'nBASIS

Home » ARTIKEL » FEDERAL

FEDERAL

AKSES

  • 564,592 KALI

ARSIP


Anda mengatakan kepada saya bahwa NKRI harga mati, saya akan berkata bahwa Anda melawan sunnatullah. Mungkin perlulah sesekali mengenang pergulatan pemikiran saat-saat perumusan bentuk negara dahulu. Gagasan federalisme tidak sepi, meski tertimbun oleh arus mayoritas.

Tahukah Anda akar dari permasalahan ketidak-becusan pengelolaan negara saat ini? Itu karena sejumlah orang (minoritas) yang dengan mengatas-namakan demokrasi mengklaim telah mewakili Indonesia. Mereka duduk di Senayan, membuat regulasi atas dasar pengetahuan yang sangat minim dan tak bertanggungjawab terhadap Indonesia (daerah).

Perhatikan dan ingatlah, mereka hanya datang kepadamu saat mereka sudah diberi nomor pencalegan oleh partai mereka. Selebihnya mereka kembali lagi ke Jakarta, membayar media agar selalu menayangkan gambar dan ucapan mereka.

Otonomi daerah yang digagas dulu berakhir tragis. Disadari atau tidak, kini iklim politik dan pemerintahan kembali lagi ke sentralisme model ordebaru. Bahkan jika seorang pejabat daerah menjadi terdakwa korupsi, sangat dimungkinkan ia akan membawa uang hasil korupsinya itu ke Jakarta untuk memperjuangkan nasib agar tak menjadi terpidana. Jadi proses pemiskinan itu jelas.

Bagi daerah seperti Sumatera Utara, tanpa pajak kenderaan bermotor mustahil mendapatkan porsi memadai untuk Pendapatan daerahnya. Memang ada tuduhan lain yang sangat beralasan, bahwa benar bagi hasil perkebunan tidak adil. Tetapi pemangu tangan yang malas kini dan sebelumnya telah diamanahi kewenangan memerintah.

Percayalah, federalisme akan memberi amanah bagi orang yang tahu, faham dan bertanggungjawab atas Indonesia melalui daerah-daerahnya yang wajib diperjuangkan.

Shohibul Anshor Siregar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: