'nBASIS

Home » ARTIKEL » KOTA MEDAN: MASALAH SAMPAH

KOTA MEDAN: MASALAH SAMPAH

AKSES

  • 512,716 KALI

ARSIP


Saya ingin Walikota berfikir invest untuk konversi sampah menjadi energi. Walikota jangan takut atas monopoli PLN yang amat bobrok itu. Bahkan saya ingin Eldin punya unggulan dalam kampanye nanti, yakni isyu sampah dan solusi energi.

Jurnalis itu bertanya “apakah karena Kadis Kebersihan itu belum definitif hingga sampah di kota ini (Medan) begitu mengganggu dan kota tak terurus?” Memang jurnalis itu tak membantu menerangkan berapa puluh ton perhari dan jenis sampah apa yang kita miliki di kota ini. Tapi saya percaya saja ajuan masalahnya tentang sampah. Selama ini keluhan itu pun kerap muncul di media.

Saya berpikir simple saja: Ya, itu (ketidak-definitifan itu) memang berpengaruh. Tapi menurut saya seandainya segera didefinitifkan pun, dan bahkan ditambah dengan wakil 3 orang, saya pesismis tidak akan begitu banyak perubahan.

Mengapa begitu? Saya percaya masalahnya terletak pada konsepsinya yang tak baik dalam menghadapi sampah dan sangat tradisional dengan hanya berfikir mengutip dan mengantarkan ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Jangan lupa, bahwa masalah sampah ini terkait juga soal nilai masyarakat.

Begini. Saya ingin Walikota berfikir invest untuk konversi sampah menjadi energi. Walikota jangan takut atas monopoli PLN yang amat bobrok itu. Bahkan saya ingin Eldin punya unggulan dalam kampanye nanti, yakni isyu sampah dan solusi energi.

Shohibul Anshor Siregar


Leave a Reply

