'nBASIS

Home » ARTIKEL » DANAU API

DANAU API

AKSES

  • 512,968 KALI

ARSIP


kawah
Kemaren sore saya duduk menunggu di tukang tempel ban selama kurang lebih 20 menit. Apa yang dia kemukakan kepada saya kemudian saya coba gambarkan. Inilah “ajaran” yang saya kutip dari tukang tempel ban itu:

(1) Katanya, kita misalkan sebuah kompressor yang memiliki tenaga (tekanan udara) besar. Kita hanya bisa memanfaatkannya ketika ada saluran kecil yang dipasang untuk mengeluarkan angin. Jika saluran kecil itu tidak ada, kita tidak bisa memanfaatkan ntuk mengisi ban;

(2) Kompresor ini kita misalkan perut bumi berisi magma dengan panas ribuan derajat celsius. Karena perut bumi memiliki potensi dan tenaga dan panas tak terhingga, maka jika salurannya tersumbat akan membuat ledakan besar.

(3) Maka sebagai tukang tempel ban, katanya, saya menyarankan agar Gunung Sinabung itu dibuat jadi “danau api”. Dengan begitu saluran ke perut bumi menjadi longgar, dan karena itu tidak ada alasan untuk meletus seperti sekarang.

(4) Omongan tukang tempel ban ini masuk akal. Hanya saja ia dan saya tak tahu seberapa sempit, seberapa panjang, dan seberapa dalam saluran yang ada di setiap gunung menghunjam ke perut bumi.

(5) Jika misalnya hanya berdiameter rata-rata 5 meter dan sepanjang ratusan kilometer dan berliku pula hingga kemungkinan bertemu sebuah rongga terbesar di mana saja, bagaimana? Tentu saja ahli-ahli vulkanologi sudah melakukannya sejak dahulu jika harus dibayangkan sesederhana ini. Ha ha ha.

Shohibul Anshor Siregar


1 Comment

  1. cibabel says:

    sangat inspiratif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: