'nBASIS

Home » ARTIKEL » MORALITAS DEMOKRASI

MORALITAS DEMOKRASI

AKSES

  • 512,606 KALI

ARSIP


Hari ini begitu menegangkan untuk Indonesia. Tanggal 9 Juli 2014. Hari pemungutan suara untuk Pemilihan Presiden (pilpres). Di antara banyak hal yang menarik, salah satunya ialah klaim kemenangan melalui lembaga survei.

Mari kita buat simulasi yang menggambarkan. Rakyat di bawah dibuat sangat bingung. Ini tentu sebuah ketak-siapan untuk menang atau kalah dengan terhormat dan ksatria. Kita buat dalam bentuk dialog ringkas demikian:

Adek: Udah bagus itu kak. Nonton hiburan kartun saja. Hasil quick count sudah digunakan untuk mempertontonkan ketidak-percayaan atas nilai akademis, integritas penyelenggara pemilu dan moralitas bangsa. Pateni wae tv ne (matikan saja tv-nya) kalau nggak. (ha ha ha).

Kaka: Kan lebih banyak lembaga survei yang memenangkan pasangan itu. Sudah menanglah itu kaka rasa.

Adek: Kalau begitu mengapa tak dari awal pasangan capres ini bayar lebih banyak lembaga survei dan bahkan bikin lagi yang baru untuk memberi kemenangan kepada pasangannya?

Kaka: Ah, kamu ini kepintaran kaka rasa.

Adek: Masa kaka gak tahu pilpres itu mengumpul suara rakyat, bukan suara lembaga survei? Kaka kok cengeng kali kurasa. Apa kaka akan menuduh pasangan lain curang jika nanti hasil akhir pilpres (berdasarkan perhitungan final manual KPU) tak sesuai dengan hasil quick count lembaga survei yang memenangkan pasangan yang kaka dukung itu?

Komentar pembaca. Awalnya tulisan ini saya posting sebagai status pada akun facebook saya. Tak lama setelah tayang, seseorang (Rakyat Asril) berkomentar demikian:

Orang waras mestinya tahu. survey hanya menggiring opini. sayangnya survey ini bukan survey Sony Tulung di program Kuis Family 100.

Begitulah.

Shohibul Anshor Siregar


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: