'nBASIS

Home » ARTIKEL » Permainan Rakyat

Permainan Rakyat

AKSES

  • 551,569 KALI

ARSIP


hayatl

Apa yang kita kenal di tanah air sebagai “permainan rakyat” adalah aset besar yang terkait dengan jatidiri bangsa.

Semua itu perlu dikembangkan lagi dengan sintuhan modernitas. Seorang akademisi dar Unimed Joharis Lubis mencontohkan gasing yang jangankan untuk inspirasi pembuatan filem animasi, pengaitannya dengan fisika pun bisa dibuat.

Bagi saya masalah utama adalah persepsi bangsa terutama para pemimpinnya terhadap diri sendiri yang menyebabkan investasi dalam bidang pelestarian warisan leluhur ini cukup memprihatinkan.

Saya perlu menegaskan bahwa nilai yang terkandung dalam samurai belum tentu lebih unggul dibanding nilai filosofi yang terkandung dalam panjat pinang. Hanya saja yang satu (samurai) ingin membunuh atau paling tidak mempertahakan diri dengan senjata mematikan sedangkan yang lain ingin mengangkat hatkat dan martabat meski itu harus dgn upaya keras dan gigih.

Keduanya memiliki konteks yang berbeda untuk kedua bangsa. Jika Indonesia kini merasa samurai lebih hebat dari panjat pinang itu tentu dilema serius. Selain keduanya memang tak harus diperbandingkan aple to apple, kedua bangsa pun hadir dengan latar belakang yang berbeda.

Dalam sejarah jamak sekali contoh yang menunjukkan proses imitasi bangsa jajahan atas elemen budaya bangsa yang menjajahnya.

Ada dua opsi di sini. Pertama, ketika bangsa terjajah menilai budaya penjajahnua unggul dan serta mengadopsi. Kedua proses adaptasi karena tiadanya peluang selamat kecuali dengan bersandiwara agar dianggap tak berbahaya oleh bangsa penjajahnya.

Kelenturan tak selalu bermakna kalah dan generasi terbaru sebuah bangsa jajahan harus mahir menerjemahkan serta mensublimasi nilai-nilai lama ke pentas terbaru termasuk dalam meja persaingan global yang lebih meneguhkan kolonialisme baru.

Shohibul Anshor Siregar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: