'nBASIS

Home » ARTIKEL » IDRIS SARDI SANG MAESTRO

IDRIS SARDI SANG MAESTRO

AKSES

  • 512,716 KALI

ARSIP


Saya tidak tahu mengapa. Tetapi saat pagi hari ini mengetahui (lewat berita tv) bahwa Idris Sardi sudah meninggal dan sudah dikebumikan semalam, di Menteng Pulo, Jakarta, saya langsung teringat Rendra. Ini mungkin tidak adil bagi pandangan banyak orang.

Tetapi begitulah. Saya hanya teringat Rendra. “Ini seorang lagi yang tak hanya di sini (Indonesia) dikenal dan diakui sebagai sang Maestro. Pergi menghadap Tuhannya, sesuai janji”. Ya. Begitulah terpikir oleh saya, sambil mendoakan almarhum Idris Sardi.

Dalam benak saya masih hadir sejumlah nama yang tak begitu jamak. Saya sebut nama-nama mereka itu dengan perlahan, sambil bersyukur Indonesia dianugerahi maestro-maestro yang sangat membimbingkan perjalanan Indonesia, dengan cara mereka sendiri.

Di layar, saya saksikan banyak orang yang hadir dan ikut memberi penghormatan terakhir. Di antaranya termasuk sang maestro lainnya. Terlihat mereka tak sekadar hadir mengikuti tradisi. Dengan bahasa dan cara masing-masing, mereka terlihat berdoa untuk sang maestro Indris Sardi.

Simaklah Rhoma Irama. “Idris Sardi seniman sejati. Seniman adalah orang langka. Tidak banyak terlahir di dunia ini. Yang banyak pekerja seni. Seniman sejati sedikit”.

Apa maksud Rhoma dengan ungkapan filosofisnya itu? Menurutnya seniman sejati tak pernah market oriented. Juga tak pernah popular oriented. Mungkin ia hendak memesankan bahwa maestro bukan hasil quick count. Bukan hasil survei. Bukan pula hasil media framing yang menyandera sambil menyesatkan sebuah bangsa.

Shohibul Anshor Siregar


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: