'nBASIS

Home » ARTIKEL » SYAIFUL BACHRI SEKDA KOTA MEDAN

SYAIFUL BACHRI SEKDA KOTA MEDAN

AKSES

  • 535,235 KALI

ARSIP


syaiful bachriSaya baca Sabtu sore (30/08/2014) sebuah tawaran diskusi dari sebuah koran lokal untuk mempermasalahkan jabatan yang dipegang oleh Syaiful Bahri saat ini.  Syaiful Bachri adalah Sekda Kota Medan. Koran lokal itu merasa aneh, bahwa selain sebagai Sekda Kota, Syaiful Bachri memegang jabatan lain, yakni Ketua Tim Baperjakat, Ketua Badan Pengawas BUMD Kota Medan, dan kini ditambah lagi dengan PLt Dirut RSUD Pirngadi.

Pendapat saya:

Kalau tak salah jabatan sekda itu akan sendirinya menjadi penyebab melekatnya jabatan Ketua Tim Baperjakat dan dan Ketua Badan Pengawas BUMD kepada seorang Sekda di Medan. Jika akan mempermasalahkan hal ini tentunya lebih tepat dengan memeriksa ruh dasar hukum yang berlaku (perda dsb).

Ketika sebuah unit kerja strategis atau SKPD mengalami permasalahan dan dengan itu dianggap perlu melakukan pengambilalihan jabatan tertinggi di situ, maka memang sebaiknya dilimpahkan ke pundak Sekda terutama jika dinilai belum ada figur yang tepat. Sekda tdak akan merasa dirinya disepelekan jika dua hari ke depan, misalnya, Dirut RSU itu ditarik darinya. Sekda itu adalah jabatan struktural tertinggi bagi seorang PNS dalam jajaran pemda. Kepala Daerah bisa datang dan pergi sesuai hasil perebutan kontestasi yang diatur oleh UU.

Jadi penguasaan masalah dan tanggungjawab moral memang sudah semestinya tercermin dalam diri seorang Sekda. Tak hanya itu,  tetapi juga dalam hal tanggung jawab atas nasib dan masa depan daerah.

Menurut saya masalah terpenting ialah; mampukah pemko Medan merevitalisasi RSU itu hingga mampu memberi pelayanan prima sekaligus menyumbang secara signifikan atas reduksi arus capital flight yang terjadi karena paket wisata medis ke negara seberang. Saya justru ingin meminta pandangan Syaiful Bahri tentang itu.

 

 

Shohibul Anshor Siregar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: