'nBASIS

Home » ARTIKEL » AKADEMISI PILIH PRABOWO-HATTA

AKADEMISI PILIH PRABOWO-HATTA

AKSES

  • 551,569 KALI

ARSIP


CAPRES PILIHAN PARA DOSEN

Djoko Luknanto, dosen UGM Jogjakarta,  sejak 25 Mei 2014 pukul 22.32 WIB yang lalu, membuat polling pada akun dosen Indonesia yang beranggotakan 13.293 orang dengan pertanyaan tunggal demikian: “Pasangan mana yang menurut anda akan menjadi presiden dan wakil presiden RI?”

Hingga Ahad 8 Juni 2014 pukul 22:45 dari 818 partisipan telah 140 jempol dibubuhkan, dan 931 komentar. Bagaimana hasilnya? Ternyata lebih banyak memilih pasangan nomor 1 Prabowo Subianto – Hatta Rajasa (lihat gambar di atas). Memang persentase yang sudah memberikan suara masih kecil, dan boleh jadi tidak akan mengalami pertambahan partisipan yang signifikan hingga hari pemungutan suara. Banyak dosen yang sama sekali tidak memiliki ketertarikan dengan diskusi politik. Ada juga kemungkinan orang yang memiliki pilihan tak ingin berpartisipasi dalam polling. Karena itu sukar untuk menentukan apakah hasil ini dapat menjadi representase dari keseluruhan anggota.

Komentar. Para dosen ini pun memiliki variasi komentar. Ada yang sangat halus dan piawai mengutarakan kepemihakannya atas satu pasangan dan ada yang berterus terang. Juga tak begitu berbeda dengan komentar-komentar pada akun-akun lainnya, ada yang objektif dan ada yang emosional. Bahkan karena emosionalitas dan tak berdasarnya argumen dalam komentar, terkadang untuk membacanya saja cukup geli atau cukup tak simpatik. Ya, dosen pun manusia biasa juga kan?

Dalam polling ini tidak disediakan pilihan untuk orang yang memilih abstain atau golput. Tetapi tentu diyakini bukan itu saja yang membuat “partisipasi” para dosen yang tergabung dalam akun kelompok ini tidak atau belum seluruhnya memberi pendapat.

Tentang Akun Dosen Indonesia. Dalam akun tertutup (closed group) ini dijelaskan tujuan bahwa akun ini merupakan Forum komunikasi para dosen perguruan tinggi di Indonesia. Forum ini mempunyai keanggotaan tertutup (khusus untuk dosen-dosen PTS dan PTN seluruh Indonesia) baik yang berada di bawah naungan Kemendikbud maupun Kementerian lain.

Kegiatan dalam forum diskusi Dosen Indonesia fokus pada interaksi maya. Segala kegiatan nyata, “kopi darat” dan lainnya yang diselenggarakan atas inisiatif anggota grup, tidak mempunyai kaitan langsung dengan grup ini. Setiap anggota yang menginginkan kumpul-kumpul di dunia nyata, silakan diselenggarakan dan diorganisasikan secara tersendiri, walaupun tetap boleh menggunakan grup ini untuk inisiasi kumpul-kumpul tersebut.

Shohibul Anshor Siregar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: