'nBASIS

Home » ARTIKEL » JOKOWI-JK

JOKOWI-JK

AKSES

  • 541,646 KALI

ARSIP


Meski Sabam Sirait mengancam akan keluar dari PDIP dan akan membawa hengkang unsur-unsur pendukung dari eks Partai Kristen Indonesia (Parkindo) dalam PDIP, namun pasangan Jokowi-JK dideklarasikan juga. Pasangan ini pun langsung mendaftarkan diri ke KPU.


Ketika saya tulis tentang hal ini beberapa jam lalu, seseorang telah berusaha menerangkan kaitan-kaitan sikap serupa (kalangan Kristen) dengan peristiwa masa lalu, yakni dicoretnya 7 (tujuh) kata dalam Piagam Jakarta (kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya).

PDIP dengan watak sekuler dan bahkan oleh beberapa pihak disebut lebih condong sebagai corong perjuangan anti Islam memang sedikit-banyaknya terkonfirmasi dengan catatan-catatan penolakan partai ini atas berbagai rencana perundang-undangan yang secara substantif mengimplementasikan kepentingan umat Islam. Juga dengan jumlah anggota legislatif non muslim, baik di Senayan dan daerah Provinsi maupun Kabupaten dan Kota.

Dengan tak satu pun partai politik bermassa Islam bergabung untuk mendukung pasangan ini, mau tidak mau kekhawatiran berbasis kecurigaan kepentingan partisan keagamaan sama sekali tak akan mungkin dihindari di arena pilpres kelak.

Memang ada PKB yang sudah lebih dahulu memberi penolakan untuk dikelompokkan sebagai partai Islam dan emoh membangun poros baru di luar mainstrem, dan untuk pilpres ini tercatat lebih awal bergabung kepada PDIP. PKB yang tak terlihat jelas memperjuangkan capres usungan mereka (Mahfud MD dan Rhoma Irama), tampaknya memiliki perhitungan lain.

Apakah mereka tak khawatir reaksi dan resistensi kalangan pendukung tradisional NU yang mungkin disimbolkan dengan Mahfud MD dan pendukung lain yang oleh Rhoma Irama diidentifikasi sebagai Rhoma effect? Mestinya faktor ini sudah jelas tak akan mereka lewatkan dan jawabannya sudah mereka miliki.

Kabarnya, Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (Almisbat) sudah melakukan upaya yang melukiskan penolakan atas keputusan memasangkan Jokowi dengan JK. Anehnya mereka yakin bahwa JK akan menjadi beban bagi Jokowi. Betulkah begitu?

Shohibul Anshor Siregar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: