'nBASIS

Home » ARTIKEL » KUNJUNGAN KE SUMUT

KUNJUNGAN KE SUMUT

AKSES

  • 538,714 KALI

ARSIP


MESKI banyak pihak menyebut kehilangan momentum, tetapi kunjungan SBY ke Sumut, menurut berita, akan dijadwalkan ke tiga titik. Pertama lokasi-lokasi bencana erupsi Sinabung di Tanah Karo. Kedua, stasiun Kretaapi di Medan yang adalah dan dalam kaitan sistem pengaturan terkait dengan penerbangan di Kualanamu. Ketiga, Bandara Kualanamu.

Saya cuma berangan-angan. Sekiranya SBY, di luar ketiga titik kunjungan itu, dijadwalkan juga ke Gedung Nasional di Jalan Sutomo/Veteran, Medan. Juga ke eks Gedung Sjarikat Tapanoeli di Jalan Mesjid, Medan.

Gedung Nasional kini terancam dilego oleh konspirasi yang menganggap uang lebih penting dari sejarah. Mestinya karena nilai kesejarahan dan heroismenya, gedung ini sudah ditetapkan sebagai situs penting daerah, apalah namanya menurut UU (cagar budaya, atau apa).

Eks gedung Sjarikat Tapanoeli. Sudah rata dengan tanah. Benda-benda penting seperti percetakan, mungkin sudah dilego pula ke toke besi bekas. Di sini, dulu, zaman pergerakan, dicetak untuk pertamakalinya  kata “merdeka” dalam bentuk penerbitan pers. Betapa pentingnya gedung itu dalam kaitan jatidiri bangsa dan sejarah.

Tetapi saya hanya berangan-angan. Kunjungan SBY dikritik tak hanya kehilangan monentum, tetapi juga sebagai bentuk penicitraan. Mengurangi tuduhan politik miring seperti itu, mestinya SBY dan orang-orang dekatnya merancang dengan baik agar kapasitas kenegarawanan tak dipertanyakan orang.  Merdeka !!!!

Shohibul Anshor Siregar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: