'nBASIS

Home » ARTIKEL » KOALISI

KOALISI

AKSES

  • 541,646 KALI

ARSIP


 

Evaluasi Pileg 2014 dan Konstruk Kepemimpinan Nasional 2014-2019

Ada ungkapan-ungkapan formal yang ideal dari elit politik dalam hal prinsip dasar berkoalisi dalam pengusungan pasangan capres 2014. Jangan cepat-cepat percaya. Belum tentu seperti itu, dan berdasarkan pengalaman, memang tak pernah seperti itu.

Mari kita cari perbandingan kasus. Karena alasan takut pemerintahannya goyah, maka SBY membangun koalisi permanen dengan melibatkan partai-partai selain PDIP dan beberapa partai kecil lainnya. Ada pakta integritas yang ditandatangani.Ini memang bagian dari fenomena ketak-tentuan sistem pemerintahan presidentil atau bentuk lain.

Nah, sebetulnya apa rumus koalisi itu? Sederhana. Pertama, masalah powersharing. Kedua, pertimbangan berdasarkan platform partai. Ketiga, peluang menang dalam pemilihan umum yang menjadi tujuan dibangunnya koalisi. Keempat, desakan publik.

Faktor mana yang lebih kuat? Sudah pasti bukan desakan publik dan platform. Apa pun kata partai-partai, tujuan utama berdiri adalah untuk mencari kekuasaan. Di mana peluang terbuka untuk berkuasa, di situ partai akan berkerumun.

Apalagi faktanya Indonesia tak memiliki kejelasan tentang keuangan partai. Itulah sebabnya sangat diperlukan kepastian pembagian kekuasaan agar dengan cara itu dapat “mebobol” keuangan dari APBN dan sumber lain yang dimiliki negara meski mungkin sangat potensil merugikan negara dan masyarakat.

Shohibul Anshor Siregar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: