'nBASIS

Home » ARTIKEL » WALIKOTA: UNTUK MEREKA YANG TAK PERNAH DIHITUNG

WALIKOTA: UNTUK MEREKA YANG TAK PERNAH DIHITUNG

AKSES

  • 550,950 KALI

ARSIP


gelandangan

Karena kau, saya berniat mencari seorang Walikota yang responsif dan tidak tersandera dengan kepentingan lain hingga tak peduli urusan rakyat mayoritas terlebih rakyat jelata

Dini hari usai sebuah pertemuan. Keluar dari pintu hotel saya mengayunkan langkah agak cepat menuju mobil terparkir di luar. Seorang anak muda berkaos lengan panjang berwarna kecoklatan mendekat dan penuh keraguan dalam usahanya membangun komunikasi dengan saya.

Saya sadar upayanya, berhenti melangkah dan menatapnya. Saya pastikan dia tak bermaksud apa-apa, meski saya semakin ingin tahu hendak apa dia ingin berkomunikasi dengan saya.

“Pak, ada rokoh pak”, itu ungkapan pertama dan terakhirnya. Saya jawab ketus “tidak ada”. Ia pun berlalu.

Setelah menghidupkan mesin, saya berfikir “anak muda itu tentu tak mungkin meminta nasi kepada saya. Barangkali ia lapar dan bertemu dengan siapa pun ia akan berusaha berkomunikasi dan memohon apa pun yang mungkin.

Beberapa puluh meter setelah saya berjalan, saya merasa perlu memanggilnya lalu berhenti di dekatnya, membunyikan klakson. Ia jelas ragu. “Apa maksud orang sombong ini”, mungkin begitu pikirannya.

Saya beri kode supaya ia mendekat ke pintu mobil dan ia datang. “Kau belilah sesuatu dengan uang Rp 3000 ini. Mestinya kau sudah tidur jam begini, karena kau bukan petugas ronda malam”. “Terimakasih, pak” balasnya.

(1) Siapa pun namamu, anak siapa pun kau, kau adalah salah satu masalah bersama kita di kota ini.

(2) Kau tak hanya perlu dihitung dalam buku statistik. Kau itu manusia (human). Bukan tungkai berjalan.

(3) Kau itu sejatinya dicerahkan menjadi sumberdaya Indonesia yang patrotik dan cerdas.

(4) Karena kau, saya berniat mencari seorang Walikota yang responsif dan tidak tersandera dengan kepentingan lain hingga tak peduli urusan rakyat mayoritas terlebih rakyat jelata.

Shohibul Anshor Siregar

Leave a Reply

