'nBASIS

Home » ARTIKEL » Surat Tentang Kekuasaan

Surat Tentang Kekuasaan

AKSES

  • 564,277 KALI

ARSIP


U

Maafkan saya menggunakan nama dan marga dari Batak. Bukan karena tak suka memakai nama dari tempat lain. Juga bukan karena sedang “menghina” satu kelompok. Bukan sama sekali. Percakapan harus mengalir, sekadar wadah untuk upaya konstruksi keadaan.


Kepada Yth:

Jujur Sagala
Adil Pakpahan
Pemilu Pasaribu
Struktur Nainggolan
Sistematis Manik
Massif Siagian
di
T e m p a t

Kalian pun kini menjadi tahu bahwa tak berbeda dengan masalah “kejatahatan atau kemuliaan tekad” para toke survei yang ikut andil memperkeruh pilpres 2014, para saksi ahli yang memberi kesaksiannya di MK pun terbelah.

(-) Atas nama niat kepembelaaannya terhadap salah satu pihak, para saksi ahli berargumen semua berjalan sesuai konstitusi dan perhelatan ini tak dapat tak disebut jujur dan adil.

(-) Di seberangnya secara tegas ada niatan memperkenalkan keadilan substantif tak hanya dalam memutus perkara, tetapi juga dalam proses perhelatan politik seperti pilpres yang tak boleh menutup mata terhadap terstruktur, sistematis dan massifnya kecurangan. Tetapi kalian sesungguhnya dapat mampu lebih negarawan dan lebih berintegritas dari siapa pun dan dalam kedudukan serta jabatan apa pun yang pernah kalian kenal di negeri ini.

Secara umum logika dan argumen mereka biasa-biasa saja. Wajah-wajah mereka pun tak asing, kerap menyertai proses selebritas poltik di Negeri ini selama sekian lama.Saya tidak tahu beraba bayaran untuk mereka.

Tetapi ingatlah, bahwa nasib dan perbaikan hidup kalian memang benar memerlukan intervensi kekuasaan. Tetapi kekuasan yang kita perlukan di sini bukanlah kekuasaan angkara murka yang lahir dari proses yang tidak berkeadilan, tidak jujur dan tidak konstitusional.

Terimakasih
Indononesia

 

 

Shohibul Anshor Siregar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: