'nBASIS

Home » ARTIKEL » KEBUDAYAAN

KEBUDAYAAN

AKSES

  • 512,201 KALI

ARSIP


Kebudayaan berkembang di antara umat manusia. Kebudayaan itu ada yang memiliki dimensi universal dan ada pula yang bersifat khas dan lokal. Perlakuan terhadap anjing salah satu contohnya.

Lihatlah perlakuan mereka begitu “memanusiakan” binatang ini. Kedua binatang ini kita bayangkan baru pulang dari salon, lalu kemudian ke dokter untuk memeriksa penyakit. Kunjungan ke dokter itu rutin, begitu pun ke salon.

Setelah perjalanan sebegitu lama, tidur sianglah sejenak. Tuannya sendiri kita bayangkan sedang bertelefon ke dokter yang baru saja memeriksanya, untuk sekadar konsultasi soal kesehatan keduanya setelah beberapa jam sebelumnya telah memberi jasa pemeriksaan medis. Rupanya ada juga hal yang masih perlu ditanyakan kepada dokter.

Usai pembicaraan telefon itu si empunya juga melanjutkan bertelefon kepada tukang salon, melemparkan pujian atas kemahiran tangan-tangan terampil di salon itu yang membuat satwa piaraan ini tampak lebih menyenangkan bagi tuannya.

Warna kedua binatang piaraan ini menjadi motif bagi pemiliknya untuk mengganti sofa di ruang tamu. Tadinya sofa di sini berwarna biru. Dengan kehadiran kedua binatang piaraan ini sofa lama digusur ke ruangan lain

Kedua binatang ini juga dapat juga dibayangkan diasuransikan dan mendapat tiga kartu sekaligus, yakni (1) kartu sehat (kesehatan); (2) kartu pintar (pendidikan dan pelatihan) dan (3) kartu asuransi kehilangan.

Tetapi di benua lain, kedua binatang ini adalah santapan. Di mana posisi Anda sekarang? Apakah di benua, negara dan daerah yang menyayangi binatang layaknya anggota keluarga, atau di benua, negara dan daerah yang menganggap anjing sebagai santapan?

Atau Anda termasuk bagian yang senang memangsanya? Tak apa, jangan malu-malu. Ini soal nilai dan budaya relatif.

BELANJA PIARAAN

Shohibul Anshor Siregar


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: