Dur ini kerap dijadikan tumbal oleh orang-orang yang sangat memusuhi Islam. Tentu para pengikutnya cukup sabar, mengelus dada menyaksikan warna-warni kehidupan yang centang prenang begini. Ada memang komunitas yang membuat kajian dengan menamakan diri Gus Durian. Artinya para pemikir yang akan mengimplementasikan pemikiran Gus Dur. Itu tak boleh dimaknai sebagai permusuhan terhadap Islam.

Apa pandangan keluarga Gus Dur dan para pengikut setianya? Mestinya mereka mencegah hal destruktif itu.

Ha ha

Shohibul Anshor Siregar


1 Comment

  1. […] Sumber: GUS DUR KERAP DIBENTURKAN DENGAN ISLAM […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: